Pengertian Pancasila Menurut Para Ahli dan Pengertian Pancasila Secara Umum Lengkap


Pengertian Pancasila Menurut Para Ahli  dan Pengertian Pancasila Secara Umum Lengkap- Di negara Indonesia Pancasila menjadi dasar negara sering disebut dasar falsafah negara (dasar filsafat negara) dan ideologi negara (staatsidee). Pancasila dipergunakan sebagai dasar mengatur pemerintahan negara. Dengandemikian secara otomatis, Pancasila digunakan sebagai dasar untuk mengatur penyelenggaraan negara yang bertujuan untuk menggapai cita-cita bangsa indonesia.

 Pengertian Pancasila Menurut Para Ahli  dan Pengertian Pancasila Secara Umum Lengkap

Pengertian pancasila dilihat dari kacamata umum

Pengertian Pancasila di lihat dari  asal usulnya, Pancasila berasal dari bahasa "Sanskerta" yang mengandung dua suku kata, yaitu "Panca" kata kedua "syila". Panca sendiri memiliki arti lima dan syila dengan huruf yang dibaca pendek mempunyai arti satu sendi, dasar, alat, atau asas. Sedangkan syila dengan pengucapan i panjang "syi:la" berarti peraturan tingkah laku yang baik, utama atau yang penting. Dengan demikian Pancasila dapat diartikan berlaku sendi, lima. Atau lima tingkah laku utama, atau pelaksanaan lima kesusilaan atau yang biasa di sebut "Panca syila krama".

Baca juga artikel lainya : 13 Pengertian HAM Menurut Para Ahli Luar Negri dan Indonesia Lengkap

Pengertian pancasila menurut beberapa para ahli 

1. Pancasila adalah isi jiwa bangsa Indonesia secara turun-temurun yang sekian abad Iamanya terpendam bisu oleh kebudayaan Barat. Dengan demikian, Pancasila tidak saja falsafah negara, tetapi Iebih tuas lagi, yakni falsafah bangsa Indonesia. ( Ir. Soekarno )

2. Pancasila adalah dasar falsafah negara Indonesia, sehingga dapat diartikan kesimpulan bahwa Pancasila merupakan dasar fasafah dan ideologi negara yang diharapkan menjadi pandangan hidup bangsa Indonesia, sebagai dasar pemersatu, lambang persatuan dan kesatuan, serta bagian pertahanan bangsa dan negara. (Notonegoro )

3. Pancasila berasal dan kata panca yang berarti lima dan sila yang berarti sendi, asas, dasar, atau peratu ran tingkah laku yang penting dan baik. Dengan démikian, Pancasila merupakan lima dasar yang berisi pedoman atau aturan tentang tingkah laku yang penting dan baik. (Muhammad Yamin )


Fungsi pancasila adalah sebagai berikut ini 

1.Pancasila sebagai geistlichenhinterground dari UUD atau Suasana kebatinan
2.Pancasila merupakan cita-cita hukum bagi hukum dasar suatu Negara.
3.Pancasila adalah sumber hukum Indonesia. Demikian Pancasila merupakan asas kerohanian tertib hukum di Indonesia.
4.Sumber semangat bagu Undang-Undang 1945, pelaksanaan pemerintahan, penyelenggara Negara.
5.Pancasila adalah Norma yang wajib mengharuskan UUD mengandung isi yang diwajibkan pemerintah dan lainnya Sebagai penyelenggara Negara telah memegang teguh cita-cita moral rakyat yang luhur.

Demikian artikel mengenai Pengertian Pancasila Menurut Para Ahli  dan Pengertian Pancasila Secara Umum Lengkap, Semoga bermanfaat bagi pembaca orangbejo.com, Terima kasih :)


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Pengertian Pancasila Menurut Para Ahli dan Pengertian Pancasila Secara Umum Lengkap"

Post a Comment