Pengertian Pemanasan Global (Global Warning) Beserta Dampak dan Penyebabnya Lengkap

Pengertian Pemanasan Global (Global Warning) Beserta Dampak dan Penyebabnya Lengkap- Ahir-ahir ini tentu kita sangat sering mendengar tentang istilah "Pemanasan Global", Karna memang ahir-ahir ini sering terjadi perubahan suhu ataupun iklim secara dratis, Tentu sebagian dari kita masih belum paham betul tentang apa itu pemanasan global, apa penyebabnya dan apa dampaknya bagi kehidupan kita berikut orangbejo.com akan membahasnya secara lengkap.

Pengertian Pemanasan Global
Gambar Ilustrasi Pemanasan Global


Pengertian Pemanasan Global (Global Warning)

Pemanasan global atau dalam bahasa inggris biasa di sebut Global Warning adalah suatu proses meningkatnya suhu rata-rata atmosfer, laut, dan daratan Bumi. Dengan terjadinya peningkatan suhu yang secara dratis maka tentunya akan menggangu kenyamanan kehidupan di atas permukaan bumi.

Meningkatnya suhu global diperkirakan akan menyebabkan perubahan-perubahan yang lain seperti naiknya permukaan air laut, meningkatnya intensitas fenomena cuaca yang ekstrem, serta perubahan jumlah dan pola presipitasi. Akibat-akibat pemanasan global yang lain adalah terpengaruhnya hasil pertanian, hilangnya gletser, dan punahnya berbagai jenis hewan.


Penyebab Pemanasan Global (Global Warning)

1. Efek rumah kaca
Segala sumber energi yang terdapat di Bumi berasal dari matahari. Sebagian besar energi tersebut berbentuk radiasi gelombang pendek, termasuk cahaya tampak. Ketika energi ini tiba permukaan Bumi, ia berubah dari cahaya menjadi panas yang menghangatkan Bumi. Permukaan Bumi, akan menyerap sebagian panas dan memantulkan kembali sisanya. Sebagian dari panas ini berwujud radiasi infra merah gelombang panjang ke angkasa luar. Namun sebagian panas tetap terperangkap di atmosfer Bumi akibat menumpuknya jumlah gas rumah kaca antara lain uap air, karbon dioksida, sulfur dioksida dan metana yang menjadi perangkap gelombang radiasi ini. Gas-gas ini menyerap dan memantulkan kembali radiasi gelombang yang dipancarkan Bumi dan akibatnya panas tersebut akan tersimpan di permukaan Bumi. Keadaan ini terjadi terus menerus sehingga mengakibatkan suhu rata-rata tahunan bumi terus meningkat.


2. Variasi Matahari
Variasi Matahari selama 30 tahun terakhir. Terdapat hipotesa yang menyatakan bahwa variasi dari matahari, dengan kemungkinan diperkuat oleh umpan balik dari awan, dapat memberi kontribusi dalam pemanasan saat ini. Perbedaan antara mekanisme ini dengan pemanasan akibat efek rumah kaca adalah meningkatnya aktivitas matahari akan memanaskan stratosfer sebaliknya efek rumah kaca akan mendinginkan stratosfer. Pendinginan stratosfer bagian bawah paling tidak telah diamati sejak tahun 1960, yang tidak akan terjadi bila aktivitas matahari menjadi kontributor utama pemanasan saat ini. Penipisan lapisan ozon juga dapat memberikan efek pendinginan tersebut tetapi penipisan tersebut terjadi mulai akhir tahun 1970-an. Fenomena variasi Matahari dikombinasikan dengan aktivitas gunung berapi mungkin telah memberikan efek pemanasan dari masa pra-industri hingga tahun 1950, serta efek pendinginan sejak tahun 1950.

3. Efek umpan balik
Anasir penyebab pemanasan global juga dipengaruhi oleh berbagai proses umpan balik yang dihasilkannya. Sebagai contoh adalah pada penguapan air. Pada kasus pemanasan akibat bertambahnya gas-gas rumah kaca seperti CO2, pemanasan pada awalnya akan menyebabkan lebih banyaknya air yang menguap ke atmosfer. Karena uap air sendiri merupakan gas rumah kaca, pemanasan akan terus berlanjut dan menambah jumlah uap air di udara sampai tercapainya suatu kesetimbangan konsentrasi uap air. Efek rumah kaca yang dihasilkannya lebih besar bila dibandingkan oleh akibat gas CO2 sendiri. (Walaupun umpan balik ini meningkatkan kandungan air absolut di udara, kelembapan relatif udara hampir konstan atau bahkan agak menurun karena udara menjadi menghangat). Umpan balik ini hanya berdampak secara perlahan-lahan karena CO2 memiliki usia yang panjang di atmosfer. 
Dikutipdarihttps://id.wikipedia.org/wiki/Pemanasan_global


Dampak Pemanasan Global (Global Warning)

Pemanasan global akan membawa beberapa dampak negatif bagi kehidupan yang ada di bumi, Berikut beberapa contoh Dampak dari pemanasan global :
  1. Iklim mulai tidak stabil
  2. Peningkatan permukaan laut
  3. Suhu global cenderung meningkat
  4. Gangguan ekologis
  5. Dampak sosial dan politik
Demikian artikel tentang Pengertian Pemanasan Global (Global Warning) Beserta Dampak dan Penyebabnya Lengkap, Semoga bermanfaat bagi para pembaca orangbejo.com, Terima Kasih :)

Baca juga :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Pemanasan Global (Global Warning) Beserta Dampak dan Penyebabnya Lengkap"

Post a Comment