Pengertian Sistem Operasi (OS) Beserta Jenis dan Fungsinya

Pengertian Sistem Operasi (OS) Beserta Jenis dan Fungsinya - Selamat datang di orangbejo.com, Kali ini saya akan membahas tentang sistem operasi atau yang populer dengan sebutan OS, Sistem operasi sendiri menjadi hal yang sangat penting yang sangat di butuh untuk memaksimalkan kerja sebuah perangkat. Tanpa adanya sistem operasi tentu perangkat komputerkita tidak bisa beroperasi. Berikut saya telah merangkum penjelasan tentang sistem operasi yang menyangkut pengertian, Jenis sistem operasi dan fungsinya lengkap.




Pengertian Sistem Operasi (OS)

Sistem operasi atau dalam bahasa Inggris biasa disebut operating system adalah komponen pengolah piranti lunak dasar (essential component) tersistem sebagai pengelola sumber daya perangkat keras komputer (hardware), dan menyediakan layanan umum untuk aplikasi perangkat lunak. Sistem operasi adalah jenis yang paling penting dari perangkat lunak sistem dalam sistem komputer. Tanpa sistem operasi, pengguna tidak dapat menjalankan program aplikasi pada komputer mereka, kecuali program booting.

Sistem operasi juga memiliki penjadwalan yang sistematis mencakup perhitungan penggunaan memori, pengolahan data, penyimpanan data, dan sumber daya lainnya.


Jenis-jenis Sistem Operasi (OS)

  1. Sistem Microsoft Windows - terdiri dari Windows Desktop Environment (versi 1.x hingga versi 3.x), Windows 9x (Windows 95, 98, dan Windows ME), dan Windows NT (Windows NT 3.x, Windows NT 4.0, Windows 2000, Windows XP, Windows Server 2003, Windows Vista, Windows Server 2008, Windows 7 (Seven) yang dirilis pada tahun 2009, dan Windows 8 yang dirilis pada Oktober 2012)).
  2. Sistem Unix yang menggunakan antarmuka sistem operasi POSIX, seperti SCO UNIX, keluarga BSD (Berkeley Software Distribution), GNU/Linux, Zeath OS (berbasis kernel linux yang dimodifikasi.)MacOS/X (berbasis kernel BSD yang dimodifikasi, dan dikenal dengan nama Darwin) dan GNU/Hurd.
  3. Sistem Mac OS, adalah sistem operasi untuk komputer keluaran Apple yang biasa disebut Mac atau Macintosh. Sistem operasi yang terbaru adalah Mac OS X versi 10.6 (Snow Leopard). Musim panas 2011 direncanakan peluncuran versi 10.7 (Lion).

Fungsi Sistem Operasi (OS)

  • Sistem Operasi memungkinkan sumberdaya komputer digunakan secara efisien.
  • Sistem Operasi membuat komputer menjadi lebih mudah dan menarik serta nyaman untuk digunakan.
  • Sistem Operasi yang disusun/ diprogram sedemikian rupa memungkinkan menerima perubahan/ pengembangan baru yang efektif dan efisien, dapat melakukan pengujian sistem tanpa mengganggu layanan yang telah ada. Dikutipdari : https://id.wikipedia.org/
Demikian artikel tentang Pengertian Sistem Operasi (OS) Beserta Jenis dan Fungsinya , Semoga bermanfaat bagi para pembaca orangbejo.com, Terima kasih :)





Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Sistem Operasi (OS) Beserta Jenis dan Fungsinya "

Post a Comment