Pengertian Server dan Client Beserta Fungsinya

Pengertian Server

Pengertian Server dan Client Beserta fungsinya- Server merupakan sebuah sistem komputer yang menyediakan jenis layanan tertentu dalam sebuah jaringan komputer. Server biasanya  didukung dengan prosesor yang bersifat scalable dan RAM yang besar ,dan juga dilengkapi dengan sistem operasi khusus, yang disebut sebagai sistem operasi jaringan. Komputer server juga menjalankan perangkat lunak administratif yang mengontrol akses terhadap jaringan dan sumber daya yang terdapat di dalamnya.

  Gambar : Ilustrasi Network  Sumber: support.quest3d.com


Contoh sederhananya Dalam sebuah jaringan contohnya LAN pasti ada satu komputer yang bertindak sebagai server, Komputer server akan mengontrol beberapa komputer client yang memberi efiensi waktu, Kenapa bisa seperti itu ? contoh kecilnya saat melakukan print jadi di dalam jaringan tersebut tidak harus semua perangkat pc yang di dalam jaringan tersebut di lengkapi alat print, komputer serverlah yang hanya di lengkapi alat print namun semua komputer client bisa melakuakan aktivitas print dengan izin kontrol komputer server, Begitulah kira-kira contoh sederhanya.Fungsi komputer server sangatlah banyak sangat, di antaranya untuk situs web, ilmu pengetahuan, atau sekadar penyimpanan data.

Baca juga artikel lainya : Pengertian internet dan sejarah internet lengkap

Komputer server biasanya menggunakan sistem operasi kususyaituWindows NT 3.51, dan dilanjutkan dengan Windows NT 4.0. Saat ini sistem yang cukup populer adalah Windows 2000 Server dan Windows Server 2003, kemudian Sun Solaris, Unix, dan GNU/Linux. Kegunaan peladen sangat banyak, misalnya untuk situs web, ilmu pengetahuan, atau sekadar penyimpanan data.

  • Pengertian Client


Setelah kita tahu tentang penjelas komputer server maka tidak lengkap rasanya jika kita tidak membahas tentang komputer client, Komputer cliet adalah komputer yang biasa masuk kedalam sebuah jaringan atau network kita miasalkan jaringan LAN, Jadi komputer client ini bisa menggunakan segala fasilitas ataupun sumber daya yang ada di dalam network tersebut.
Komputer client biasanya tidak memerluka spesifikasi wah layaknya komputer server, Dalam sebuah jaringan atau network biasanya terdiri dari bebrapa komputer client dan hanya memiliki satu komputer server.

Demikian artikel tantang Pengertian Server dan Client Beserta Fungsinya , Semoga bermabfaat bagi semua pembaca orangbejo.com. Terima Kasih :)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Server dan Client Beserta Fungsinya "

Post a Comment