Pengertian Joomla Beserta Fungsi dan Sejarahnya Lengkap

Pengertian Joomla Beserta Fungsi dan Sejarahnya Lengkap- Selamat datang kembali di blog orangbejo.com, Kali ini saya akan membahas mengenai Joomla, Berbicara tentang Joomla bagi sobat yang berkecimpung di dunia IT sudah tentu tidak asing lagi dengan Joomla, Namun bagaimana jika sobat dari masyarakat awam tentu masih sangat jarang mendengar tentang Joomla, Berikut orangbejo.com telah merangkumnya buat sobat semua.

PENGERTIAN JOOMLA

Pengertian Joomla

Joomla adalah sebuah aplikasi sejenis (Blog,wordpress,dll) yang biasa di gunakan untuk membangun sebuah website dinamis dengan berbagai fasilitas lengkap yang ada di dalamnya.  Joomla adalah salah satu aplikasi CMS atau yang biasa di sebut "Content Management System" open source yang berarti anda tidak di kenakan biaya sepeserpun untuk mendapatkan fasilitas dari joomla ini. 


Joomla terdiri dari 3 elemen dasar, yaitu "server web" skrip "PHP" dan basisdata "MySQL". Server web diasumsikan terhubung dengan Internet/Intranet yang berfungsi sebagai penyedia layanan situs. Skrip PHP terdiri dari kode program dalam bahasa PHP dan basisdata merupakan tempat penyimpanan konten. Joomla menggunakan Apache sebagai server web dan MySQL untuk basisdatanya.

Fungsi Joomla

  1.  Joomla menawarkan fasilitas membuat web handal secara gratis.
  2.  Bisa di jadikan web yang handal dan bisa menghasilkan uang dari web joomla yang anda bangun
  3.  Joomla dapat membangun beberapa jenis web di anataranya : personal, toko online, web perusahaan   dll.

Sejarah Joomla !

Pada tanggal 17 September 2005, diluncurkan Joomla versi awal yaitu 1.0.0 yang merupakan versi alias dari Mambo 4.5.2.3 yang dikembangkan oleh "Pengembang Inti Mambo hingga Agustus 2005" yang hengkang dari Mambo. Pemimpin Tim saat itu Andrew Eddie yang dikenal dengan sebutan "MasterChief" menulis surat terbuka di komunitas dan diumumkan di forum mamboserver.com. Tim pengembang kemudian membuat situs OpenSourceMatters untuk mendistrubusikan informasi ke pengguna, pengembang, desainer web dan komunitas lain pada umumnya.

Perkembangan Joomla berawal dari Joomla 1.0.0 sampai dengan tahap yang luar biasa yaitu Joomla 1.0.15. Namun seiring dengan perkembangan versi Joomla 1.0.x ini, sekitar tahun 2007 telah dimulai pengembangan Joomla 1.5.x yang memiliki beberapa persamaan dan perbedaan yang cukup signifikan. Saat ini Joomla 1.5.x telah mencapai pada tahap Joomla 1.5.20.Untuk versi Joomla 1.6 sudah pada tahap versi beta dan dapat diunduh di www.joomla.org. Semakin baru versi Joomla memiliki penyempurnaan dari versi-versi sebelumnya. 
Dikutip dari : https://id.wikipedia.org/wiki/Joomla!

Demikian artikel mengenai Pengertian Joomla Beserta Fungsi dan Sejarahnya Lengkap, Semoga bermanfaat bagi pembaca orangbejo.com, Terima Kasih :)

Baca juga artikel lainya :
Pengertian Hardware dan Software Komputer beserta Fungsi dan Contohnya
Pengertian Virus Komputer Beserta Jenis dan Cara Mengatasinya
Pengertian Komputer Menurut Para Ahli Dunia Terlengkap

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Pengertian Joomla Beserta Fungsi dan Sejarahnya Lengkap"