20 Pengertian Dongeng Beserta Jenis Dan Unsur-unsur Intrinsiknya

20 Pengertian Dongeng Beserta Jenis Dan Unsur-unsur Intrinsiknya- Selamat datang kembali di orangbejo.com, Kali ini saya akan membahas dongen, Siapa saja di antara kita pasti pernah mendengar kata dongeng, Dongeng sendiri biasanya menjadi favorit anak-anak karna cerita yang di sajikan dongeng selalu menarik. Selain itu dongeng juga bisa nelatih imajenasi anak-anak untuk lebih berkembang. Berikut orangbejo.com telah merangkum tentang pengertian, jenis-jenis, dan unsur intrinsik dongeng, Berikut Penjelasanya :

pengertian dongeng

Pengertian Dongeng

Dongeng adalah bentuk sastra lama yang bercerita tentang suatu kejadian yang luar biasa yang penuh khayalan (fiksi) yang dianggap oleh masyarakat suatu hal yang tidak benar-benar terjadi. Dongeng merupakan bentuk cerita tradisional atau cerita yang disampaikan secara terun-temurun dari nenek moyang. Dongeng berfungsi untuk menyampaikan ajaran moral (mendidik), dan juga menghibur.

Beberapa pengertian dongeng lainya :

  • Arti dongeng adalah cerita yg tidak benar-benar terjadi (terutama tentang kejadian zaman dulu yg aneh, perkataan (berita dsb) yg bukan-bukan atau tidak benar: uraian yg panjang itu dianggapnya hanya cerita belaka(KBBI)
  • Secara umum pengertian dongeng adalah cerita yang dituturkan atau dituliskan yang bersifat hiburan dan biasanya tidak benar-benar terjadi dalam kehidupan . Dongeng merupakan suatu bentuk karya sastra yang ceritanya tidak benar-benar tejadi/ fiktif yang bersifat menghibur dan terdapat ajaran moral yang terkandung dalam cerita dongeng tersebut.(Kamisa)
  • Definisi dongeng adalah cerita fantasi sederhana yang tidak benar-benar terjadi berfungsi untuk menyampaikan ajaran moral (mendidik) dan juga menghibur. Jadi, dongeng merupakan salah satu bentuk karya sastra yang ceritanya tidak benar-benar terjadi/fiktif.(Agus Triyanto 2007: 46)

Jenis-Jenis Dongeng

Dongeng dapat dibagi menjadi tujuh jenis, diantaranya mitos, sage, fabel, legenda, cerita lucu, cerita pelipur lara dan perumpamaan. Berikut penjelasan masing-masing jenis dongeng di atas. 

  1. Mitos adalah bentuk dongeng yang menceritakan hal-hal magis seperti cerita tentang dewa-dewa, peri atau Tuhan.
  2. Sage adalah dongeng kepahlawanan, keberanian, atau sihir seperti sihir dongeng Gajah Mada.
  3. Fabel adalah dongeng tentang binatang yang dapat berbicara atau berperilaku seperti manusia.
  4. Legenda adalah bentuk dongeng yang menceritakan tentang sebuah pristiwa tentang asal usul suatu benda atau tempat.
  5. Cerita jenaka adalah cerita yang berkembang di masyarakat yang baik komedi dan dapat membangkitkan contoh tawa cerita Pak Belalang.
  6. Cerita pelipur lara biasanya bentuk narasi yang bertujuan untuk menghibur tamu di pesta dan kisah yang diceritakan oleh seorang ahli seperti boneka diberitahu oleh seorang dalang.
  7. Cerita Perumpamaan adalah bentuk dongeng yang mengandung kiasan / seperti saran, contoh didaktik dari Haji pelit. Cerita lokal adalah cerita yang tumbuh dan berkembang di daerah.

Unsur-unsur Intrinsik Dongeng

Dongeng biasanya mengandung lima unsur intrinsik yaitu tema, alur, penokohan, latar, amanat. Berikut Penjelasanya :
  • Tema 
Merupakan ide pokok dari cerita dan merupakan patokan untuk membagun suatu cerita.

  •  Alur 
Merupakan jalan cerita yang diurutkan besarkan sebab-akibat atau pun besarkan urutan waktu.

  •  Penokohan
Merupakan proses penampilan tokoh dengan pemberian watak, dan sifat.

  •  Latar
Merupakan salah satu unsur pembentuk cerita yang menunjukana dimana, dan kapan rangkaian-rangkaian cerita itu terjadi.

  • Amanat
Merupakan pesan yang ingin disampaikan pengerang kepada pembaca melalui cerita yang dibuatnya.

Demikian artikel tentang 20 Pengertian Dongeng Beserta Jenis Dan Unsur-unsur Intrinsiknya, Semoga bermanfaat bagi para pembaca orangbejo.com, Terima Kasih :)


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "20 Pengertian Dongeng Beserta Jenis Dan Unsur-unsur Intrinsiknya"

Post a Comment