15 Pengertian Geografi Menurut Para Ahli Dunia Lengkap

15 Pengertian Geografi Menurut Para Ahli Dunia Lengkap- Kata geografis mungkin menjadi kata yang tidak asing lagi di telinga kita, Bahkan pada bangku sekolah SD, SMP, Sampai SMA geografi di pelajari secara spesifik yang di masukan ke dalama mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Berikut orangbejo.com Menamplkanya akan membahas pengertian geografis menurut para ahli, yang saya harapkan bisa membantu anda yang mungkin ingin mengulas kembali materi geografis atas bagi para pelajar yang ingin mencari materi untuk refrensi.

Pengertian Geografi Secara Umum

Geografi adalah ilmu yang mempelajari tentang lokasi serta persamaan, dan perbedaan (variasi) keruangan atas fenomena fisik, dan manusia di atas permukaan bumi. Kata geografi berasal dari Bahasa Yunani yaitu gêo "Bumi", dan graphein "tulisan", atau "menjelaskan".

Pengertian Geografi Menurut Para Ahli Dunia

1. Erastothenes 
Geografi berasal dari kata geographica yang berarti penulisan atau penggambaran mengenai bentuk muka bumi

2. Lobeck
Pengertian geografi menurut definisi Lobeck bahwa geografi adalah suatu studi tentang hubungan-hubungan yang ada antara kehidupan dengan lingkungan fisiknya  

3. Jhon Alexander
 Pengertian geografi menurut Jhon Alexander bahwa geografi adalah disiplin ilmu yang menganalisis variasi kekuarnagan dalam variabel kawasan-kawasan hubungan antar variabel-variabe

4. Claudius Ptolomaeus 
Geografi adalah suatu penyajian melalui peta dari sebagian dan seluruh permukaan bumi

5. Ullman (1954) 
Geografi adalah interaksi antar ruang.

6. Strabo (1970) 
Geografi erat kaitannya dengan faktor lokasi, karakterisitik tertentu dan hubungan antar wilayah secara keseluruhan. Pendapat ini kemudian disebut konsep Natural Attribute of Place

7. Ekblaw dan Mulkerne 
Geografi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari bumi, dan kehidupannnya, mempengaruhi pandangan hidup kita, makanan yang kita konsumsi, pakaian yang kita gunakan, rumah yang kita huni, dan tempat rekreasi yang kita nikmati

8. Paul Vidal de La Blance 
Geografi adalah studi tentang kualitas negara-negara, di mana penentuan suatu kehidupan tergantung bagaimana manusia mengelola alam ini

9. Prof. Bintarto (1981) 
Geografi mempelajari hubungan kausal gejala-gejala di permukaan bumi, baik yang bersifat fisik maupun yang menyangkut kehidupan makhluk hidup beserta permasalahannya melalui pendekatan keruangan, kelingkungan, dan regional untuk kepentingan program, proses, dan keberhasilan pembangunan.

10. Bernhardus Varenius
Dalam karyanya yang berjudul GEOGRAPHIA GENERALIS, dia membagi geografi menjadi
Geografi absolute, Geografi relative. Geografi komparatif

11. Hasil seminar dan lokakarya di Semarang (1988) 
Geografi adalah ilmu yang mempelajari persamaan, dan perbedaan fenomena geosfer dengan sudut pandang kewilayahan, dan kelingkungan dalam konteks keruangan.

12. Preston E. James 
Menurutnya geografi dapat diungkapkan sebagai induk dari segala ilmu pengetahuan karena bidang ilmu pengetahuan selalu mulai dari keadaan muka bumi untuk beralih pada studi masing-masing. 

13. Von Rithoffen 
Geografi adalah studi tentang gejala, dan sifat-sifat permukaan bumi serta penduduknya yang disusun berdasarkan letaknya, dan mencoba menjelaskan hubungan timbal balik antara gejala-gejala, dan sifat tersebut.


14. Basri Mustofa
 Pengertian geografi menurut Basri Mustofa adalah ilmu yang menguraikan tentang permukaan bumi, iklim, penduduk, flora, fauna, serta basil-basil yang diperoleh dari bumi.

15. Haris (2012) 
Geografi adalah suatu ilmu yang mengkaji segala aspek-aspek yang ada di permukaan bumi dengan konsep spasial untuk pemanfaatan pembangunan yang ada dipermukaan bumi.

Demikian artikel tentang 15 Pengertian Geografi Menurut Para Ahli Dunia Lengkap, Semoga bermanfaat bagi para pembaca orangbejo.com, Terima Kasih :)



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "15 Pengertian Geografi Menurut Para Ahli Dunia Lengkap"

Post a Comment