Pengertian dan Contoh Rekayasa Perangkat Lunak Menurut Para Ahli Lengkap

Pengertian dan Contoh Rekayasa Perangkat Lunak Menurut Para Ahli Lengkap- Mungkin belum banyak yang mengetahui rekayasa perangkat lunak secara spesifik, Bagi orang yang berkecimpung di dunia IT tentu sudah biasa mendengar nama tersebut, Namun bagaimana dengan orang awan. Tentunya masih sangat asing dengan istilah Rekayasa Perangkat Lunak (RPL), Berikut orangbejo.com memberikan informasi mengenai Rekaya perangkat lunak secara spesifik.

Rekayasa perangkat lunak  atau yang biasa di sebut RPL, dalam bahasa Inggris: "Software Engineering atau SE" di definisikan sebagai satu bidang profesi yang mendalami cara-cara pengembangan perangkat lunak termasuk pembuatan, pemeliharaan, manajemen organisasi pengembanganan perangkat lunak dan manajemen kualitas.
Pengertian dan contoh rekayasa perangkat lunak menurut para ahli lenkap

Berikut pengertian lain tentang RPL menurut IEEE Computer Society mendefinisikan rekayasa perangkat lunak sebagai penerapan suatu pendekatan yang sistematis, disiplin dan terkuantifikasi atas pengembangan, penggunaan dan pemeliharaan perangkat lunak, serta studi atas pendekatan-pendekatan ini, yaitu penerapan pendekatan engineering atas perangkat lunak. Refrensi : wikipedia

Berikut adalah kriteria yang dapat digunakan sebagai acuan dalam merekayasa perangkat lunak:
  • Maintainability adalah dapat terus dirawat dan dipelihara  
  • Dependability berati dapat mengikuti perkembangan teknologi terbaru dan selalu update
  • Robust diartikan dapat mengikuti keinginan pengguna (Sesuain request)
  • Efektif dan efisien dalam menggunakan energi dan penggunaannya
  • Usability yang berati dapat memenuhi kebutuhan yang diinginkan oleh pengguna.

Rekayasa perangkat lunak tentunya mempunyai runag lingkup, Berikut ruang lingkup nya :
  1. Software configuration management yang berarti berhubungan dengan usaha perubahan konfigurasi perangkat lunak untuk memenuhi kebutuhan tertentu.
  2. Software Requirements berhubungan dengan spesifikasi kebutuhan dan persyaratan perangkat lunak.
  3. Software construction berhubungan dengan detail pengembangan perangkat lunak, termasuk. algoritma, pengkodean, pengujian dan pencarian kesalahan.
  4. Software testing meliputi pengujian pada keseluruhan perilaku perangkat lunak.
  5. Software desain mencakup proses penampilan arsitektur, komponen, antar muka, dan karakteristik lain dari perangkat lunak.
  6. Software maintenance mencakup upaya-upaya perawatan ketika perangkat lunak telah dioperasikan.
  7. Software engineering tools and methods mencakup kajian teoritis tentang alat bantu dan metode RPL.
  8. Software engineering management berkaitan dengan pengelolaan dan pengukuran RPL, termasuk perencanaan proyek perangkat lunak.
Model Konvensional Proses Perangkat Lunak,dibedakan menjadi 4, Urainya sebagai berikut :
  • Model aliran kerja (workflow) : Pada model ini menunjukkan kegiatan pada proses bersama dengan input, output dan ketergantungannya. Merepresentasikan pekerjaan manusia.
  • Model aliran data (data flow) : Berbeda dengan workflow, dataflow berati merepresentasikan proses sebagai suatu set kegiatan yang melakukan transformasi data. Menunjukkan bagaimana input ke proses, misalnya spesifikasi ditransformasi menjadi output, misalnya menjadi desain.
  • Model peran/aksi : Merepresentasikan peran orang yang terlibat pada perangkat lunak dan kegiatan yang menjadi tanggungjawab mereka.
  • Model air terjun (waterfall) : Pada mode ini adalah kegiatan dasar seperti spesifikasi, pengembangan, validasi dan evolusi dan merepresentasikannya sebagai fase-fase proses yang berbeda seperti spesifikasi persyaratan, perancangan perangkat lunak, implementasi, pengujian dan seterusnya.

Demikian artikel mengenai Pengertian dan contoh rekayasa perangkat lunak menurut para ahli lengkap, Semoga bermanfaat bagi pembaca orangbejo.com, Terima kasih :)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian dan Contoh Rekayasa Perangkat Lunak Menurut Para Ahli Lengkap"

Post a Comment