Pengertian Jaringan MAN (metropolitan area network) Lengkap

Pengertian Jaringan MAN (metropolitan area network) Lengkap- Selamat datang kembali di orangbejo.com, Beberapa waktu lalu saya sudah membahas tentang pengertian dan penjelasan mengenai jaringan Lan dan Wan, pada kesempatan kali ini saya akan membahas jenis jaringan yang tidak kalah populer dengan dengan kedua contoh jaringan di atas yaitu jaringan MAN, tentunya sobat sudah pernah mendengar bukan mengenai jaringan yang satu ini, Tanpa berlama-lama berikut penjelasan lengkapnya :

Pengertian jaringan man
Gambar Ilustrasi jaringan MAN 

Pengertian MAN (metro area network) 


Jaringan wilayah metropolitan atau MAN (Metropolitan area network atau disingkat)  adalah suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi, Jaringan ini sangat Fleksible karna dapat menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan, dan sebagainya. Jaringan MAN sendiri  adalah gabungan dari beberapa jaringan  LAN. Jaukauan dari jaringan ini pun sangat mengagumkan yaitu  antar 10 hingga 50 km, MAN ini merupakan jaringan yang tepat untuk membangun jaringan antar kantor-kantor dalam satu kota antara pabrik/instansi dan kantor pusat yang berada dalam jangkauannya.

Jaringan MAN biasanya menggunakan  Asynchronous Transfer Mode (ATM), FDDI, dan SMDS. Teknologi ini sekarang dalam proses digantikan oleh Teknologi Ethernet berbasis koneksi (misalnya, Metro Ethernet) di kebanyakan daerah. MAN menghubungkan antara jaringan area lokal yang telah dibangun tanpa kabel baik menggunakan microwave, radio, atau laser link infra-merah.


Keuntungan Dan Kerugian menggunakan jaringan MAN (metro area network)


Setiap jenis jaringan pasti memiliki kelebihan dan kekurangan demikian juga dengan jaringan sekelas MAN, Dari banyak kelebihanya ternyata jaringan ini memiliki beberapa kekurangan, Berikut penjabaranya tentang kelebihan dan kekurangan jaringan MAN.


Kelebihan jaringan Man diantaranya  :

  • Jaringan yang relatif luas sehingga memudahkan dalam berkomunikasi serta sangat efisien
  • Dapat menunjang bisnis ataupun relasi antar kantor, instansi atau organisasi


Kekurangan jaringan Man diantaranya :

  • Biaya operasional yang relatif sangat besar
  • Biaya perawatanyapun terbilanga sangat mahal
  • Sering menjadi sasaran Cracker untuk mendapatkan keuntungan pribadi
Demikian artikel mengenai Pengertian Jaringan MAN (metropolitan area network) Lengkap, Semoga bermanfaat bagi pembaca orangbejo.com, Terima Kasih :)

Baca juga artikel lainya :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Jaringan MAN (metropolitan area network) Lengkap"

Post a Comment