Pengertian Inflasi, Jenis dan Penyebabnya Menurut Para Ahli Lengkap

Pengertian Inflasi, Jenis dan Penyebabnya Menurut Para Ahli  lengkap- Ahir-ahir ini tentu kita sering mendengar kata inflasi, sebut aja di beri televisi, radio bahkan di surat kabar, Bagai yang belum paham tentunya bertanya-tanya, apasih sebenernya inflasi itu ? apa sebabnya sapai terjadi inflansi ? Berikut orangbejo.com akan membahas tentang inflasi secara lengkap.

pengertian inflasi
Gambar Ilustrasi Inflasi

Pengertian inflasi

Inflasi adalah kodisi dimana Kenaikan harga barang yang bersifat umum yang bersifat sementara atau berlangsung terus-menerus. Keadaan yang bisa di sebut inflasi adalah diamana  kenaikan harga tersebut berlangsung dalam waktu yang lama dan terjadi hampir pada seluruh barang dan jasa. jika, kenaikan harga pada satu atau dua jenis barang maka kondisi itu tidak termasuk pada inflasi.

Pengertian Inflasi di lihat dari kacamata para ahli :

  1. Inflasi adalah peningkatan jumlah mata uang yang beredar yang menghasilkan penurunan nilai mata uang dan harga meningkat tajam dan tiba-tiba.(Kamus Lengkap Webster's New Universal )
  2. Menurut Investopedia inflasi adalah rasio kenaikan tingkat harga umum barang dan jasa dan kemudian daya beli menurun.( Investopedia )
  3. Inflasi adalah kenaikan umum dalam harga semua barang dan jasa dalam suatu perekonomian yang biasanya diukur dengan indeks harga konsumen (Consumer Price Index) dan Indeks Harga Produsen (Investoword )
  4. Mengatakan bahwa Inflasi harga umum meningkat secara progresif; (Ketika inflasi terjadi, semua lebih berharga kecuali uang).(Wordnet 1,6 Universitas Princeton)

Penyebab terjadinya inflasi :

Dalam semua keadaaan pasti ada sebab dan akibat begitupun dengan inflasi, Secara umum sebab inflasi di bagi menjadi dua yaitu :
  1. Demand pull inflation (Inflasi permintaan) halini terjadi terjadi karna permintaan total yang over (berlebihan) semua itu di picu karan membanjirnya likuiditas di dalam pasar yang mengakibatkan permintaan yang tinggi dan memicu tingkat harga.
  2. Cost push inflation (Inflasi karna Inflasi desakan biaya) Inflasi in terjadi karna adanya kelangkaan produksi serta kelangkaan distribusi, Walaupun permintaan berjalan sebagai mestinya, atau tidak ada peningkatan yang signifikan, Namun karna adanya kemacetan distribusi atau produksiyang mengakibatkan tidak sesuai dengan rata-rat permintaan normal, maka hal ini akan memicu menaiknya harga produk dan akan terjadinya inflasi.

Penggolongan Inflasi berdasarkan tinggkat keparahanya :

1.Inflasi ringan (kurang dari 10% / tahun) - Inflasi dikatan ringan ringan jika  kenaikan harga yang terjadi hanya di angka 10% dan tidak lebih dari pada angka tersebut..

2.Inflasi sedang (antara 10% sampai 30% / tahun) - Inflasi dikatan sedang  jika  kenaikan harga yang terjadi hanya  10%  samapi 30% dan tidak lebih dari pada angka tersebut

3.Inflasi berat (antara 30% sampai 100% / tahun) - Inflasi dikatan berat ringan jika  kenaikan harga yang terjadi berada di angka 30 sampai 100%.

4.Hiperinflasi (lebih dari 100% / tahun) yang terahir adalah inflasi Hiperinflasi, Bisa di katakan Hiperinflasi jika inflasi demikian hebatnya sehingga setiap saat harga-harga terus berubah dan meningkat sehingga orang tidak dapat menahan uang lebih lama disebabkan nilai uang terus merosot

Jadi, dari penjabaran di atas dapat kita simpulkan bahwa inflasi adalah   kenaikan  harga semua barang dan jasa dalam suatu perekonomian yang merugikan masyarakat kecil pada umumnya, Dan  jenis infalasi dapat di ukur daru beberapa faktor  di antaranya faktor tingkat keparanhanya dan faktor penyebab.

Demikian artikel mengenai Pengertian Inflasi, Jenis dan Penyebabnya Menurut Para Ahli  lengkap, Semoga bermnfaat bagi pembaca orangbejo.com, Terima kasih :)

Baca juga artikel lainya :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Inflasi, Jenis dan Penyebabnya Menurut Para Ahli Lengkap"

Post a Comment