Pengertian dan Jenis-jenis Najis Dalam Islam Beserta Cara Menbersihkanya Lengkap

Pengertian dan Jenis-jeni Najis Dalam Islam Beserta Cara Menbersihkanya Lengkap- Sebagai umat islam kita pasti sering mendengar istilah Najis, bahkan mungkin saat di bangku sekolah kita sering mempelajari mengenai najis, pengertian najis, jenis-jenis najis, bagai mana cara membersihkanya, semua nya telah kita pelajari di bangku sekolah dulu, Berikut orangbejo.com akan mengulangnya kembali untuk sekedar mengulas dan memngingatkan. mengenai pengertian dan jenis-jenis najis.

Gambar air salah satu media membersihkan najis

Pengertian Najis dan jenis-jenisnya, berikut penjelasanya :


Najis "Najasah" jika kita melihat menurut bahasa artinya adalah kotoran.atau sesuatu yang kotor atau dianggap kotor oleh syara’, sehingga menyebabkan tidak syahnya ibadah.


Jenis-jenis najis itu dapat dibagi menjadi tiga diantaranya :

1. Najis Mughollazoh
Najis ini tergolong  Najis yang berat. Yakni najis yang timbul akibat Najis anjing dan najis babi. Dalil najisnya babi adalah firman Allah SWT [artinya] : “Katakanlah: “Tiadalah aku peroleh dalam wahyu yang diwahyukan kepadaku, sesuatu yang diharamkan bagi orang yang hendak memakannya, kecuali kalau makanan itu bangkai, atau darah yang mengalir atau daging babi karena sesungguhnya semua itu kotor (rijsun,” (QS Al-An’aam [6] : 145) 
.
Cara mensucikannya adalah dengan cara harus terlebih dahulu dihilangkan wujud benda Najis tersebut. Kemudian baru dicuci bersih dengan air sampai 7 kali dan permulaan atau penghabisannya diantara pencucian itu wajib dicuci dengan air yang bercampur dengan Tanah (disamak). 

2. Najis Mukhofafah
Najis ini tergolong najis yang ringan, seperti air kencing Anak Laki-laki yang usianya kurang dari dua tahun dan belum makan apa-apa, selain air Susu Ibunya.
Cara mensucikanya, dapat dilakukan cukup dengan memercikkan air bersih pada benda yang terkena Najis tersebut sampai bersih betul. 

3. Najis Mutawassithah 
Najis ini tergolong najis yang sedang, yaitu kotoran Manusia atau Hewan, seperti Air kencing, Nanah, Darah, Bangkai, minuman keras ; arak, anggur, tuak dan sebagainya (selain dari bangkai Ikan, Belalang, dan Mayat Manusia). Dan selain dari Najis yang lain selain yang tersebut dalam Najis ringan dan berat.

Najis Mutawassithah terbagi Dua :

  • Najis ‘Ainiah, yaitu Najis yang bendanya berwujud.

Cara mensucikannya. Pertama menghilangkan zat  (benda) nya terlebih dahulu. Sehingga hilang rasanya. Hilang baunya. Dan Hilang warnanya. Kemudian baru menyiramnya dengan Air sampai bersih betul.

  •  Najis Hukmiah, yaitu Najis yang bendanya tidak berwujud : seperti bekas kencing. Bekas Arak yang sudah kering.

Cara mensucikannya ialah. Cukup dengan mengalir kan Air pada bekas Najis tersebut.

Bagaimana sobat, sudah lebih mengerti dan lebih paham bukan tentang pengertian dan jenis-jenis najis, Demikian artikel Pengertian dan Jenis-jenis Najis Dalam Islam Beserta Cara Menbersihkanya Lengkap, Semoga bermanfaat bagi pembaca orangbejo.com, Terima kasih :)

Baca juga artikel menarik lainya :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian dan Jenis-jenis Najis Dalam Islam Beserta Cara Menbersihkanya Lengkap"

Post a Comment