Pengertian Sosiologi Beserta Ciri-cirinya Menurut Para Ahli Dunia

Pengertian Sosiologi Beserta Ciri-cirinya Menurut Para Ahli Dunia- Sosiologi ? Tentunya kita pernah mendengar kata tersebut, Namun ternyata masih banyak di antara kita yang belum mengerti apa itu Sosiologi dan apa ciri-cirinya berikut orangbejo.com telah merangkumnya untuk anda.

Pengertian Sosiologi Secara umum adalah suatu ilmu pengetahuan yang mempelajari jaringan hubungan antara manusia dalam bermasyarakat. Sedangkan bila kit melihat sosiologi secara luas sosiologi merupakan ilmu pengetahuan tentang masyarakat dimana sosiologi mempelajari masyarakat sebagai kompleks kekuatan, hubugan dan jaringan iteraksi.

Gambar Ilustrasi Sosiologi

Pengertian Sosiologi menurut para ahli dunia

  1. Soejono Soekanto mengatakan sosiologi adalah ilmu yang memusatkan perhatian pada segi-segi kemasyarakatan yang bersifat umum dan berusaha untuk mendapatkan pola-pola umum kehidupan masyarakat. Refrensi : wikipedia
  2. J.A.A Von Dorn dan C.J. Lammers mengatakan sosiologi adalah ilmu pengetahuan tentang struktur-struktur dan proses-proses kemasyarakatan yang bersifat stabil. 
  3. Max Weber mengatakan Sosiologi adalah ilmu yang berupaya memahami tindakan-tindakan sosial. 
  4. Selo Sumardjan dan Soelaeman Soemardi mengatakan Sosiologi adalah ilmu kemasyarakatan yang mempelajari struktur sosial dan proses-proses sosial termasuk perubahan sosial. 
  5. Paul B. Horton mengatakan sosiologi adalah ilmu yang memusatkan penelaahan pada kehidupan kelompok dan produk kehidupan kelompok tersebut. 
  6. Pitirim Sorokin mengatakan sosiologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan dan pengaruh timbal balik antara aneka macam gejala sosial (misalnya gejala ekonomi, gejala keluarga, dan gejala moral), sosiologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan dan pengaruh timbal balik antara gejala sosial dengan gejala non-sosial, dan yang terakhir, sosiologi adalah ilmu yang mempelajari ciri-ciri umum semua jenis gejala-gejala sosial lain. 
  7. Roucek dan Warren mengatakan sosiologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dalam kelompok-kelompok. 
  8. William F. Ogburn dan Mayer F. Nimkopf mengatakan sosiologi adalah penelitian secara ilmiah terhadap interaksi sosial dan hasilnya, yaitu organisasi sosial. 

Ciri-ciri Sosiologi sebagai berikut :

  1. Kumulatif, artinya disusun atas dasar teori-teori yang telah ada atau memperbaiki, memperluas, serta memperkuat teori-teori yang lama. 
  2. Non etis,  artinya pembahasan suatu masalah yang tidak mempersoalkan baik atau buruknya masalah tersebut, tetapi lebih bertujuan untuk memperjelas masalah tersebut secara mendalam
  3. Empiris, artinya ilmu pengetahuan yang didasari pada observasi terhadap kenyataan dan akal sehat serta hasilnya tidak bersifat spekulatif atau menduga-duga.
  4. Teoritis, artinya suatu ilmu pengetahuan yang selalu  berusaha untuk menyusun abstraksi dari hasil-hasil pengamatan. Abstraksi merupakan kesimpulan logis yang bertujuan menjelaskan mengenai hubungan dari sebab akibat sehingga menjadi teori.(Johnsons, 1967 (dalam Soekanto,1982:14-15))
Demikin artikel tentang Pengertian Sosiologi Beserta Ciri-cirinya Menurut Para Ahli Dunia, Semoga bermanfaat bagi pembaca orangbejo.com, Terima Kasih :)

Baca juga artikel lainya :
> Pengertian Konstitusi Menurut Para Ahli Beserta Tujuan dan Contohnya
Fungsi dan Pengertian Ideologi Menurut Para Ahli Terlengkap
Pengertian Inflasi, Jenis dan Penyebabnya Menurut Para Ahli Lengkap

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Pengertian Sosiologi Beserta Ciri-cirinya Menurut Para Ahli Dunia"