Pengertian Yurisprudensi Beserta Macam-macamnya Terlengkap


Pengertian Yurisprudensi Beserta Macam-macamnya Terlengkap - Selamat datang kembali di blog orangbejo.com, Pada kesempatan ini saya akan membahas tentang  Yurisprudensi, Tentu istilah tersebut masih asing di telinga masyarakat umum , Namun ternyata di dunia hukum  Yurisprudensi adalah satu hal yang sangat penting, Berikut orangbejo.com merangkumnya untuk anda semua.



Pengertian  Yurisprudensi

Yurisprudensi adalah keputusan hakim terdahulu terhadap suatu perkara yang tidak diatur oleh
undang-undang dan dijadikan pedoman oleh hakim lainnya dalam memutuskan perkara yang sama.
Yurisprudensi lahir karena adanya peraturan perundang-undangan yang kurang atau tidak jelas
pengertiannya, sehingga menyulitkan hakim dalam memutuskan suatu perkara.


Macam-macam Yurisprudensi sebagai berikut :

1. Yurisprudensi Semi Yuridis
Pengertian Yurisprudensi Semi Yuridis yaitu semua penetapan pengadilan yang didasarkan pada permohonan seseorang yang berlaku khusus hanya pada pemohon. Contohnya : Penetapan status anak.

2. Yurisprudensi Administratif
Pengertian Administratif adalah SEMA (Surat Edaran Mahkamah Agung) yang berlaku hanya secara administratif dan mengikat intern di dalam lingkup pengadilan.
Sekian dari saya mengenai pengertian yurisprudensi, semoga tulisan saya mengenai pengertian yurisprudensi dapat bermanfaat.

3. Yurisprudensi Tetap
Pengertian Yurisprudensi Tetap adalah suatu putusan dari hakim yang terjadi oleh karena rangkaian putusan yang sama dan dijadikan sebagai dasar bagi pengadilan untuk memutuskan suatu perkara.

4. Yurisprudensi Tidak Tetap
Pengertian Yurisprudensi Tidak Tetap ialah suatu putusan dari hakim terdahulu yang tidak dijadikan sebagai dasar bagi pengadilan.

Demikian artikel tentang Pengertian Yurisprudensi Beserta Macam-macamnya Terlengkap , Semoga bermanfaat bagi para pembaca orangbejo.com, Terima kasih :)

Baca juga :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Yurisprudensi Beserta Macam-macamnya Terlengkap "

Post a Comment