Pengertian Dasar Negara Beserta Fungsinya Terlengkap


Pengertian Dasar Negara Beserta Fungsinya Terlengkap- Selamat datang sobat di blog orangbejo.com, Sebagai warga negara yang baik sudah semestinya kita mengetahui apa itu dasar-dasar dari negara kita tercinta ini, Berikut ini orangbejo.com telah merangkumnya untuk sobat yang ingin lebih tahu ataupun untuk mengingat kembali.

Pengertian Dasar Negara

Dasar Negara berasal dari bahasa Belanda yaitu “Philosophische Grondslag” yang berarti norma (lag), dasar (grands), dan yang bersifat filsafat (philosophische). Selain itu, berasal juga dari bahasa Jerman, yaitu “Weltanschauung” yang memiliki arti sebagai pandangan mendasar (anshcauung), dengan dunia (welt). Maka, dapat disimpulkan bahwa dasar negara adalah pedoman dalam mengatur kehidupan penyelenggaraan negara yang mencakup berbagai bidang kehidupan.


Fungsi Dasar Negara


  1. Sebagai Dasar Berdiri dan berdaulatnya Suatu Negara, artinya Suatu negara akan kuat dan berdaulat sebagai negara apabila memiliki suatu Dasar, yang menjadi landasan dan pedoman dalam menjalani kehidupan berbangsa dan bernegara.
  2. Sebagai Dasar Penyelenggaraan Negara, Artinya Dasar negara berfungsi menjadi pedoman nasional dalam mewujudkan cita-cita dan tujuan untuk kemajuan negara tersebut.
  3. Sebagai Dasar dan Sumber Hukum, artinya setiap aktivitas dan tingkah laku warga negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara harus didasari atas hukum yang berlaku di negara tersebut, nah sumber dari hukum yang berlaku ini merupakan Dasar Negara.
  4. Dasar Bagi Hubungan Antarwarganegara, artinya selama terjadi interaksi sosial, warga negara menjadikan Dasar Negara sebagai pedoman, sehingga dapat melancarkan kerjasamanya dan tidak mengganggu kebebasan individu warga negara tersebut karena memiliki pedoman yang sama.
Demikian artikel tentang Pengertian Dasar Negara Beserta Fungsinya Terlengkap, Semogabermanfaat bagi para pembaca orangbejo.com, Terima kasih :)

Baca juga :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Dasar Negara Beserta Fungsinya Terlengkap"

Post a Comment