Pengertian Gerhana Bulan Beserta Jenis-jenisnya Lengkap

Pengertian Gerhana Bulan Beserta Jenis-jenisnya Lengkap- Hai guys, Selamat datang kembali di blog orangbejo.com, Pada kesempatan sebelumnya saya telah membahas tentang Gerhana Matahari, Kurang lengkap rasanya jika saya tidak membahas gerhana lainya yaitu Gerhana Bulan, Sama halnya dengan gerhana matahari, Gerhana bulan juga merupa sebuah fenomena alam yang tak jarang membuat pusat perhatian masyarakat seluruh dunia, Jika sobat kurang memahami tentang apa itu gerhana bulan, dan apa saja jenisnya ? Berikut ini orangbejo.com telah merangkumnya untuk sobat semua.

Pengertian gerhana bulan
Gambar Gerhana Bulan

Pengertian Gerhana Bulan

Gerhana bulan terjadi saat sebagian atau keseluruhan penampang bulan tertutup oleh bayangan bumi. Itu terjadi bila bumi berada di antara matahari dan bulan pada satu garis lurus yang sama, sehingga sinar Matahari tidak dapat mencapai bulan karena terhalangi oleh bumi. Dengan penjelasan lain, gerhana bulan muncul bila bulan sedang beroposisi dengan matahari. Tetapi karena kemiringan bidang orbit bulan terhadap bidang ekliptika sebesar 5°, maka tidak setiap oposisi bulan dengan Matahari akan mengakibatkan terjadinya gerhana bulan. Perpotongan bidang orbit bulan dengan bidang ekliptika akan memunculkan 2 buah titik potong yang disebut node, yaitu titik di mana bulan memotong bidang ekliptika. Gerhana bulan ini akan terjadi saat bulan beroposisi pada node tersebut. Bulan membutuhkan waktu 29,53 hari untuk bergerak dari satu titik oposisi ke titik oposisi lainnya. Maka seharusnya, jika terjadi gerhana bulan, akan diikuti dengan gerhana Matahari karena kedua node tersebut terletak pada garis yang menghubungkan antara Matahari dengan bumi.


Jenis-jenis Gerhana Bulan

Gerhana Bulan dapat dibagi menjadi tiga yaitu:

Gerhana bulan total dibagi menjadi 2 yaitu:
gerhana bulan total:Pada gerhana ini, bulan akan tepat berada pada daerah NTT dan warna bulan menjadi merah tetapi tidak rata.
gerhana bulan total +:Pada gerhana ini,bulan melalui titik pusat daerah umbra dan warna bulan menjadi merah merata.

Gerhana bulan sebagian
Pada gerhana ini, bumi tidak seluruhnya menghalangi bulan dari sinar matahari. Sedangkan sebagian permukaan bulan yang lain berada di daerah penumbra. Sehingga masih ada sebagian sinar Matahari yang sampai ke permukaan bulan.

Gerhana bulan penumbra
Pada gerhana ini, seluruh bagian bulan berada di bagian penumbra. Sehingga bulan masih dapat terlihat dengan warna yang suram. Dikutip dari : https://id.wikipedia.org/

Demikian artikel tentang Pengertian Gerhana Bulan Beserta Jenis-jenisnya Lengkap, Semoga bermanfaat bagi para pembaca orangbejo.com, Terima kasih :)

Baca juga :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Gerhana Bulan Beserta Jenis-jenisnya Lengkap"

Post a Comment