Pengertian Beserta Kelebihan dan Kekurangan Metode Waterfall Menurut Para Ahli

Pengertian Beserta Kelebihan dan Kekurangan Metode Waterfall Menurut Para Ahli- Jika kita mendengar tentang System Development Life Cycle (SDLC), maka tidak lepas dengan istilah waterfall, karna keduanya sangat sering di gunakan untuk proses pengembangan sistem, yang biasanya di lakukan oleh perusahaan-perusahaan untuk membuat/meng upgrade sistem menjadi lebih baik.

SDLC sendiri adalah satu metode pengembangan sistem informasi yang sering digunakan Berbagai macam perusahaan sebagai metode pengembangan sistem informasi. SDLC ahir-ahir ini memang sangat identik dengan metode waterfall karna metode nya yang berurutan, yaitu dari atas ke bawah.

Pengetian Waterfall menurut para ahli :

Menurut  (Pressman, Roger S. 2001) Metode Waterfall adalah suatu proses pengembangan perangkat lunak berurutan, di mana kemajuan dipandang sebagai terus mengalir ke bawah (seperti air terjun) melewati fase-fase perencanaan, pemodelan, implementasi (konstruksi), dan pengujian. 
Tahapan metode waterfall dapat di gambarkan sebagai berikut : 

Tahapan dalam Metode Waterfall
 Gambar tahapan metode waterfall (Sumber : www.bawiki.com)


Tahapan Metode Waterfall

Dalam pengembangannya metode waterfall memiliki beberapa tahapan yang runtut: requirement (analisis kebutuhan), design sistem (system design), Coding & Testing, Penerapan Program, pemeliharaan. Tahapan tahapan dari metode waterfall adalah sebagai berikut :

1. Requirement Analysis

Pada tahap ini pengembang sistem diperlukan suatu komunikasi yang bertujuan untuk memahami software yang diharapkan pengguna dan batasan software. Informasi ini biasanya dapat diperoleh melalui wawancara, survey atau diskusi. Informasi tersebut dianalisis untuk mendapatkan data yang di butuhkan oleh pengguna.

2. System Design
Spesifikasi kebutuhan dari tahap pertama akan dipelajari dalam fase ini dan desain sistem disiapkan. Desain Sistem membantu dalam menentukan perangkat keras dan sistem persyaratan dan juga membantu dalam mendefinisikan arsitektur sistem secara keseluruhan.

3. Implementation
Pada tahap ini, sistempertama kali dikembangkan di program kecil yang disebut unit, yang terintegrasi dalam tahap berikutnya. Setiap unit dikembangkan dan diuji untuk fungsionalitas yang disebut sebagai Unit Testing.

4. Integration & Testing
Semua unit yang dikembangkan dalam tahap implementasi diintegrasikan ke dalam sistem setelah pengujian masing-masing unit. Pasca integrasi seluruh sistem diuji untuk mengecek  setiap kesalahan dan kegagalan.

5. Operation & Maintenance
Ini merupakan tahap terakhir dalam model waterfall. Softwareyang  sudah  jadi  dijalankan  serta dilakukan  pemeliharaan. Pemeliharaan termasuk dalam memperbaiki  kesalahan yang tidakditemukan pada langkah sebelumnya. Perbaikan implementasi unitsistem dan peningkatan jasa sistem sebagai kebutuhan baru


Kelebihan dan kekurang metode waterfall :

Kelebihan
  • Keuntungan pengembangan dengan metode waterfall adalah metode ini  memungkinkan untuk departementalisasi dan kontrol. proses pengembangan model fase satu per satu, sehinggameminimalis kesalahan-kesalahan yang mungkin akan terjadi. Pengembanganya bergerak dari konsep,  yaitu melalui desain, implementasi, pengujian, instalasi, troubleshooting, dan berakhir di operasi dan pemeliharaan. 


Kerugian
  • Kerugian pembangunan menggunakan metode waterfall adalah tidak memungkinkan untuk banyak refleksi atau revisi jika terjadi kesalahan. Karna setelah aplikasi ini dalam tahap pengujian, sangat sulit untuk kembali dan mengubah sesuatu yang tidak terdokumentasi dengan baik dalam tahap konsep.


Demikin artikel mengenai Pengertian Beserta Kelebihan dan Kekurangan Metode Waterfall Menurut Para Ahli, Semoga bermanfaat bagi pembaca orangbejo.com, Terima kasih :)

Baca juga artikel lainya :
>Pengertian Sistem Pakar Beserta Contohnya Lengkap
>Pengertian Metode forward Chaining dan backward chaining Lengkap

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Beserta Kelebihan dan Kekurangan Metode Waterfall Menurut Para Ahli"

Post a Comment