10 Pengertian Politik Menurut Para Ahli Terlengkap

10 Pengertian Politik Menurut Para Ahli Terlengkap - Politik, Siapa yang tidak mendengar istilah tersebut, Bahkan hampir setiap hari kita mendengar istilah politik di berita televisi ataupun media-media masa lainya, Secara umum Politik di artikan sebagai proses pembentukan dan pembagian kekuasaan dalam masyarakat yang antara lain berwujud proses pembuatan keputusan, khususnya dalam negara. Politik juga di artikan sebuah seni dan ilmu untuk meraih kekuasaan secara konstitusional maupun nonkonstitusional. Namun ternyata para ahli ilmu politik memiliki padanganya sendiri tentang arti politik, Berikut orangbejo.com telah merangkumnya untuk anda semua.


Pengertian Politik Menurut Para Ahli

1. Plato dan Aristoteles
Politik adalah suatu usaha untuk mencapai masyarakat politik (polity)yang terbaik di dalam politik, manusia akan hidup bahagia karena memiliki peluang untuk mengembangkan bakat hidup dengan rasa kemasyarakatan yang akrab dan hidup dalam suasana moralitas.

2. Max Weber
Politik adalah sarana perjuangan untuk sama-sama melaksanakan politik atau perjuangan untuk mempengaruhi pendistribusia kekuasaan baik di antara Negara-negara maupun diantara hukum dalam suatu Negara.

3. Maurice Duverger 
Politik adalah kekuasaan, kekuatan adalah seluruh jaringan lembaga-lembaga (institusions) yang mempunyai kaitan dengan otoritas, dalam hal ini suasana didominasi beberapa orang atas orang lain.

4. W.A Robson 
Ilmu Politik adalah ilmu yang mempelajari kekuasaan di dalam masyarakat yang mengenai dasar, hakikat, proses-proses, ruang lingkup dan hasil-hasilnya. Fokus utamanya tertuju pada perjuangan untuk mencapai dan mempertahankan kekuasaan, dalam hal ini melaksanakan kekuasaan atau pengaruh atas orang lain atau menentang pelaksanaan kekuasaan itu.

5. Ossip K. Flechtheim
Ilmu Politik ialah ilmu sosial yang khusus mempelajari sifat dan tujuan negara sejauh mana negara merupakan organisasi kekuasaan beserta sifat dan tujuan dari gejala-gejala kekuasaan yang tidak resmi (tidak sesuai dengan aturan), yang dapat memengaruhi negara.

6. Ramlan Surbakti 
Politik adalah interaksi antara pemerintah dan masyarakat dalam rangka proses pembuatan dan pelaksanaankeputusan yang mengikat tentang kebaikan bersama masyarakat yang tinggal dalam suatu wilayahtertentu.

7. F. Isjwara
Politik adalah salah satu perjuangan untuk memperoleh kekuasaan atausebagai tekhnik menjalankan kekuasaan-kekuasaan.

8. Karl W. Deutsch
Politik adalah pengambilan keputusan melalui sarana umum. Dikatakan selanjutnya bahwa keputusan keputusan semacam ini berbeda dengan pengambilan keputusan keputusan pribadi oleh prang seorang, dan bahwa keseluruhan dari keputusan keputusan semacam itu merupakan sektor umum atau sektor publik dari suatu negara.

9. Ramlan Surbakti 
Politik sebagai interaksi antara pemerintah dan masyarakat dalam rangka proses pembuatan dan pelaksanaan keputusan yang mengikat tentang kebaikan bersama masyarakat yang tinggal di dalam suatu wilayah tertentu.

10. Harold Laswell 
Politik adalah masalah siapa mendapat apa, kapan dan bagaimana.
Menurut saya, ilmu politik adalah ilmu yang mempelajari tentang langkah-langkah atau cara yang digunakan untuk menghasilkan atau mencapai suatu tujuan ataupun keinginan yang memiliki nilai dengan proses yang memiliki nilai pula.

Demikian artikel tentang 10 Pengertian Politik Menurut Para Ahli Terlengkap , Semoga bisa bermanfaat bagi para pembaca orangbejo.com, Terima Kasih :)

Baca juga :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10 Pengertian Politik Menurut Para Ahli Terlengkap "

Post a Comment