Tutorial Photoshop Edit Color Toning Untuk Pemula

Tutorial Photoshop Edit Color Toning Untuk Pemula- Photoshop merupakan software editing foto atau gambar yang paling populer, karna dengan software ini kita bisa berkreasi se kreatif mungkin ataupun bereksperimen dengan foto yang kita punya, Berikut saya akan berbagi tutorial tentang edit foto dengan teknik calor toning bagi pemula agar foto lebih menarik, Teknik ini sangat sederhana hanya bermain di color/warna saja dengan memanfaatkan adjusment layer 'Gradient map', jadi sangat mudah untuk di praktekan oleh sobat semua, tanpa berpanjang lebar mari kita mulai meng edit foto, Di sini kebetulan saya memakai photoshop cs 6, Namun sobat bebas menggunakan photoshop versi berapa saja karna memang tidak jauh beda fasilitas yang di ada di dalamnya.

1. Kita buka adobe photoshop , Lalu sobat pilih foto yang akan di edit lalu masukan ke adobe 
photoshop sobat, Disini saya menggunakan foto hasil jepretan saya sendiri yaitu foto Couple batik. Lalu sobat bilih "adjustment layer" seperti gambar di bawah ini.



2.Langkah berikutnya adalah sobat memilih "gradient map".




3. Berikutnya kita memilih jenis gradient map yang kita inginkan, dalam gambar di bawah ini adalah jenis gradient map standart bawaan adobe photoshop cs6, Namun ternyata jika sobat menggunakan adobe photosop cs6 sobat bisa menambah jenis gradient map yang lebih banyak, bagaimana caranya ? langkah yang harus sobat lakukan adalah Klik ikon berbentuk "Gear" seperti yang di tunjukan oleh tanda panah pada gambar di bawah ini.



4. Setelah sobat memilih ikon berbentuk "gear" tersebut akan muncul beberapa pilihan, Pilih saja         " Photographic toning".


5. Berikutnya pilih "OK".



6.Nah, sekarang sobat sudah punya tambahan koleksi gradient map, Di gradient map "photographic toning" ini tersedia banyak pilihan, Tentunya terseserah selera sobat mau pakai yang mana,Karna saya ingin membuat foto dengan efek "VINTAGE" maka saya menggunakan warna kuning gelap yang berpadu dengan warna hitam, agar kesan Vintagenya lebih tajam. 


7.Setelah sobat memilih gradient map yang sobat inginkan, Maka untuk melengkapinya saya kombinasikan Gradient map dengan Layer "Blending mode" disini saya memakai layer blending mode "Overlay".


8. Setelah kita pilih blending mode overlay, kita sudah bisa melihat efek vintage di foto yang kita edit, Berikutnya di sini saya rasa efek vintagenya terlalu tajam, jadi saya mencoba mengurangi "opacity" dan "fill" nya, Di sini saya menggunakan pengaturan opacity sebesar 55% dan fill 86%.


9.Berikutnya saya kombinasikan dengan adjustment layer "Curve" untuk memberi kesan soft pada foto yang kita edit, Cara nya pilih "adjustment layer >> Curve".


10. Selanjutnya kita tinggal mengatur Curve sesuai dengan kemauan sobat. Seperti yang saya lakukan di gambar berikut.


11. Setelah gambar soft kita dapatkan, Selanjutnya saya ingin memberi kesan warna biru pada foto agar tidak terlalu terang/over cahaya, dengan cara berikut. Pilih curve kembali, Kemudian di bagian warna saya pilih "Blue" dan mengaturnya seperti gambar berikut. 


12. Selesai, kita tinggal menyimpan foto hasil edit Color toning sederhana yang telah kita praktekan.

catatan : Didalam photoshop semua individu pasti mempunyai perbedaan selera dalam menentukan pengeditan foto, Sehingga tidak terpaku dengan satu teknik atau teori saja, Sobat bebas berkreasi sesuai dengan kreatifitas sobat, Soo.. jangan pernah merasa puas dengan kemampuan yang sobat miliki sekarang, Berlatih dan terus berlatih, Selamat berkarya :)

Demikian artikel saya tentang Tutorial photoshop edit color toning untuk pemula, Semoga bisa bermanfaat bagi pembaca orangbejo.com, Terima kasih :)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tutorial Photoshop Edit Color Toning Untuk Pemula"

Post a Comment