Tutorial Photoshop Cara Membuat Cahaya Pada Foto Untuk Pemula

Tutorial Photoshop Cara Membuat Cahaya Pada Foto Untuk Pemula- Berikut ini saya akan menjelaskan tutorial tentang cara menambah cahaya pada foto, Pada kesempatan ini saya akan memanfaatkan tools lens flare untuk menambahkan cahaya yang kita inginkan, Lens flare pada photoshop adalah salah satu fasilitas yang ada pada photoshop untuk kita memberi manipulasi cahaya (membuat cahaya tambahan), Biasanya ini banyak di gunakan oleh fotografer untuk mempercantik fotonya, Sebenernya banyak cara untuk menerapkan metode ini, berikut ini akan saya tampilkan cara paling sederhana untuk membuat cahaya menggunakan lens flare agar mudah untuk sobat pahami, Soo.. langsung saja kita eksekusi guys....
1. Kita masukan foto yang akan kita edit ke dalam Photoshop  disini saya menggunakan adobe photoshop CS6. Dengan cara pilih foto yang sobat pilih klik kanan pilih "OPEN WITH>>ADOBE PHOTOSOP".


2.Berikutnya adalah kita harus membuat layer baru, dengan cara pilih "Create a new layer", selanjutnya akan muncul layer baru yang masih tranfaran, Seperti gambar di bawah ini yang saya beri tanda lingkaran merah.


3. Langkah berikutnya adalah sobat pilih "Edit" lalu pilih "Fill" seperti gambar di bawah ini


4. Setelah sobat memilih "Fill" maka akan muncul pengaturan fill seperti gambar di bawah ini, Sobat tinggal mengaturnya mengikuti gambar, conten pilih "Black" pada blending mode pilih "Normal" dan Opacity nya "100%", setelah selesai klik OK.


4. Selanjutnya layer baru yang sobat buat tadi akan menjadi hitam seperti gambar di bawah ini.


5.Berikutnya adalah sobat pilih "Filter>>Render>>Lens flare". 


6. Berikutnya akan mencul pengaturan Lens flare, sobat tinggal menyeting mengikuti gambar di bawah ini, Brightness "100%" dan Lens Type sobat pilih "105mm Prime" Setelah selesai pilih OK.


7. Selesai menyeting lens flare dan pilih OK, Maka akan terlihat cahaya yang akan kita masukan kedalam foto seperti gambar di bawah ini.



8. Selanjut nya kita merubah "Blending mode" nya dari normal menjadi "Screen" seperti gambar di bawah ini.



9. Setelah sobat merubah blending mode nya menjadi screen, Maka cahaya sudah terlihat di dalam foto yang kita edit, Namun masih terlihat over dan belum tepat penempatanya


10. Langkah berikutnya  sebelum memindahkan cahaya, yang perlu sobat perhatikan adalah "Move tools" harus dalam keadaan  aktif seperti yang saya beri tanda lingkar merah, Selanjutnya klik bagian cahaya dan men-drag kemana sobat ingin letakan cahaya tersebut, Saya akan menempatkan cahaya pada lampu taman yang berada di sebelah kanan objek. Seperti gambar di bawah ini.


11. Berikut nya sobat tinggal mengatur opacity Layer Lens flare, Sesuai dengan selera sobat semua, di sini saya merubah opacity nya menjadi "95%" agar cahaya tidak OVER.


12. Berikut ini contoh hasil ahirnya, Jika di foto yang saya edit bertema "Couple batik" lebih menarik bukan dengan lampu taman yang seolah hidup setelah saya melakukan semua proses di atas, Selanjutnya sobat tinggal menyimpan hasil editing dan SELESAI....


Catatan : Didalam photoshop semua individu pasti mempunyai perbedaan selera dalam menentukan pengeditan foto, Sehingga tidak terpaku dengan satu teknik atau teori saja, Sobat bebas berkreasi sesuai dengan kreatifitas sobat, Soo.. jangan pernah merasa puas dengan kemampuan yang sobat miliki sekarang, Berlatih dan terus berlatih, Selamat berkarya :) 

Demikianlah artikel saya mengenai Tutorial photoshop cara membuat cahaya pada foto untuk pemula , Semoga bermanfaat bagi pembaca orangbejo.com, Terima kasih :)

Baca juga artikel menarik lainya :





Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Tutorial Photoshop Cara Membuat Cahaya Pada Foto Untuk Pemula"

  1. Tips yang sangat bermanfaat sekali. Thanks admin.

    ReplyDelete
  2. Terima kasih kembali mba, selamat berkarya :)

    ReplyDelete