10 Pengertian Cerpen Menurut Para Ahli Lengkap

10 Pengertian Cerpen Menurut Para Ahli Lengkap- Selamat datang kembali di orangbejo.com, kali ini saya akan membahas tentang pengertian cerpen, Seperti kita tahu cerpen atau cerita pendek adalah  jenis karya sastra yang dijelaskan dalam bentuk tulisan yang berwujud sebuah cerita atau kisah secara pendek, jelas, serta ringkas.Selain itu cerpen bisa disebut juga dengan sebuah prosa fiksi yang isinya tentang pengisahan yang hanya terfokus pada satu konflik atau permasalahan. Untuk lebih singkatnya cerpen itu adalah cerita pendek yang hanya berpusat pada satu konflik saja. Namun ternyata masih ada opini lain mengenai cerpen. yaitu pengertian cerpen menurut para ahli, berikut urainya.

Pengertian cerpen

Pengertian Cerpen Menurut Para Ahli 


1. Nugroho Notosusanto dalam Tarigan
Cerpen adalah kisah cerita pendek mulai dari 5000 kata-kata atau memperkirakan 17 pp kuarto spasi ganda dan berpusat pada dirinya sendiri.

2. Hendy
Cerita pendek adalah sebuah cerita pendek yang berisi narasi tungal.

3. J.S. Badudu 
Cerpen adalah cerita yang menjurus dan konsentrasi berpusat pada satu peristiwa, yaitu peristiwa yang menumbuhkan peristiwa itu sendiri.

4. Sumardjo
Fiksi cerita pendek atau tidak benar-benar terjadi, tetapi bisa terjadi kapan saja dan di mana saja di mana cerita ini relatif singkat.

5. Menurut KBBI
Cerita pendek berasal dari dua kata yang berarti pidato yang adalah kisah tentang bagaimana dan cerita pendek berarti pendek (tidak lebih dari 10.000 kata) yang memberikan kesan dominan dan berkonsentrasi hanya pada satu tokoh saja dalam cerita. Menurut dia tidak ada cerita pendek hingga 100 halaman.

6. Allan Poe dalam Nurgiyantoro dalam Regina Bernadette
Cerita pendek diartikan sebagai bacaan singkat, yang dapat dibaca sekali duduk, dalam waktu setengah sampai dua jam, genrenya mempunyai efek tunggal, karakter, plot dan setting yang terbatas, tidak beragam dan tidak kompleks (Pengarang cerpen tidak melukiskan seluk beluk kehidupan tokohnya secara menyeluruh, melainkan hanya menampilkan bagian – bagian penting kehidupan tokoh yang berfungsi untuk mendukung cerita tersebut yang juga bertujuan untuk menghemat penulisan cerita karena terbatasnya ruang yang ada.

7. Aoh. K.H
Cerpen yang merupakan salah satu cerita pendek yang ditulis oleh fiksi atau fantasi disebut naratif prosa pendek.


8. H. B. Jassin
Mengatakan bahwa cerita pendek adalah sebuah cerita pendek yang harus memiliki bagian yang paling penting dari pendahuluan, dan penyelesaian sengketa.
8 Pengertian Cerita Pendek Menurut Para Ahli Unsur Dan Cirinya

9. Saini
Cerpen merupakan cerita pendek fiksi atau tidak benar-benar terjadi, tetapi bisa terjadi kapan saja dan di mana saja di mana cerita ini relatif singkat.

10.Turayev dalam Regina Bernadette 
Cerita pendek bentuk karya sastra naratif, yang menampilkan cerminan sebuah episode dalam kehidupan seorang tokoh. 

Ciri - ciri Cerpen

  • Bentuk tulisan yang singkat tentunya lebih pendek dari Novel.
  • Isi dari cerita berasal dari kehidupan sehari-hari.
  • Cerpen terdiri kurang dari 10.000 (sepuluh ribu) kata.
  • Penggunaan kata-kata yang mudah dipahami oleh pembaca.
  • Mengangkat beberapa peristiwa saja dalam hidup tidak seluruhnya.
  • Kesan dan pesan yang ditinggalkan sangatlah mendalam sehingga si pembaca ikut merasakan isi dari cerpen tersebut.
  • Cerpen bersifat fiktif.
  • Cerpen hanya mempunyai 1 alur.
Demikian artikel tentang 10 Pengertian Cerpen Menurut Para Ahli Lengkap, Semoga bermanfaat bagi para pembaca orangbejo.com, Terima Kasih :)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10 Pengertian Cerpen Menurut Para Ahli Lengkap"

Post a Comment