Fungsi dan Pengertian Ideologi Menurut Para Ahli Terlengkap

Fungsi dan Pengertian Ideologi Menurut Para Ahli Terlengkap Mungkin sebagian dari kita masih bingung mengenai pengertian ideologi, Mungkin akan muncul pertanyaan Apasih ideoligi itu ? Fungsi Ideologi itu untuk apa ? Seberapa pentingkah Ideologi
untuk kehidupan kita ? Dan masih banyak pertanyaan lainya, Jika anda masih bingung mengenai Ideologi, berikut orangbejo.com akan membahasnya secara lengkap.


Pengertian Ideologi secara umum adalah gagasan atau ide atau pemikiran manusia yang mana akan memicu munculnya sebuah tatacara, aturan untuk sebuah kehidupan dengan tujuan  mencapai kehidupan yang lebih baik.

Itu tadi adalah pengertian ideologi menurut kacamata umum, Namun ternyata para ahli punya pendapatnya sendiri mengenai pengertian Ideologi  secara rinci, Berikut orangbejo.com telah merangkumnya :

Pengertian ideologi menurut para ahli : 

  • Gunawan Setiardjo 
Menurut Gunawan Setiardijo Ideologi adalah kumpulan ide atau gagasan atau aqidah 'aqliyyah (akidah yang sampai melalui proses berpikir) yang melahirkan aturan-aturan dalam kehidupan.
  • Destutt de Tracy
Ideologi adalah studi terhadap ide – ide/pemikiran tertentu. 
  • Descartes
Ideologi adalah inti dari semua pemikiran manusia. 
  • Muhammad Ismail
Muhammad Ismail megatakan Ideologi (Mabda’) adalah Al-Fikru al-asasi al-ladzi hubna Qablahu Fikrun Akhar, pemikiran mendasar yang sama sekali tidak dibangun (disandarkan) di atas pemikiran pemikiran yang lain. Pemikiran mendasar ini merupakan akumulasi jawaban atas pertanyaan dari mana, untuk apa dan mau ke mana alam, manusia dan kehidupan ini yang dihubungkan dengan asal muasal penciptaannya dan kehidupan setelahnya? 
  • Francis Bacon
Menurut kaca mata Francis Bacon Ideologi adalah sintesa pemikiran mendasar dari suatu konsep hidup. 
  • Thomas H:
Ideologi adalah suatu cara untuk melindungi kekuasaan pemerintah agar dapat bertahan dan mengatur rakyatnya.
  • Karl Marx:
Ideologi merupakan alat untuk mencapai kesetaraan dan kesejahteraan bersama dalam masyarakat. 


Fungsi ideologi, Berikut penjelansanya :

Ideologi ada bukan semata-mata hanya menjadi sebuah list peraturan atau pemikiran, Lebih jauhnya ideologi mempunyai fungsi yang penting dalam kehidupan manusia, Berikut ulasan tentang fungsi dari ideologi.
  • Ideologi sebagai Struktur kognitif, yakni keseluruhan pengetahuan yang dapat merupakan landasan untuk memahami kejadian dalam keadaan alam sekitarnya.
  • Ideologi sebagai Orientasi dasar, dengan membuka wawasan yang memberikan makna serta menunjukkan tujuan dalam kehidupan masyarakat.
  • Ideologi sebagai Norma-norma yang menjadi pedoman dan pegangan bagi seseorang.
  • Ideologi sebagai Bekal dan jalan bagi seseorang untuk menentukan identitasnya.
  • Ideologi sebagai Kemampuan yang mampu menyemangati dan mendorong seseorang untuk menjalankan kegiatan dan mencapai tujuan.
  • Ideologi sebagai Pendidikan bagi seseorang atau masyarakat untuk memahami, menghayati, serta mempolakan tingkah lakunya sesuai dengan orientasi dan norma-norma yang terkandung didalamnya.
Bagaimana sobat ? sekarang sudah tau bukan tentang pengertian ideologi dan fungsinya, Secara garis besar orangbejo.com menyimpulkan bahwa Ideologi adalah Peraturan atau ide yang di hasilkan oleh pemikiran manusia itu sendiri sebagai pedoman dan pengangan seseorang dalam mencapai kehidupan yang lebih baik (tujuan hidupnya). 

Demikian artikel tentang Fungsi dan Pengertian Ideologi Menurut Para Ahli Terlengkap, Semoga bermanfaat bagi pembaca orangbejo.com, Terima kasih :)

Baca juga artikel terkait lainya :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Fungsi dan Pengertian Ideologi Menurut Para Ahli Terlengkap"

Post a Comment