Pengertian Teater Beserta Jenis dan Unsur-unsurnya Terlengkap

Pengertian Teater Beserta Jenis dan Unsur-unsurnya Terlengkap- Selamat datang kembali di orangbejo.com, Pada kesempatan ini saya akan membahas tentang Teater. Mendengar kata teater tentu yang ada di benak kita adalah sebuah tontonan yang menarik,  Teater biasa di sebut juga dengan sebutan Drama, Namun masih banyak di antara kita yang belum mengerti arti sebenarnya yang di maksud dengan teater, Berikut ini orangbejo.com Telah merangkumnya secara lengkap.

Gambar Pentas Teater Sumber : indonesiasekarang.com


Pengertian Teater

Teater adalah istilah lain dari drama, tetapi dalam pengertian yang lebih luas, teater adalah proses pemilihan teks atau naskah, penafiran, penggarapan, penyajian atau pementasan dan proses pemahaman atau penikmatan dari public atau audience (bisa pembaca, pendengar, penonton, pengamat, kritikus atau peneliti). Proses penjadian drama ke teater disebut prose teater atau disingkat berteater. Teater bisa diartikan dengan dua cara yaitu dalam arti sempit dan dalam arti luas. Teater dalam arti sempit adalah sebagai drama (kisah hidup dan kehiudpan manusia yang diceritakan di atas pentas, disaksikan orang banyak dan didasarkan pada naskah yang tertulis). Dalam arti luas, teater adalah segala tontonan yang dipertunjukkan di depan orang banyak contohnya wayang orang, ketoprak, ludruk dan lain-lain.


Arti Drama

  • Drama berarti perbuatan, tindakan. Berasal dari bahasa Yunani “draomai” yang berarti berbuat, berlaku, bertindak dan sebagainya.
  • Drama adalah hidup yang dilukiskan dengan gerak.
  • Konflik dari sifat manusia merupakan sumber pokok drama.
Dalam bahasa Belanda, drama adalah toneel, yang kemudian oleh PKG Mangkunegara VII dibuat istilah Sandiwara.


Arti Teater

  • Secara etimologis: Teater adalah gedung pertunjukan atau auditorium.
  • Dalam arti sempit: Teater ialah segala tontonan yang dipertunjukkan di depan orang banyak
  • Dalam arti luas: Teater adalah drama, kisah hidup dan kehidupan manusia yang diceritakan di atas pentas dengan media yaitu percakapan, gerak dan laku didasarkan pada naskah yang tertulis ditunjang oleh dekor, musik, nyanyian, tarian, dsb.


Jenis-jenis Teater

Di lihat dari jenis nya teater juga ternyata di bedakan menjadi tiga jenis di antaranya :
  1. Teater tradisional
  2. Teater Modern
  3. Teater Kontemporer

1. Teater tradisional
Teater tradisional adalah teater yang dilahirkan dari, oleh, dan untuk tradisi masyarakat tertentu. Ia tumbuh dan diasuh oleh tradisi masyarakat setempat. Teater tradisional sangat dekat dengan masyarakat lingkungannya bahkan menjadi bagian dari kehidupan masyarakatnya.  

2. Teater Modern
Teater modern adalah teater yang sudah ke luar dari pola-pola yang ada pada teater tradisional, terikat dengan pola naskah, skenario atau repertoar. Lakonan dipola oleh sistem penyutradaraan yang mutlak, dan mendapat pengaruh kuat dari perkembangan teater barat (dramaturgi)

3. Teater Kontemporer
Teater kontemporer adalah karya teater yang mengandung sifat-sifat kekinian. Berkembang sebagai wujud kreativitas seniman teater untuk menemukan jati dirinya. Sehingga, teater ini berfungsi sebagai presentasi estetis yang senimannya hanya ingin mengomunikasikan gagasannya kepada penonton. 


Unsur-Unsur Dalam Teater

Ada beberapa Unsur-unsur dalam teater yaitu di antaranya :

  • Pemeran
Pemeran merupakan orang yang memerankan tokoh tertentu. Ada tiga jenis pemain, yaitu peran utama, peran pembantu dan peran tambahan atau figuran. Dalam film atau sinetron, pemain biasanya disebut Aktris untuk perempuan, dan Aktor untuk laki-laki.

  • Sutradara
Sutradara adalah seseorang yang memimpin jalanya sebuah produksi, dari pra produksi sampai pascaproduksi. Baik dari segi kreatif maupun teknis, dengan menggunakan sistem single kamera maupun multi kamera, di dalam ruangan atau di luar ruangan.

  • Properti
Properti merupakan sebuah perlengkapan yang diperlukan dalam pementasan teater. Contohnya kursi, meja, robot, hiasan ruang, dekorasi, dan lain-lain

  • Penataan
Seluruh pekerja yang terkait dengan pementasan teater, antara lain:

1. Tata Rias adalah cara mendadandani pemain dalam memerankan tokoh teater agar lebih meyakinkan atau lebih menonjolkan karakter tokoh teater tersebut.
2. Tata Busana adalah pengaturan pakaian pemain agar mendukung keadaan yang menghendaki. 
3. Tata Lampu adalah pencahayaan dipanggung.
4. Tata Suara adalah pengaturan pengeras suara. Dikutipdari : https://id.wikipedia.org/

Demikian artikel tentang Pengertian Teater Beserta Jenis dan Unsur-unsurnya Terlengkap, Semoga bisa bermanfaat bagi para pembaca orangbejo.com, Terima Kasih :)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Teater Beserta Jenis dan Unsur-unsurnya Terlengkap"

Post a Comment