Pengertian Transmigrasi Beserta Tujuan dan Dampaknya Terlengkap

Pengertian Transmigrasi Beserta Tujuan dan Dampaknya Terlengkap- Transmigrasi, Tentu kita pernah mendengar istilah tersebut, bahkan negara kita pernah melakukan transmigrasi dalam upaya meningkatkan kesejahteraan rakyak kecil, Sebagian besar masyarakat yang ada di daerah pedesaan adalah transmigran yang dulunya mengikuti program transmigrasi yang di canangkan oleh pemerintah.

Pengertian transmigrasi
Gambar Daerah transmigrasi

Pengertian Transmigrasi

Transmigrasi adalah suatu program yang dibuat oleh pemerintah Indonesia untuk memindahkan penduduk dari suatu daerah yang padat penduduk ke daerah lain yang masih sepi penghuni di dalam wilayah Indonesia. Penduduk yang melakukan transmigrasi disebut transmigran. Pada saat mengikuti program transmigrasi setiap individu biasanya mendapat jatah rumah semipermanen dan beberapa ladang (tanah) yang nantinya di kelola untuk mendapatkan penghasilan.


Tujuan Transmigrasi

Menurut pemerintah Indonesia dan komunitas pembangunan, tujuan trasmigrasi adalah memindahkan ribuan bahkan jutraan orang Indonesia dari pulau Jawa, Bali, dan Madura yang padat ke pulau-pulau luar yang penduduknya sedikit demi menciptakan kepadatan penduduk yang merata. Transmigrasi akan mengentaskan kemiskinan dengan memberikan lahan dan kesempatan baru bagi para pendatang miskin. Transmigrasi juga akan menguntungkan Indonesia dengan meningkatkan pemanfaatan sumber daya alam di pulau-pulau yang kurang padat penduduk.


Dampak Transmigrasi 

Transmigrasi mempunyai dampak  dalam beberapa bidang di antaranya :
  • Bidang Sosial dan politik
Program ini mengakibatkan perseteruan antara suku yang mengenal satu sama lain lewat transmigrasi. Misalnya, pada tahun 1999, suku Dayak dan Melayu berseteru dengan transmigran Madura dalam kerusuhan Sambas. Pada tahun 2001, suku Dayak dan Madura terlibat konflik Sampit yang menewaskan ribuan orang dan memaksa ribuan orang Madura mengungsi. Transmigrasi juga sangat kontroversial di provinsi Papua dan Papua Barat yang kebanyakan penduduknya beragama Kristen. Sejumlah warga Papua menuduh pemerintah Indonesia melakukan Islamisasi melalui transmigrasi.

  • Bidang Ekonomi
Dalam berbagai kasus, program ini gagal meningktkan taraf hidup migran. Tanah dan iklim di daerah tujuan umumnya tidak sesubur tanah vulkanis di Jawa dan Bali. Para pendatang biasanya merupakan orang-orang tanpa tanah yang tidak punya keterampilan bertani sehingga kesuksesan mereka terancam.

  • Bidang Lingkungan
Transmigrasi juga dikritik karena mempercepat penebangan hutan hujan sensitif seiring meledaknya jumlah penduduk di daerah yang penduduknya sedikit. Para migran biasanya pindah ke "desa transmigrasi" baru yang dibangun di daerah-daerah yang belum tersentuh aktivitas manusia. Dengan menempati lahan tersebut, sumber daya alam menjadi habis dan tanahnya berlebihan digarap sehingga terjadi deforestasi. Dikutipdari https://id.wikipedia.org/wiki/Transmigrasi

Demikian artikel tentang Pengertian Transmigrasi Beserta Tujuan dan Dampaknya Terlengkap, Semoga bisa bermanfaat bagi para pembaca orangbejo.com, Terima Kasih :)

Baca juga :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Transmigrasi Beserta Tujuan dan Dampaknya Terlengkap"

Post a Comment