Tutorial Photoshop Cara Menyamakan Warna Foreground dan Background Mudah

Tutorial Photoshop Cara  Menyamakan Warna Foreground dan Background Mudah- Selamat datang kembali di orangbejo.com, kali ini saya akan membahas tentang tutorial photoshop yaitu  Cara Menyamakan Warna Foreground dan Background dengan mudah, Pada tehnik ini akan saya memperlihatkan tetang bagaimana menyamakan warna foreground dengan background foto yang kita edit dengan cara yang sangat sederhana,  Tehnik ini biasanya banyak di gunakan oleh fotografer dalam mengolah foto hasil bidikanya agar terlihat lebih elegan dan lebih menarik tentunya. Soo tanpa berlama-lama mari kita mulai mengolah foto yang akan kita edit.


1. Siapkan gambar background yang kamu inginkan, disini saya memakai background dengan Tema sedikit telihat mistik, karna tujuan saya adalah agar hasil foto yang kita edit terlihat cinematik, Terlihat pada gambar di bawah ini ada dua layer, yang pertama adalah layer background yang satunya lagi adalah layer foreground yang sudah saya seleksi (crop). Jika kita lihat secara detail kita akan melihat kejanggalan yang terdapat dari foto saya ini, yaitu warna background dan foreground sangat berbeda jauh. Maka oleh sebab itu kita harus menyamakan warna background dan foreground agar foto ini terlihat lebih menarik.


Tutorial Photoshop Cara  Menyamakan Warna Foreground dan Background

2. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menduplikat layer background agar menjadi 2 dengan cara arahkan cursor ke layer background lalu ketik "CTRL+J" pada keyboard, maka layer background akan menjadi 2 seperti gambar di bawah ini.


3. Berikutnya agar kamu tidak kebingungan nantinya maka kita bisa mengubah nama leyer "Background copy" menjadi "Warna" namun anda bebas menentukan namanya, bisa di kasih nama paino, paijem, #hehe  atau yang lainya, cara ini hanya agar kamu tidak kebingungan nantinya dan tidak akan berpengaruh pada hasil

Tutorial Photoshop Cara  Menyamakan Warna Foreground dan Background
.

4. Berikutnya adalah kamu harus meletakan layer "Warna" menjadi di urutan yang paling atas seperti gambar di bawah ini, Dengan cara klik layer warna lalu geser keposisi paling atas.

Tutorial Photoshop Cara  Menyamakan Warna Foreground dan Background

5. Setelah layer "Warna" berada pada posisi paling atas, Langkah berikutnya adalah kamu pilih "FILTER >> BLUR >> AVERAGE" seperti gambar di bawah ini.


6. Berikutnya adalah kamu merubah "Blending mode" dari "Normal" menjadi "Color" karna memang kita hanya membutuhkan warnanya saja.


7. Setelah melakukan langkah di atas kita akan melihat efek warna dari layer "Warna" sudah terlihat, Namun jika kita melihat lebih teliti lagi ternyata efek dari layer "Warna" mengenai seluruh bagian foto termasuk backgroundnya sedangkan tujuan kita adalah memberi efek hanya ke foreground (modelnya)  nya saja sehingga terlihat kurang menarik.Untuk mengatasinya kita harus melakukan langkah  no 8 dibawah ini.


8. Untuk mengatasinya permasalah di atas kita harus membuat "Masking" yaitu masking hitam, dengan cara pilih tools "Add layer masking" yang berada di bawah layer background yang saya beri tanda lingkar merah, Namun dengan catatan saat kita klik "add layer masking" kita juga harus sambil menekan tombol "Alt" pada keyboard.


9. Langkah berikutnya adalah kita melakukan "Brush" pada bagian foreground (model) dengan cara klik tools Brush dan seting "Set foreground color" menjadikan warna putih berada di atas warna hitam seperti yang saya beri tanda lingkar merah pada gambar di bawah ini.


10. Selanjutnya kita melakukan proses "Brush" dengan memilih bagian foreground (Model) nya saja seperti gambar di bawah ini.


11. Langkah yang terahir adalah mengurangi "Opacity" pada layer "Warna" Agar efek layer tersebut tidak terlalu tajam, Disini saya menggunakan setelan di angka 68%, Namun kamu bebas menentukan setelanya, tergantung selera kamu sendiri, Jika di rasa sudah pas langkah berikutnya kita tinggal meng "SAVE" hasil editing foto kita dan SELESAI.....


Kita bisa melihat perbedaan foto sesudah dan sebelum melakukan proses editing di atas, seperti gambar di bawah ini.



Terlihat berbeda bukan ? sebelum kita edit terlihat warna foreground dan background tidak sesuai, dan setelah di lakukanya proses edit di atas terlihat jika warna foreground dan background menjadi sesuai, dan tentunya terlihat lebih menarik..

Demikian artikel mengenai Tutorial Photoshop Cara  Menyamakan Warna Foreground dan Background Mudah, Semoga bermanfaat bagi pembaca orangbejo.com, Terima kasih :)

Baca juga artikel lainya :

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Tutorial Photoshop Cara Menyamakan Warna Foreground dan Background Mudah"