7 Pengertian Seni Rupa Menurut Para Ahli Lengkap

7 Pengertian Seni Rupa  Menurut Para Ahli Lengkap- Mendengar kata seni tentunya yang ada di benak kita adalah sebuah karya yang mengandung keindahan yang bisa kita nikmati, Di alam dunia ibi banyak sekali beragam jenis seni, salah satunya adalah seni rupa, Secara umum pengetian seni rupa adalah adalah cabang seni yang membentuk karya seni dengan media yang bisa ditangkap mata dan dirasakan dengan rabaan. Kesan ini diciptakan dengan mengolah konsep titik, garis, bidang, bentuk, volume, warna, tekstur, dan pencahayaan dengan acuan estetika.

Gambar Contoh seni rupa

Seni rupa dilihat dari segi fungsinya dibedakan antara seni rupa murni dan seni rupa terapan, proses penciptaan seni rupa murni lebih menitik beratkan pada ekspresi jiwa semata misalnya lukisan, sedangkan seni rupa terapan proses pembuatannya memiliki tujuan dan fungsi tertentu misalnya seni kriya. Berikut ini orangbejo.com telah merangkujm tentang pengertian seni rupa di lihat dari kacamata para ahli, Berikut urainya :

Seni rupa menurut para ahli


Kuntjaraningrat

  • Kesenian adalah suatu kompleks dari ide-ide, gagasan, nilai-nilai, norma-norma, dan peraturan dimana kompleks aktivitas dan tindakan berpola dari manusia dalam masyarakat dan biasanya berwujud benda-benda hasil manusia.


William A. Haviland
  • Kesenian adalah keseluruhan sistem yang melibatkan proses penggunaan imajinasi manusia secara kreatif di dalam sebuah kelompok masyarakat dengan kebudayaan tertentu


Aristoteles
  • seni adalah peniruan terhadap alam tetapi sifatnya harus ideal.


Prof. Drs. Suwaji bastomi
  • seni adalah aktivitas batin dengan pengalaman estetika yang menyatakan dalam bentuk agung yang mempunyai daya membangkitkan rasa takjub dan haru.


Enslikopedia Indonesia
  • seni adalah penciptaan segala hal atau benda yang karena keindahannya orang senang melihatnya atau mendengarnya.


Schopenhauer
  • seni adalah segala usaha untuk menciptakan bentuk-bentuk yang menyenangkan. Menurut tiap orang senang dengan seni music meskipun seni musik adalah seni yang paling abstrak


Eric Ariyanto
  • seni adalah kegiatan rohani atau aktivitas batin yang di refleksikan dalam bentuk karya yang dapat membangkitkan perasaan orang lain yang melihat atau mendengarkannya.

Demikianlah artikel tentang 7 Pengertian Seni Rupa Menurut Para Ahli Lengkap, Semoga bermanfaat bagi ppara pembaca orangbejo.com terima kasih :)

Baca juga artikel lainya :


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 Pengertian Seni Rupa Menurut Para Ahli Lengkap"

Post a Comment