Pengertian Konstitusi Menurut Para Ahli Beserta Tujuan dan Contohnya

Pengertian Konstitusi Menurut Para Ahli Beserta Tujuan dan Contohnya- Konstitusi ? apa itu konstitusi , dan juga apa fungsinya bagi sebuah negara ?. Sebagai warga negara kita harus mengetahui secara rinci tentang apa itu konstitusi, agar kita bisa mengawasi penyelenggara negara dalam menjalankan tugasnya, apakah sudah sejalan dengan konstitusi atau malah berlawanan arah. Berikut orangbejo.com, telah merangkum apa saja pengertian dan fungsi dari konstitusi.

Pengertian Konstitusi Menurut Para Ahli Beserta Tujuan dan Contohnya


Secara umum Konstitusi atau Undang-undang Dasar (bahasa Latin: constitutio) dalam negara adalah sebuah norma sistem politik dan hukum bentukan pada pemerintahan negara—biasanya dikodifikasikan sebagai dokumen tertulis. Hukum ini tidak mengatur hal-hal yang terperinci, melainkan hanya menjabarkan prinsip-prinsip yang menjadi dasar bagi peraturan-peraturan lainnya. Dengan adanya konstitusi di harapkan dapat menjadi pedoman bagi penyelenggara negara dalam mewujudkan negara yang kuat, adil dan makmur.


Pengertian konstitusi menurut para ahli, diantarnya sebagai berikut :

  • Konstitusi adalah keseluruhan sistem ketatanegaraaan suatu negara yang berupa kumpulan peraturan yang membentuk mengatur /memerintah dalam pemerintahan suatu negara.(K. C. Wheare)
  • Konstitusi mempunyai arti luas daripada UUD. Konstitusi tidak hanya bersifat yuridis tetapi juga sosiologis dan politis.(Herman heller)
  • Konstitusi adalah hubungan antara kekuasaaan yang terdapat di dalam masyarakat seperti golongan yang mempunyai kedudukan nyata di dalam masyarakat misalnya kepala negara angkatan perang, partai politik, dsb.(Lasalle)
  • Konstitusi memuat baik peraturan tertulis maupun peraturan tak tertulis.(L.J Van Apeldoorn)
  • Istilah konstitusi berasal dari bahasa latin cisme yang berarti bersama dengan dan statute yang berarti membuat sesuatu agar berdiri. Jadi konstitusi berarti menetapkan secara bersama.(Koernimanto Soetopawiro) Refrensi : wikipedia


Berikut tujuan dari konstitusi secara umum dibagi menjadi 3, apa saja itu ? Berikut penjelasnya :
  • Konstitusi bisa membatasi kekuasaan penguasa agar tidak bertindak sewenang – wenang, Maksud nya adalah konstitusi membatasi kekuasaan dari para penguasa, dengan tujuan ahir adalah agar pemerintahan (politik) bisa berjalan bersih dan sehat untuk mencapai negara yang adil dan beradap.
  • Melindungi HAM maksudnya setiap penguasa berhak menghormati HAM orang lain dan hak memperoleh perlindungan hukum dalam hal melaksanakan haknya.
  • Konstitusi menjadi Pedoman penyelenggaraan negara artinya konstitusi berperan sebagai pedoman negara untuk menuju negara yang kuat, adil dan makmur.
Ada berapa macamkah konstitusi ?

Setelah kita mengetahui apa itu konstitusi dan tujuanya, Selanjutnya kita perlu tahu ada berapa macam (jenis) konstitusi itu sendiri, Berikut orangbejo.com menjabarkan macam (jenis) konstitusi secara teoritis.

Secara teoritis konstitusi dibedakan menjadi dua, yaitu :
  • Konstitusi politik adalah berisi tentang norma- norma dalam penyelenggaraan negara, hubungan antar lembaga negara, hubungan rakyat dengan pemerintah, demikianpun sebaliknya.
  • Konstitusi sosial Maksudnya adalah  konstitusi yang mengandung cita – cita sosial bangsa, rumusan filosofis negara, sistem sosial, sistem ekonomi, dan sistem politik yang ingin dikembangkan bangsa itu untuk mencapai tujuan suatu bangsa.
Demikian artikel mengenai Pengertian Konstitusi Menurut Para Ahli Beserta Tujuan dan Contohnya, Semoga bermanfaat bagi pembaca orangbejo.com. Terima kasih :)

Baca juga artikel menarik lainya :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Konstitusi Menurut Para Ahli Beserta Tujuan dan Contohnya"

Post a Comment