Indahnya Bendungan Batutegi, Sang Raja Asia Tenggara dari Provinsi Lampung

Indahnya Bendungan Batutegi, Sang Raja Asia Tenggara dari Provinsi Lampung- Selamat datang di orangbejo.com, Berikut saya akan meng ulik-ulik kembali tentang keindahan alam di provinsi lampung, Sebelumnya saya telah membahas tentang wisata air terjun yang berada di kabupaten way kanan yaitu Wisata Air terjun Putri Malu dan Wisata Air Terjun Curup Gangsa. Kali ini saya akan bergeser ke kabupaten Tanggamus, dan obyek wisata yang akan saya bahas adalah Bendungan Batutegi yang konon katanya adalah bendungan terbesar di asia tenggara.

Kabupaten tanggamus  adalah salah satu kabupaten di Propinsi Lampung, Indonesia. Ibu kota kabupaten ini terletak di Kota Agung Pusat. Kabupaten ini diresmikan berdasarkan Undang-Undang Nomor 2 Tahun 1997, tanggal 21 Maret 1997. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 2.731,61 km² dan berpenduduk sebanyak 536.613 jiwa dengan kepadatan penduduk 178 jiwa/km². Nama Tanggamus sendiri berasal dari nama Gunung Tanggamus yang berdiri tegak tepat di jantung Kabupaten Tanggamus.

Kabupaten Tanggamus memiliki luas wilayah keseluruhan 4, 654,98 Km², yang terdiri dari 2.855,46 Km² untuk luas daratan ditambah dengan daerah laut seluas 1,799,50 Km². Potensi sumber daya alam yang dimiliki Kabupaten ber motto "TAPIS SAI TANGGOM" sebagian besar dimanfaatkan untuk kegiatan pertanian. Selain itu masih terdapat beberapa sumber daya alam lain yang potensial untuk dikembangkan antara lain; pertambangan emas, bahan galian seperti granit dan batu pualam atau marmer. 

Kembali ke Bendungan Batu tegi, bendungan ini terletak di Pekon (desa) Batutegi, Kecamatan Air Naningan, Kabupaten Tanggamus, Lampung.  Bendungan Batu tegi diresmikan oleh mantan Presiden RI, Megawati Soekarno Putri, pada pada 8 Maret 2004. Bendungan ini memiliki volume normal 687,767 juta m3, serta luas genangan air seluas 16 km2.wow.. sangat luas bukan.
Bendungan batu tegi juga di manfaatka untuk membangun PLTA yang menurut data daya yang di hasilkan oleh plta  batu tegi sangat besar kurang lebih sebesar 125,2 giga watt per tahun.
Bendungan batu tegi konon Mampu menahan debit air sebanyak 9 juta meter kubik menjadikan bendungan ini "TERBESAR SE-ASIA TENGGARA".


Bendungan batutegi tanggamus lampung
             Gambar bendungan batu tegi  (Sumber : www.facebook.com/BatuTegi)

Selain dimanfaatkan untuk menjalankan PLTA, bendungan yang terletak di pekon Batutegi ini juga berfungsi sebagai penyuplai aliran air yang digunakan oleh puluhan ribu hektar areal persawahan yang dilewati oleh aliran sungai dimana bendungan berada. Areal persawahan yang di airi oleh bendungan ini terletak di 5 kabupaten dan kota berbeda yang ada di Lampung mengandalkan air dari bendungan untuk pengairan. Selain itu kota di Lampung seperti Metro, Beranti, dan Bandar Lampung mengandalkan aliran air dari bendungan Batutegi sebagai bahan baku air minum.


Bendungan batutegi tanggamus lampung
Gambar Bendungan batu tegi  (Sumber : www.facebook.com/BatuTegi)

Bendungan batutegi sendiri di buka untuk wisata, maka tak heran jika bendungan ini selalu ramai di datangi oleh wisatawan baik dari kabubaten tanggamus maupun dari luar tanggamus. Jalan menuju ke bendungan batu tegi sangat mudah di tempuh karna kualitas jalan yang bagus, ini tentunya menjadi salah satu nilai plus dari bendungan ini. Lokasi  Bendungan batu tegi tidak terlalu jauh dari ibukota provinsi lampung yaitu kota Bandar Lampung kira-kira sekitar 1.5 jam perjalan.



Bendungan batutegi tanggamus lampung
Gambar Bendungan Batutegi

Bendungan batu tegi biasanya sangat ramai pengunjung pada saat hari-hari besar dan hari libur atau ahir pekan, Masalah harga tiket anda tidak perlu kuatir, Karna harga tiket bendungan terbesar di asia tenggara ini cukup terjangkau, Anda wajib mengeluarkan dana sekitar Rp.5000,- per kepala (Belum termasuk parkir). Jika anda datang ke kebendungan ini saya jamin anda akan terkagum-kagum dengan keindahan alamnya, tentunya bendungan batu tegi adalah salah satu tempat yang sangat pas buat anda yang ingin menghilangkan kepenatan beraktitas sehari-hari bersama orang-orang tercinta anda.


Bendungan batutegi tanggamus lampung
                                           Gambar PLTA Bendungan Batutegi

Bagaimana kawan ? Sangat indah bukan, sekarang sobat-sobat sudah tidak ragu tentunya untuk memasukan wisata Bendungan batutegi ke daftar list obyek wisata lampung yang wajib untuk di datangi.

Soo.. sekarang ajak keluarga, pacar, istri, anak, teman dan semua  orang terdekat anda untuk menikmati keindahan alam Bendungan Batutegi, dijamin gak bakal nyesel deh hehe. Selamat bersenang-senang :)

Demikian artikel mengenai Indahnya Bendungan Batutegi, Sang Raja Asia Tenggara Dari Provinsi Lampung, Semoga bisa memberi informasi yang bermanfaat bagi pembaca orangbejo.com, Terima kasih :)

Baca juga artikel Tempat Wisata lainya : 

Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "Indahnya Bendungan Batutegi, Sang Raja Asia Tenggara dari Provinsi Lampung"

  1. Bendungan batutegi memang bendungan terbesar se Asia Tenggara.. bangga deh ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sis, selain besar bendungan batu tegi meiliki ke indahan alam yang luar biasa, jangan lupa Share ya, untuk membantu memajukan wisata provinsi lampung :)

      Delete
  2. Asli keren bnget tempatnya mas, salam kenal

    ReplyDelete
  3. Asli keren bnget tempatnya mas, salam kenal

    ReplyDelete