Pengertian Kudeta Beserta Teknik dan Jenis-jenisnya Terlengkap

Pengertian Kudeta Beserta Teknik dan Jenis-jenisnya Terlengkap- Selamat datang kembali di orangbejo.com, Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang "Kudeta" apakah kudeta itu ? dan apa saja jenisnya, tentu pertanyaan-pertanyaan itu selalu tersirat dalam benak kita, Kudeta memang bukan merukan kejadian yang sering terjadi namun sejarah mengatakan ada beberapa peristiwa kudeta yang terjadi sepanjang kehidupan manusia, Berikut orangbejo.com telah merangkumnya untuk anda semua.

pengertian kudeta
Gambar Ilustrasi Kudeta

Pengertian Kudeta

Kudeta adalah sebuah tindakan pembalikan kekuasaan terhadap seseorang penguasa dengan cara paksa (ilegal) dan sering kali bersifat brutal, inkonstitusional berupa penggambilalihan kekuasaan ataupun penggulingan kekuasaan sebuah pemerintahan negara dengan menyerang (strategis, taktis, politis) legitimasi pemerintahan kemudian bermaksud untuk menerima penyerahan kekuasaan dari pemerintahan yang digulingkan.


Teknik-teknik Kudeta

Dilihat dari sejarahnya kudeta memiliki beberapa teknik tertentu yang berbeda, di antaranya adalah :

1. Teknik dasar kudeta
Merupakan sebuah operasi untuk menduduki organ-organ sentral sebuah negara, termasuk melakukan penetralan kekuasaan dengan menduduki tempat-tempat simbolis kekuasaan pemimpin negara.

2. Kerahasiaan agenda
kudeta ini tidak hanya berlaku vis-à-vis terhadap kalangan luar, tetapi juga vis-à-vis terhadap konspirator lainnya merupakan senjata pertama junta, tanpa persiapan yang terbaik maka kudeta dipastikan akan gagal.

3. Pengambilan alihan kekuasaan
Selain menduduki organ-organ sentral oleh para pelaku kudeta, juga disertai dengan pemberhentian para penjabat pemerintahan atau para pemegang kekuasaan negara, karena jika hal ini tidak terlaksana, maka akan terjadi perlawanan terhadap gerakan kudeta tersebut dan kudeta tersebut kemungkinan besar akan gagal.


Jenis-jenis Kudeta

Kudeta ternyata memiliki beberapa jenis, Menurut Ilmuwan ilmu politik Samuel P. Huntington mengidentifikasi kudeta menjadi tiga kelas,diantaranya adalah : 

1. Kudeta sempalan
adalah kudeta yang dilakukan oleh kelompok bersenjata yang dapat terdiri dari militer atau tentara yang tidak puas dengan kebijakan pemerintahan tradisional saat itu, kemudian melakukan gerakan yang bertujuan untuk menggulingkan pemerintah tradisional dan kemudian menciptakan elit birokrasi baru.

3. Kudeta wali
Kudeta wali adalah kudeta yang dilakukan oleh sekelompok pengkudeta yang akan mengumumkan diri sebagai perwalian dalam rangka meningkatkan ketertiban umum, efisiensi, dan mengakhiri korupsi, para pemimpin kudeta akan menggambarkan tindakan mereka hanyalah tindakan sementara dan akan menyesuaikan dengan kebutuhan. Pada umumnya, kudeta wali sering dilakukan dengan cara mengubah bentuk pemerintahan sipil menjadi bentuk pemerintahan militer.

3. Kudeta veto
Kudeta jenis ini adalah kudeta yang dilakukan melalui partisipasi dan mobilisasi sosial dari sekelompok massa rakyat dalam melakukan penekanan berskala besar yang berbasis luas pada oposisi sipil. Dikutipdarihttps://id.wikipedia.org/wiki/Kudeta

Demikian artikel tentang Pengertian Kudeta Beserta Teknik dan Jenis-jenisnya Terlengkap, Semoga bermanfaat bagi para pembaca orangbejo.com, Terima kasih :)

Baca juga : 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Kudeta Beserta Teknik dan Jenis-jenisnya Terlengkap"

Post a Comment