Tutorial Photoshop Bahasa Indonesia Cara Memutihkan Kulit Terbaru

Selamat datang di orangbejo.com, Berikut ini saya akan membuat artikel tentang Tutorial photoshop bahasa indonesia cara memutihkan kulit terbaru yang mana di dalamnya saya akan membahas secara rinci step bye step cara memutihkan kulit dengan photoshop. Sebelumnya saya telah membuat artikel tentang Cara Memutihkan Wajah Dengan Adobe Lighroom mudah yang intinya hampir sama yaitu memutihkan kulit namun pada artikel pertama saya yang membedaakan adalah saya menggunakan adobe lighroom cs 5.


Pada artikel saya kali ini saya akan jelaskan cara memutihkan kulit pada foto menggunakan phostohop namun dengan tidak menghilangkan detail-detail pada kulit seperti pori-pori kulit rambut galus dan lain sebagainya.  Nah... langsung saja tanpa harus berbasa basi hehe, berikut langkah-langkahnya :

1. Kita memilih foto yang  akan kita edit, Selanjutnya masukan foto tersebut ke dalah photoshop, Disini saya menggunakan adobe photoshop Cs 6, namun sobat bisa memakai adobe photoshop versi berapa saja karna tidak akan mempengaruhi hasil. Berikutnya kita harus perlu duplicate layer agar menjadi 2, caranya klik layer "Background" lalu kita klik "CTRL + J"

Tutorial photoshop bahasa indonesia cara memutihkan kulit terbaru

2. Setelah layer background menjadi dua, Langkah berikutnya adalah sobat merubah nama layer "Background copy" disini saya rubah menjadi "PUTIH KULIT" dengan cara klik 2x layer background copy tepat pada tulisan namanya, Lalu setelah itu sobat tinggal merubah nama baru menjadi layer putih kulit.

Tutorial photoshop bahasa indonesia cara memutihkan kulit terbaru

3. Langkah berikutnya adalah merubah layer "PUTIH KULIT" menjadi hitam putih dengan cara pilih "IMAGE >> ADJUSTMENTS>>DESATURATE

Tutorial photoshop bahasa indonesia cara memutihkan kulit terbaru

4.Berikutnya masih pada layer putih kulit sobat harus merubah "Blending mode" dari normal menjadi screen.

Tutorial photoshop bahasa indonesia cara memutihkan kulit terbaru
5. Merubah blending mode dari normal menjadi screen denga cara Klik blending mode lalu pilih "SCREEN" Seperti gambar di bawah ini.


6. Dengan sobat memilih blending mode menjadi "SCREEN" maka efek putih kulitnya sudah terlihat jelas, Namun jika kita lihat secara detail disini terjadi masalah yaitu  "Highlight"  yang terlalu over.

Tutorial photoshop bahasa indonesia cara memutihkan kulit terbaru

7.Untuk mengatasi Highlight over tersebut sobat harus melakukan langkah berikut, pilih "IMAGE>>ADJUSTMENTS>>SHADOWS/HIGHLIGHTS"


8. Berikutnya adalah sobat harus mengatus shadows dan highlights nya, disini saya memakai pengaturan shadows sebesar 22% dan highlights sebesar 29%. Namun sobat jangan terpaku dengan setelan yang saya pakai, karna sobat harus menyesuaikan dengan foto yang sobat edit. Jika dikira sudah pas berikutnya pilih "OK"


9. Karna tujuan kita hanya memutihkan pada bagian foto, maka kita perlu melakukan "MASKING" dengan cara kita memilih tombol "ADD MASK"  (yang saya beritanda lingkar merah)  sambil menekan tombol "ALT" pada keyboard maka yang akan mucul yaitu masking berwarna Hitam.


10.Berikutnya kita akan melakukan brush dengan cara pilih tools brush, Sebelum sobat melakukan brush sobat ubah dulu "Set forground color" (yang di tandai tanda panah bawah) menjadikan warna putih di letakan pada bagian atas sedangkan hitam di bagian bawah seperti gambar di bawah ini. Setelah itu sobat tinggal melakukan brush dengan memilih area kulit pada foto yang sobat edit.


11. Setelah selesai kita melakukan brush pada bagian kulit makan kita harus melakukan "Brush out" pada bagian mata, bibir dan alis agar tidak terkena efek putih, Sebelum melakukan brush out kita harus berubah "Set forground color" menjadikan warna hitam di atas sedangkan putih dibawah, Kebalikan dari brush pertama.


12. Berikutnya kita melakukan Brush out pada bagian yang sobat kehendaki, seperti alis, bibir, mata dll, Penting : Sebelum melakukan brush out kita harus merubah opacity pada tools brus kita, seperti gambar di bawah ini yang saya tandai dengan lingkar merah, Ini bertujuan agar brush out yang kita lakukan akan terlihat lebih rapi, untuk angkanya sobat sesuaikan dengan foto yang sobat edit disini saya menggunakan Opacity 55 % sedangkan Fill nya saya berada di angka 53 %.

Tutorial photoshop bahasa indonesia cara memutihkan kulit terbaru


13. Jika di rasa efek putih terlalu tajam, kita bisa menguranginya dengan cara  menyetel opacity dengan mengurangi angkanya.


14. Disini saya menyetel angka opacity menjadi 70 %  untuk mengurangi efek putih yang berlebihan.


15. Berikut kita lihat perbedaanya sebelum dan setelah kita melakukan editing. 

Tutorial photoshop bahasa indonesia cara memutihkan kulit terbaru

16. Langkah terahir adalah sobat tinggal menyimpan hasil editing sobat, SELESAI.....

Catatan : Didalam photoshop semua individu pasti mempunyai perbedaan selera dalam menentukan pengeditan foto, Sehingga tidak terpaku dengan satu teknik atau teori saja, Sobat bebas berkreasi sesuai dengan kreatifitas sobat, Soo.. jangan pernah merasa puas dengan kemampuan yang sobat miliki sekarang, Berlatih dan terus berlatih, Selamat berkarya :) 

Demikianlah artikel saya mengenai Tutorial photoshop bahasa indonesia cara memutihkan kulit terbaru, Semoga bermanfaat bagi pembaca orangbejo.com, Terima kasih :)






Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tutorial Photoshop Bahasa Indonesia Cara Memutihkan Kulit Terbaru"

Post a Comment