Pengertian Karbohidrat Beserta Jenis dan Fungsinya Bagi Tubuh

Pengertian Karbohidrat Beserta Jenis dan Fungsinya Bagi Tubuh- Hay guys, Selamat datang kembali di blog orangbejo.com, Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang Karbohidrat, Mungkin semua dari kita pernah mendengar mengenai istilah tersebut, Namun ternyata tidak sedikit yang tidak mengetahui tentang karbohidrat itu sendiri secara detail, Berikut orangbejo.com telah merangkumnya untuk anda semua.

pengertian karbohidrat
Gambar Sumber Karbohidrat

Pengertian Karbohidrat

Karbohidrat secara umum adalah segolongan besar senyawa organik yang paling melimpah di bumi. Karbohidrat sendiri terdiri atas karbon, hidrogen, dan oksigen. Karbohidrat memiliki berbagai fungsi dalam tubuh makhluk hidup, terutama sebagai bahan bakar (misalnya glukosa), cadangan makanan (misalnya pati pada tumbuhan dan glikogen pada hewan), dan materi pembangun (misalnya selulosa pada tumbuhan, kitin pada hewan dan jamur). Pada proses fotosintesis, tetumbuhan hijau mengubah karbon dioksida menjadi karbohidrat.


Jenis-jenis Karbohidrat

Pembagian karbohidrat yang paling umum adalah di bagi menjadi 3, yaitu diantaranya :

1. Polisakarida

Polisakarida merupakan karbohidrat yang terbentuk dari banyak sakarida sebagai monomernya. Rumus umum polisakarida yaitu C6(H10O5)n. Contoh polisakarida adalah selulosa, glikogen, dan amilum.

2.Disakarida dan oligosakarida

Disakarida merupakan karbohidrat yang terbentuk dari dua molekul monosakarida yang berikatan melalui gugus -OH dengan melepaskan molekul air. 

3.Monosakarida

Monosakarida merupakan karbohidrat paling sederhana karena molekulnya hanya terdiri atas beberapa atom C dan tidak dapat diuraikan dengan cara hidrolisis menjadi karbohidrat lain. Monosakarida dibedakan menjadi aldosa dan ketosa. Contoh dari aldosa yaitu glukosa dan galaktosa. Contoh ketosa yaitu fruktosa.


Fungsi Karbohidrat bagi tubuh

Karbohidrat memiliki beberapa fungsi bagi tubuh manusia yang menkonsumsinya, di antaranya adalah sebagai berikut :

1.. Cadangan Energi dalam otot dan hati

2. Untuk memperlancar pencernaan

3. Sebagai sumber Energi utama tubuh

4. Sebagai pemanis alami

Demikian artikel tentang Pengertian Karbohidrat Beserta Jenis dan Fungsinya Bagi Tubuh, Semoga bermanfaat bagi para pembaca orangbejo.com, Terima kasih :)

Baca juga :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Karbohidrat Beserta Jenis dan Fungsinya Bagi Tubuh"

Post a Comment