Pengertian Sistem Informasi (SI) Beserta Komponenya Terlengkap

Pengertian Sistem Informasi (SI) Beserta Komponenya Terlengkap- Sistem informasi (SI) Menjadi sangat populer di kalangan pelajar tingkat ahir yang akan melanjutkan ke jenjang bangku kuliah, Betapa tidak seiring dengar perkembangan teknologi komputer yang sangat pesat tentu jurusan Sistem informasi (SI) menjadi salah satu primadona di bandingkan jurusan-jurusan lainya, Namun ternyata di luar sana masih belum banyak yang mengetahui apa itu sistem informasi, Kali ini orangbejo.com telah merangkumnya untuk anda semua.


Pengertian Sistem Informasi (SI)

Sistem informasi atau SI adalah adalah kombinasi dari teknologi informasi dan aktivitas orang yang menggunakan teknologi itu untuk mendukung operasi dan manajemen.Dalam arti yang sangat luas, istilah sistem informasi yang sering digunakan merujuk kepada interaksi antara orang, proses algoritmik, data, dan teknologi. Dalam pengertian ini, istilah ini digunakan untuk merujuk tidak hanya pada penggunaan organisasi teknologi informasi dan komunikasi (TIK), tetapi juga untuk cara di mana orang berinteraksi dengan teknologi ini dalam mendukung proses bisnis.

Ada yang membuat perbedaan yang jelas antara sistem informasi, dan komputer sistem TIK, dan proses bisnis. Sistem informasi yang berbeda dari teknologi informasi dalam sistem informasi biasanya terlihat seperti memiliki komponen TIK. Hal ini terutama berkaitan dengan tujuan pemanfaatan teknologi informasi. Sistem informasi juga berbeda dari proses bisnis. Sistem informasi membantu untuk mengontrol kinerja proses bisnis. 
Dikutipdari : https://id.wikipedia.org/

Menurut Tata Sutabri, 2004, Sistem informasi adalah suatu sistem di dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian yang mendukung fungsi operasi organisasi yang bersifat manajerial dengan kegiatan strategi dari suatu organisasi untuk dapat menyediakan kepada pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan.

pengertian sistem komputer
Gambar Ilustrasi SI


Komponen Sistem Informasi (SI)

Komponen prosedur dalam SI berkaitan dengan prosedur manual dan prosedur berbasis komputer serta standar untuk mengolah data menjadi informasi yang berguna. Suatu prosedur adalah urutan langkah yang dilakukan untuk menyelesaikan satu atau lebih aktifitas pengolahan informasi. 

Pengolahan informasi ini dapat dikerjakan dengan pengguna, atau kombinasi pengguna dan staff TI. Suatu bisnis terdiri dari berbagai macam prosedur yang digabungkan secara logis untuk membentuk suatu sistem. Sebagai contoh sistem yang umumnya ada dalam suatu organisasi adalah sistem penggajian, personalia, akuntansi, dan gudang.

Sistem Informasi (SI) itu sendiri dapat dikategorikan dalam empat bagian:
  1. Sistem Informasi Manajemen
  2. Sistem pendukung keputusan
  3. Sistem Informasi Eksekutif
  4. Sistem Pemrosesan Transaksi
Demikian artikel tentang Pengertian Sistem Informasi (SI) Beserta Komponenya Terlengkap, Semoga bermanfaat bagi para pembaca orangbejo.com, Terima Kasih :)

Baca juga :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Sistem Informasi (SI) Beserta Komponenya Terlengkap"

Post a Comment