Pengetian Modem Beserta Jenis-jenisnya Lengkap

Pengetian Modem Beserta Jenis-jenisnya Lengkap- Tentu kita sudah sangat sering mendengar istilah Modem, Modem memang mempunyai fungsi yang sangat penting untuk menujang kinerja komputer agar lebih perfeck, Fungsi modem secara umum adalah alat bantu untuk mengghubungkan komputer ke koneksi internet melalui jaringan kartu sim (GSM/CDMA). Berikut orangbejo.com akan menampilkan penjelasan mengenai pengertian dan jenis-jenis modem.

pengertian modem


Pengertian Modem

Modem berasal dari singkatan Modulator Demodulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi ke dalam sinyal pembawa (carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik.

Modem merupakan penggabungan kedua-duanya, ituberarti modem adalah alat komunikasi dua arah. Setiap perangkat komunikasi jarak jauh dua-arah umumnya menggunakan bagian yang disebut "modem", seperti VSAT, Microwave Radio, dan lain sebagainya, namun umumnya istilah modem lebih dikenal sebagai Perangkat keras yang sering digunakan untuk komunikasi pada komputer.


Data dari komputer yang berbentuk sinyal digital diberikan kepada modem untuk diubah menjadi sinyal analog, ketika modem menerima data dari luar berupa sinyal analog, modem mengubahnya kembali ke sinyal digital supaya dapat diproses lebih lanjut oleh komputer. Sinyal analog tersebut dapat dikirimkan melalui beberapa media telekomunikasi seperti telepon dan radio. Setibanya di modem tujuan, sinyal analog tersebut diubah menjadi sinyal digital kembali dan dikirimkan kepada komputer. Terdapat dua jenis modem secara fisiknya, yaitu modem eksternal dan modem internal.

Jenis-jenis modem di antaranya :

  • Modem kabel yaitu modem yang menerima data langsung dari penyedia layanan lewat TV Kabel
  • Modem CDMA  yaitu modem yang menggunakan frekuensi CDMA 800 MHz atau CDMA 1x. Dan yang terbaru menggunakan frekuensi EVDO Rev-A (setara dengan 3G) dan teknologi CDMA terbaru adalah EVDO Rev-B
  • Modem GSM adalah modem yang sangat populer di indonesia, Karena modem ini menggunakan frekuensi GSM yang banyak di gunakan oleh sebagian besar masyrakat indonesia.
  • Modem analog yaitu modem yang membuat sinyal analog menjadi sinyal digital
  • Modem ADSL adalah Modem teknologi ADSL (Asymetric Digital Subscribe Line) yang memungkinkan berselancar internet dan menggunakan telepon analog secara berbarengan. Refrensi : wikipedia

Demikian artikel tentang Pengetian Modem Beserta Jenis-jenisnya Lengkap, Semoga bermanfaat bagi para pembaca orangbejo.com, Terima Kasih :)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengetian Modem Beserta Jenis-jenisnya Lengkap"

Post a Comment