Pengertian LAN (Local Area Network) Pada Komputer Lengkap


Pengertian LAN (Local Area Network)

Pengertian LAN (Local Area Network) Pada Komputer Lengkap- Komputer merupakan alat elektronik yang sangat penting di jaman modern ini, Terlebih jika kita tinggal di kota, Komputer telah menjadi hal yang sangat penting, Hal tersebut mengingat di jaman modern ini semua pekerjaan bisa di lakukan oleh komputer, Sebagai alat untuk mempermudah mengerjakan sesuatu, Didalam komputer tentunya tidak hanya terdiri dari beberapa komponen dasar saja seperti monitor, cpu, keyboard dll, Di dalam komputer juga terdapat banyak sekali komponen, ataupun program yang memang di ciptakan untuk mempermudah alat ini, Sebuat saja salah satunya adalah jaringan, Jaringan di dalam komputer di artikan identik dengan makna penghubung, Di dalam komputer terdapat beberapa jenis jaringan, Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang salah satu jaringan komputer yang di berinama LAN atan yang merupakan kependekan dari Local Area Network, Apakah yang di maksud dengan LAN tersebut, Berikut penjelansanya ;


Local Area Network atau LAN, merupakan suatu Jenis Jaringan Komputer dengan mencakup wilayah lokal. Dengan menggunakan berbagai perangkat jaringan yang cukup sederhana dan populer, seperti menggunakan kabel UTP (Unshielded Twisted-Pair), Hub, Switch, Router, dan lain sebagainya.Contoh dari jaringan LAN seperti komputer-komputer yang saling terhubung di sekolah, di perusahaan, Warnet, maupun antar rumah tetangga yang masih mencakup wilayah LAN.

Baca juga artikel lain : Pengertian Informasi menurut ahli

Keuntungan dari penggunaan Jenis Jaringan Komputer LAN seperti lebih irit dalam pengeluaran biaya operasional, lebih irit dalam penggunaan kabel, transfer data antar node dan komputer labih cepat karena mencakup wilayah yang sempit atau lokal, dan tidak memerlukan operator telekomunikasi untuk membuat sebuah jaringan LAN.
Kerugian dari penggunaan Jenis Jaringan LAN adalah cakupan wilayah jaringan lebih sempit sehingga untuk berkomunikasi ke luar jaringan menjadi lebih sulit dan area cakupan transfer data tidak begitu luas.


Seperti halnya saluran pelanggan telepon yang dipakai di daerah pedesaan, jaringan LAN sering menggunakan teknologi transmisi kabel tunggal. Jaringan LAN tradisional beroperasi pada kecepatan mulai 10 sampai 100 Mbps dengan delay rendah (puluhan mikrosekon) dan mempunyai faktor kesalahan yang kecil. Jaringan LAN modern dapat beroperasi pada kecepatan yang lebih tinggi, sampai ratusan megabit per detik.

Demikian Artikel tentang Pengertian LAN (Local Area Network) Pada Komputer Lengkap, Semoga bermanfaat  bagi pembaca orangbejo.com, Terima Kasih :)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian LAN (Local Area Network) Pada Komputer Lengkap"

Post a Comment