Pengertian dan Manfaat Multimedia Menurut Para Ahli Lengkap

Pengertian dan Manfaat Multimedia Menurut Para Ahli Lengkap- Selamat datang kembali di blog orangbejo.com, Pada kesempatan ini saya akan membahas tentang Multimedia, lebih spesifiknya adalah pengertian dan manfaat dari multimedia menurut para ahli. Seperti yang kita tahu istilah multimedia belakangan ini memang sangat sering kita dengar, hal ini tentu berkaitan dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi di dunia yang menjadikan multimedia sebagai salah satu teknologi yang banyak di butuhkan di jaman yang serba modern ini.

Pengertian Multimedia

Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi, audio dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat melakukan navigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. Multimedia sering digunakan dalam dunia informatika. Selain dari dunia informatika, multimedia juga diadopsi oleh dunia game, dan juga untuk membuat website. Dikutipdari:  wikipedia

Pengertian Multimedia Menurut Para Ahli 

Dari pengertian multimedia di atas tentu kita sudah dapat menyimpulkan apa itu multimedia, Namun ternyata ada opini-opini lain dari para ahli dunia mengenai Multimedia, Berikut orangbejo.com telah merangkumnya.


  • Menurut Steinmetz
Definisi Multimedia adalah hasil dari gabungan yang minimalnya terdiri dari sebuah media kontinu dan sebuah media diskrit. Media kontinu adalah media yang validitas datanya tergantung pada kondisi waktu, yaitu berupa suara dan video. Media Diskrit adalah media yang validitas datanya tidak tergantung kepada kondisi waktu,yaitu berupa teks dan grafik.

  • Menurut Robin dan Linda
Alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks-grafik, animasi, audio dan video.

  •  Menurut Vaughan
Definisi Multimedia adalah kombinasi antara teks, gambar, animasi, suara, dan video yang dikirim ke pengguna melalui sebuah komputer ataupun sebuah alat elektronik lain dengan teknik manipulasi digital.
  • Menurut Hofstekter
Multimedia dalam konteks komputer adalah pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, video, dengan menggunakan tool yang memungkinkan pemakaian berinteraksi, berkreasi dan berkomunikasi.

Manfaat  Multimedia

Manfaat multimedia memang sangat penting di jaman yang serba modern ini, Beberapa manfaat dari multimedia adalah di bidang Pendidikan dan Bisnis,Di bidang pendidikan multimedia digunakan sebagai media pengajaran, baik dalam kelas maupun secara sendiri-sendiri atau otodidak. Di dunia bisnis, multimedia digunakan sebagai media profil perusahaan, profil produk, bahkan sebagai media kios informasi dan pelatihan dalam sistem e-learning. Berikut ini orangbejo.com tampilkan manfaat lain daripada multimedia di antaranya:
  1. Dapat menarik pengguna dengan konten-konten menarik di dalamnya
  2. Sebagai media untuk menyampaikan suatu ide, gagasan atau pemikiran yang mudah untuk di mengerti oleh pengguna
  3. Memudahkan pengguna awam dalam penggunaan
  4. Multimedia juga dapat meningkatkan aliran gagasan sebuah informasi
Demikianlah artikel tentang Pengertian dan Manfaat Multimedia Menurut Para Ahli Lengkap, Semoga bisa bermanfaat bagi para pembaca orangbejo.com, Terima kasih :)

Baca juga artikel lainya :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian dan Manfaat Multimedia Menurut Para Ahli Lengkap"

Post a Comment