5 Pengertian Akhlak Menurut Ajaran Islam Terlengkap

Pengertian Akhlak Menurut Ajaran Islam Terlengkap- Selamat datang guys di blog orang bejo.com, Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang pengertian akhlak menurut agama islam, Bila kita mendengar kata akhlak tentu memiliki arti yang sangat luas, kita sebagai mahluk sosial ahlak merupakan hal yang sangat penting, karna dalam setiap kegiatan kita kita di tuntut untuk selalu menunjukan akhlak yang baik dalam artian kita harus bebuat baik demi untuk memelihara hubungan antar manusia lainya, Namun bagai mana islam mendefinisikan pengertian akhlak itu sendiri berikut orangbejo.com telah merangkumnya.

Pengertian Akhlak Menurut Ajaran Islam


pengertian akhlak
Gambar Ilustrasi Akhlak yang baik

  • Nurcholish Madjid mendefinisikan bahwa istilah akhlak atau khuluq merupakan satu akar kata dengan khalq atau penciptaan, khaliq (pencipta) dan makhluq (ciptaan), yang semuanya mengacu pada pandangan dasar Islam mengenai penciptaan manusia, bahwasanya manusia diciptakan dalam kebaikan, kesucian dan kemulian sebagai "sebaik baiknya ciptaan" (ahsanu taqwim). Lebih lanjut dijelaskan oleh Bapak Nurcholish madjid bahwa manusia akan terbimbing ke arah akhlak yang mulia jika beriman kepada Allah dengan berbagai turunan caranya (derivasi). Selanjutnya manusia akan menerjemahkan imannya menjadi tingkah laku yang penuh tanggungjawab kepada sesama manusia, dengan jalan saling berpesan tentang kebenaran serta saling berpesan tentang ketabahan. Kecenderungan mendasar manusia terhadap kebaikan tersebut dapat ditemukan dalam QS Ar-Rum (30):30 dengan istilah Fitrah.
  • Abu Hamid Al Ghazali memiliki pandangan bahwa Akhlak ialah sifat yang terpatri dalam jiwa manusia yang darinya terlahir perbuatan-perbuatan yang dilakukan dengan senang dan mudah tanpa memikirkan dirinya serta tanpa adanya renungan terlebih dahulu.
  • Sedangkan Ibnu Maskawaih  memiliki pandangan bahwa Menurutnya akhlak ialah “hal li nnafsi daa’iyatun lahaa ila af’aaliha min ghoiri fikrin walaa ruwiyatin” yaitu sifat yang tertanam dalam jiwa seseorang yang mendorongnya untuk melakukan perbuatan tanpa memerlukan pemikiran dan pertimbangan.
  • Ahmad bin Mushthafa   memiliki pandangan bahwa Akhlak merupakan sebuah ilmu yang darinya dapat diketahui jenis-jenis keutamaan, dimana keutamaan itu ialah terwujudnya keseimbangan antara tiga kekuatan yakni kekuatan berpikir, marah dan syahwat atau nafsu.
  • Menurut Muhammad bin Ali Asy Syariif Al Jurjani: Akhlak merupakan sesuatu yang sifatnya (baik atau buruk) tertanam kuat dalam diri manusia yang darinyalah terlahir perbuatan-perbuatan dengan mudah dan ringan tanpa berpikir dan direnungkan.

Demikian artikel tentang Pengertian Akhlak Menurut Ajaran Islam Terlengkap,  Semoga bermanfaat bagi para pembaca orangbejo.com, Terima kasih :)

Baca juga :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Pengertian Akhlak Menurut Ajaran Islam Terlengkap"

Post a Comment