Pengertian Korupsi Menurut Para Ahli Beserta Dampaknya Lengkap

Pengertian Korupsi Menurut Para Ahli Beserta Dampaknya Lengkap- Korupsi mungkin menjadi istilah yang sangat sering kita dengar, Terlebih di negara kita, Ahir-ahir ini angka korupsi semakin meningkat, Korupsi secara umum di artikan  adalah perbuatan pejabat negara (publik), baik politisi maupun pegawai negeri, serta pihak lain yang terlibat dalam tindakan itu yang secara tidak wajar dan tidak legal menyalahgunakan kepercayaan publik yang dikuasakan kepada mereka untuk mendapatkan keuntungan pribadi, Namun bagaimana para ahli berpendapat mengenai korupsi, berikut orangbejo.com telah merangkumnya untuk anda semua.


Pengertian korupsi
Gambar Iustrasi Korupsi


Pengertian Korupsi Menurut Para Ahli

1. Haryatmoko
Menurut Beliau Pengertian korupsi yang diartikan secara sederhana adalah dipahami sebagai upaya menggunakan kemampuan campur tangan karena posisinya untuk menyalahgunakan informasi, keputusan, pengaruh, uang atau kekayaan demi kepentingan keuntungan dirinya.  

2.Kartono (1983) 
Menurutnya korupsi sebagai tingkah laku individu yang menggunakan wewenang dan jabatan guna mengeduk keuntungan pribadi, dan atau merugikan kepentingan umum dan negara. 

3.UU No. 24 tahun 1960
Perbuatan  seseorang,  yang  dengan  atau  karena  melakukan  suatu kehajatan atau dilakukan dengan menyalah gunakan jabatan atau kedudukan 

4.Nurdjana (1990)
Menurut Beliau Korupsi  berasal  dari  bahasa  Yunani  yaitu “corruptio” yang berarti perbuatan yang tidak baik, buruk, curang, dapat disuap, tidak bermoral, menyimpang dari kesucian, melanggar norma- norma agama materiil, mental dan hukum 


Dampak Korupsi

Sebagai kegiatan yang sangat merugikan korupsi tentunya akan berdampak negatif bagi kehidupan negara, Berikut orangbejo.com telah merangkumnya, Dampak Korupsi terhadap kehidupan negara di antaranya :

  • Kesejahteraan umum negara
Korupsi politis ada di banyak negara, dan memberikan ancaman besar bagi warga negaranya. Korupsi politis berarti kebijaksanaan pemerintah sering menguntungkan pemberi sogok, bukannya rakyat luas. 

  • Demokrasi
Korupsi menunjukan tantangan serius terhadap pembangunan. Di dalam dunia politik, korupsi mempersulit demokrasi dan tata pemerintahan yang baik (good governance) dengan cara menghancurkan proses formal. 

  • Ekonomi
Korupsi tentunya akan mempersulit pembangunan ekonomi dan mengurangi kualitas pelayanan pemerintahan.Korupsi juga mempersulit berjalanya pembangunan ekonomi dengan membuat distorsi dan ketidak efisienan yang tinggi. Dikutipdari : https://id.wikipedia.org/wiki/Korupsi

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Korupsi Menurut Para Ahli Beserta Dampaknya Lengkap"

Post a Comment