Contoh Proposal skripsi Tehnik Informatika

BAB I
                   PENDAHULUAN

1.1 Latar belakang
Lampung adalah pulau yang memiliki banyak budaya, diantaranya bahasa lampung dan palembang. Kebudayaan yang beragam di Lampung menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan lokal maupun manca negara. 
Namun banyak wisatawan lokal maupun manca negara yang belum mengerti bahasa Lampung. Padahal untuk dapat berkomunikasi dengan masyarakat lokal yang umumnya berbahasa derah masing-masing dan indonesia.
Oleh karena itu Aplikasi Kamus Harian Bahasa Inggris-indonesia-Lampung di peruntukan bagi wisatawan manca negara dapat sedikit membantu untuk berkomunikasi dengan masyarakat lokal yang tidak mengerti bahasa inggris.
Aplikasi kamus yang bisa dibawa kemana saja diharapkan dapat membantu para wisatawan dari luar Lampung dan manca negara, khususnya ke lampung. Dan semoga budaya Bahasa Lampung bisa terus terpelihara, karena Bahasa Lampung juga merupakan budaya dari bangsa Indonesia.
Beberapa tahun terakhir ini, telepon seluler yang paling sering digunakan oleh masyarakat berupa smart phone. Ada beberapa telepon pintar yang beredar di pasaran dengan basis atau sistem operasi yang berbeda – beda, seperti Blackberry OS, iOS, Android dan Symbian OS. Dari beberapa sistem operasi smart phone tersebut, sistem operasi Android merupakan sistem operasi yang perkambangannya paling cepat dan dapat dengan mudah diterima oleh masyarakat. Oleh karena itu dasar pembuatan aplikasi kamus harian bahasa Inggris-Indonesia-Lampung  ini akan mengacu ke sistem operasi Android.

A.      Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah yang telah diuraikan di atas maka dapat dirumuskan yaitu bagaimana membuat suatu kamus dengan memanfaatkan teknologi android untuk  memudahkan pencarian kalimat sehari-hari dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia dan bahasa Lampung.
B.       Ruang Lingkup Penelitian
Adapun ruang lingkup penelitian adalah :
  1. Aplikasi ini hanya dapat berjalan pada smartphone berbasis Android Froyo dan Gingerbread
  2. Aplikasi Kamus ini berisi kalimat sehari hari berdasarkan pengelompokan communication, direction of the wind,  eating, shopping, hotel dan number.
  3. Aplikasi kamus ini harya satu arah dari bahasa inggris di terjemahkan ke dalam bahasa indonesia dan lampung dan palembang.
  4. Aplikasi ini berisi percakapan bahasa harian, user dapat memilih berdasarkan pengelompokan yang sudah ada dalam data base.
  5. Kata-kata yang sudah ada dalam sistem tidak dapat dimodifikasi oleh user.


C.      Tujuan Penelitian
Adapun tujuannya adalah:
1)        Membantu pelestarian bahasa lampung agar tidak ditinggalkan dan semakin dikenal dalam dunia luar.
2)        Mempermudah turis asing yang datang ke lampung untuk berkomunikasi dengan penduduk asli lampung
3)        Selain itu, diharapkan dapat menjadi media pembelajaran untuk generasi muda yang ingin lebih mengenal tentang bahasa lampung


D.      Manfaat Penelitian
Penelitian ini bermanfaat bagi banyak kalangan antara lain :
1)        Untuk Sekolah
Pihak sekolah dapat mudah memberikan informai akademik kepada para siswa berupa nilai, event, fasilitas sekolah, dll
2)        Untuk Peneliti
Dapat membantu siswa, wali murid ataupun pihak sekolah untuk mempermudah proses pembelajaran
3)      Untuk siswa
Dapat mempermudah para siswa untuk mendapatkan informasi akademik yang akurat dan cepat tanpa harus datang langsung ke sekolah







BAB II
TINJAUAN PUSTAKA

2.1 Pengertian sistem informasi
Sistem informasi menurut Robert A. Leitch dan K. RoscoeDavis (Jogiyanto,2005:18) adalah suatu sistem di dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, mendukung operasi, bersifat manajerial dan kegiatan strategi dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan.
Sistem informasi merupakan suatu perkumpulan data yang terorganisasi beserta tatacara penggunaanya yang mencangkup lebih jauh dari pada sekedar penyajian. Istilah tersebut menyir atkan suatu maksud yang ingin dicapai dengan jalan memilih dan mengatur data serta menyusun tatacara penggunaanya.Keberhasilan suatu sistem informasi yang diukur berdasarkan maksud pembuatanya tergantung pada tiga faktor utama, yaitu : keserasian dan mutu data, pengorganisasian data, dan tatacara penggunaanya.untuk memenuhi permintaan penggunaan tertentu, maka struktur dan cara kerja sistem informasi berbeda-beda ber gantung pada macam keperluan atau macam permintaan yang harus dipenuhi.




2.2  Pengertian aplikasi mobile
Aplikasi adalah program yang digunakan orang untuk melakukan  sesuatu pada sistem komputer Mobile dapat diartikan sebagai perpindahan yang mudah dari satu tempat ke tempat yang lain, misalnya telepon mobile berarti bahwa terminal telepon yang dapat berpindah dengan mudah dari satu tempat ke tempat lain tanpa terjadi pemutusan atau terputusnya komunikasi.
sistem Aplikasi mobile merupakan aplikasi yang dapat digunakan walaupun pengguna berpindah dengan mudah dari satu tempat ketempat lain lain tanpa terjadipemutusan atau terputusnya komunikasi. Aplikasi ini dapat diakses melalui
perangkat nirkabel seperti pager, seperti telepon seluler dan PDA.
karakteristik perangkat mobile :

1. Ukuran yang kecil
Perangkat mobile memiliki ukuran yang kecil. Konsumen menginginkan perangkat yang terkecil untuk kenyamanan dan mobilitas mereka.
2.Memory yang terbatas
Perangkat mobile juga memiliki memory yang kecil, yaitu primary (RAM) dan secondary (disk).
3. Daya proses yang terbatas
Sistem mobile tidaklah setangguh rekan mereka yaitu desktop

4.Mengkonsumsi daya yang rendah
Perangkat mobile menghabiskan sedikit daya dibandingkan dengan mesin desktop
5.Kuat dan dapat diandalkan
Karena perangkat mobile selalu dibawa kemana saja, mereka harus cukup kuat untuk
menghadapi benturan-benturan, gerakan, dan sesekali tetesan-tetesan air.
6. Konektivitas yang terbatas
Perangkat mobile memiliki bandwith rendah, beberapa dari mereka bahkan tidak
tersambung.
7. Masa hidup yang pendek
Perangkat-perangkat konsumen ini menyala dalam hitungan detik kebanyakan dari mereka selalu menyala.

2.3  Sistem informasi akademik
Sistem Informasi Akademik adalah sistem secara khusus dirancang untuk memenuhi kebutuhan sekolah yang menginginkan layanan pendidikan yang terkomputerisasi untuk meningkatkan kinerja, kualitas pelayanan, daya saing dan kualitas SDM yang dihasilkannya.
Sistem Informasi Akademik siswa sangat membantu dalam peng
informasian data nilai siswa, mata pelajaran, dan kegiatan-kegiatan yang berhubungan dngan akademik sekolah.

Nilai adalah salah satu bagian dari kegiatan belajar mengajar (KBM) di sekolah. Seringkali data nilai yang ada menjadi masalah tersendiri bagi guru, wali kelas dan siswa di sekolah. Repotnya sistem penilaian dan penyimpanan hasil nilai siswa menjadi faktor terbesar dalam masalah penilaian ini. Oleh, karena itu saya membangun sebuah  Sistem Akademik Sekolah (SAS) berbasis android  yang akan memudahkan guru, wali kelas, dan pihak sekolah dalam menginformasikan tentang nilai ataupun pengumuman penting yang berhubungan dengan kegiatan akademik smk al-iman kepada seluruh siswa ataupun wali murid.
Selain itu juga sistem ini mencakup sistem penilaian, sistem informasi fasilitas sekalah, sistem informasi kegiatan sekolah, dan sistem informasi jadwal sekolah yang mana semuanya dibuat dalam bentuk aplikasi berbasi android, yang nantinya aplikasi ini bisa di download langsung di playstore dengan gratis.

2.4  Pengertian pemrograman java
Java adalah bahasa pemrograman yang multi platform dan multi device. Sekali anda menuliskan sebuah program dengan menggunakan Java, anda dapat menjalankannya hampir di semua komputer dan perangkat lain yang support Java, dengan sedikit perubahan atau tanpa perubahan sama sekali dalam kodenya. Aplikasi dengan berbasis Java ini dikompulasikan ke dalam p-code dan bisa dijalankan dengan Java Virtual Machine. Fungsionalitas dari Java ini dapat berjalan dengan platform sistem operasi yang berbeda karena sifatnya yang umum dan non-spesifik.
Slogan Java adalah “Tulis sekali, jalankan di manapun”. Sekarang ini Java menjadi sebuah bahasa pemrograman yang populer dan dimanfaatkan secara luas untuk pengembangan perangkat lunak. Kebanyakan perangkat lunak yang menggunakan Java adalah ponsel feature dan ponsel pintar atau smartphone.

2.5 Data base MySQL

MySQL (My Structure Query Language) adalah sebuah program pembuat database yag bersifat open source, artinya siapa saja boleh menggunakannya dan tidak dicekal.
MySQL dikembangkan oleh sebuah perusahaan Swedia yang bernama MySQL AB, yang pada saat itu bernama T.cX data consult AB, dimulai sejak sekitar tahun 1994 sampai 1995. Tujuan mula-mula perusahaan tersebut MySQL untuk mengembangkan aplikasi Delphi yang dimiliki kliennya.

Saat itu Michael Widenius (“Monty”), pengembang satu-satunya MySQL di T.cX, memiliki aplikasi UNIREG dan rutin ISAM yang dibuat sendiri dan sedang mencari interface (antara muka) SQL yang dijalankan pada MySQL. MySQL merupakan server dimana pemrosesan data terjadi di server dan kliennya hanya mengirim data serta meminta data. Oleh karena itu pemrosesan terjadi di server sehingga pengaksesan data tidak terbatas. Pengaksesan data dapat dilakukan di mana saja, oleh siapa saja dengan catatan komputer telah terhubung ke server. Lain halnya dengan database desktop dimana segala pemrosesan data seperti penambahan data ataupun penghapusan data dilakukan pada komputer yang bersangkutan.
MySQL mempunyai lisensi yang cukup kompleks yaitu jika instal pada sistem operasi Microsoft Windows adalah shareware tetapi tidak mempunyai expired date (batas waktu), sedabgkan jika di install pada system opersai selain Microsoft Windows ada free sesuai dengan General Public License (GPL)
.


Versi komersial MySQL hanya ditekankan pada penggunaan server saja sedangkan untuk kliennya kita dibebaskan untuk mengubah dan mengkompile ulang source codenya dengan catatan harus juga melepasnya dengan license GPL, kita juga diperbolehkan menggunakan MySQL. Untuk hal-hal yang bersifat komersial dari pihak pengembang juga menawarkan technical support (dukungan teknis) jika kita mempunyai masalah, sehingga kita tidak terlalu direpotkan oleh masalah tersebut.

MySQL termasuk dalam kategori Database Management System (DBMS), yaitu database yang terstruktur dalam pengolahan dan penampilan data. Sejak computer dapat menangani data yang besar, database management sytem memegang peranan sangat penting dalam pengolahan data hal ini sangat diperlukan, karena data tersebut dapat diatur sesuai dengan kebutuhan pemakainya. 


2.6  Hosting
Hosting adalah tempat atau jasa internet untuk membuat halaman website yang telah anda buat menjadi online dan bisa diakses oleh orang lain. Sedangkan Hosting Itu Sendiri Adalah : jasa layanan internet yang menyediakan sumber daya server-server untuk disewakan sehingga memungkinkan organisasi atau individu menempatkan informasi di internet berupa HTTP, FTP, EMAIL atau DNS.
Server hosting terdiri dari gabungan server-server atau sebuah server yang terhubung dengan jaringan internet berkecepatan tinggi.
Jenis – Jenis Hosting yang Ada :
Ada beberapa jenis layanan hosting yaitu shared hosting, VPS atau Virtual Dedicated Server, dedicated server, colocation server.
1. Shared Hosting adalah menggunakan server hosting bersama sama dengan pengguna lain satu server dipergunakan oleh lebih dari satu nama domain. Artinya dalam satu server tersebut terdapat beberapa account yang dibedakan antara account satu dan lainnya dengan username dan password.
2. VPS, Virtual Private Server, atau juga dikenal sebagai Virtual Dedicated Server merupakan proses virtualisasi dari lingkungan software sistem operasi yang dipergunakan oleh server. Karena lingkungan ini merupakan lingkungan virtual, hal tersebut memungkinkan untuk menginstall sistem operasi yang dapat berjalan diatas sistem operasi lain.
3. Dedicated Server adalah penggunaan server yang dikhususkan untuk aplikasi yang lebih besar dan tidak bisa dioperasikan dalam shared hosting atau virtual dedicated server. Dalam hal ini, penyediaan server ditanggung oleh perusahaan hosting yang biasanya bekerja sama dengan vendor.
4. Colocation Server adalah layanan penyewaan tempat untuk meletakkan server yang dipergunakan untuk hosting. Server disediakan oleh pelanggan yang biasanya bekerja sama dengan vendor
.
Mengapa Aplikasi sistem informasi akademik smk al-iman unit 2 tulang bawang berbasis android Memerlukan Hosting?
Karna dalam implementasinya Sistem informasi akademik smk al-iman berbasis android memerlukan tempat untuk meng input atau meng update data yang di tampilkan dalam Sistem informasi akademik smk al-iman berbasis android agar informasi yang di hasilkan benar-benar update,  maka saya membuat sebuat web, dimana web tersebut berfungsi untuk menginput data akademik ke data base yang nantinya akan di tampilkan di aplikasi Sistem informasi akademik smk al-iman berbasis android yang telah di dowload dan di operasikan di smartphone siswa maupun wali murid.
.
2.7  Keunggulan Sistem Informasi Akademik berbasis android
1
. Membantu sekolah mengembangkan dan melaksanakan kurikulum dengan
    bantuan program aplikasi akademis sekolah
2. Membantu sekolah mengembangkan kemampuan guru dan tenaga
    kependidikan disekolah yang bersangkutan dalam memanfaatkan program
    aplikasi dimaksud.
3. Meningkatkan mutu layanan akademis sekolah.
4. Memberikan rangsangan terhadap masyarakat sekolah untuk menggunakan
    teknologi
     khususnya program dimaksud.
5. Memberikan pelayanan prima kepada lembaga dan masyarakat yang
    membutuhkan  informasi akademik dengan cepat dan akurat
6. Peningkatan mutu manajemen sekolah dan kelembagaan pendidikan.
7.Sistem yang mudah di akses karena berbasis android (mobile) yang mana
    hampir semua kalagan masyarakat memnggunakan os ini di telpon genggam.
8.Admin akan mudah meng update atau memasukan data informasi karna di
   sediaka web khusus untuk mengisi data agar informasi yang di hasilkan benar
   benar update

BAB III
METODE PENELITIAN

Pada bab ini di jelaskan mengenai metode yang digunakan dalam pelaksanaan penelitian ini, dimana hasil akhirnya adalah berupa aplikasi sistem informasi akademik berbasis android mengunakan bahsa pemrograman java. Adapun teknik pengumpulan data yang di lakukan yaitu :
1.      Metode Observasi
Dalam metode observasi ini penulis diberikan kesempatan untuk melakukan pengumpulan data dengan cara pengamatan secara langsung ke lokasi yaitu smk al-iman unit 2 tulang bawang.
2.      Wawancara
Dalam metode wawancara ini penulis langsung menemui sumber informasi dan mengajukan beberapa pertanyaan terkait tentang bagaimana lingkungan serta keadaan penduduk desa kepada masyarakat sekitar beserta staf desa.
3.      Studi leteratur

Dalam metode dilakukan dengan cara mendapatkan informasi dan mengumpulkan data dengan melihat sumberkepustakaan seperti jurnal ilmiah, buku-buku dan sebagainya yang tentunya dapat di pertanggung jawabkan yang nantikan akan jadi bahan referensi dalam pembuatan aplikasi.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Contoh Proposal skripsi Tehnik Informatika"

Post a Comment