Pengertian Gerhana Matahari Beserta Jenis-jenisnya Terlengkap

Pengertian Gerhana Matahari Beserta Jenis-jenisnya Terlengkap- Selamat datang kembali di blog orangbejo.com, Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tetang Gerhana matahari, Mungkin Fenomena ini bukan hal yang asing bagi kita semua, Karna memang tak jarang kita bisa menyaksikan secara langsung fenomena yang sering mengundang perhatian masyarakat tersebut, Bagi umat islam Ketika gerhana Matahari sedang berlangsung, umat Islam yang melihat atau mengetahui gerhana tersebut dianjurkan untuk melakukan salat gerhana (salat khusuf), Namun di luar sana ternyata masih sangat banyak di antara kita yang belum paham betul mengenai gerhana matahari dan ada berapa jenisnya, Berikut orangbejo.com telah merangkumnya untuk anda semua.

pengertian gerhana matahari
Gambar Gerhana matahari

Pengertian Gerhana Matahari

Fenomena Alam Gerhana matahari terjadi ketika posisi bulan terletak di antara Bumi dan Matahari,sehingga menutup sebagian atau seluruh cahaya Matahari. Walaupun Bulan lebih kecil, bayangan Bulan mampu melindungi cahaya Matahari sepenuhnya karena Bulan yang berjarak rata-rata jarak 384.400 kilometer dari Bumi lebih dekat dibandingkan Matahari yang mempunyai jarak rata-rata 149.680.000 kilometer.


Jenis-jenis Gerhana Matahari

Secara Umum Gerhana matahari dapat dibagi menjadi empat jenis yaitu:

Gerhana sebagian
Gehana ini terjadi apabila piringan Bulan (saat puncak gerhana) hanya menutup sebagian dari piringan Matahari. Pada gerhana ini, selalu ada bagian dari piringan Matahari yang tidak tertutup oleh piringan Bulan.

Gerhana cincin
Gehana ini terjadi apabila piringan Bulan (saat puncak gerhana) hanya menutup sebagian dari piringan Matahari. Gerhana jenis ini terjadi bila ukuran piringan Bulan lebih kecil dari piringan Matahari. Sehingga ketika piringan Bulan berada di depan piringan Matahari, tidak seluruh piringan Matahari akan tertutup oleh piringan Bulan. Bagian piringan Matahari yang tidak tertutup oleh piringan Bulan, berada di sekeliling piringan Bulan dan terlihat seperti cincin yang bercahaya.

Gerhana total
Gehana ini terjadi apabila saat puncak gerhana, piringan Matahari ditutup sepenuhnya oleh piringan Bulan. Saat itu, piringan Bulan sama besar atau lebih besar dari piringan Matahari. Ukuran piringan Matahari dan piringan Bulan sendiri berubah-ubah tergantung pada masing-masing jarak Bumi-Bulan dan Bumi-Matahari.

Gerhana hibrida
Gehana ini bergeser antara gerhana total dan cincin. Pada titik tertentu di permukaan bumi, gerhana ini muncul sebagai gerhana total, sedangkan pada titik-titik lain muncul sebagai gerhana cincin. Gerhana hibrida relatif jarang. Dikutip dari : https://id.wikipedia.org/

Demikian artikel tentang Pengertian Gerhana Matahari Beserta Jenis-jenisnya Terlengkap, Semoga bermanfaat bagi para pembaca orangbejo.com, Terima kasih :)

Baca juga :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Gerhana Matahari Beserta Jenis-jenisnya Terlengkap"

Post a Comment