Cara Membuat Foto Bokeh Dengan Lensa Standar atau Lensa Kit


Cara Membuat Foto Bokeh Dengan Lensa Standar atau Lensa Kit- Bagi pemula dalam dunia fotografi istilah foto BOKEH memang mungkin masih menjadi hal baru, Pengertian umum tentang bokeh di sini adalah hasil foto yang di belakang objeknya blur atau terlihat samar-samar, Dan bagian objek utamanya terlihat fokus atau jelas.

Contoh foto BOKEH ( Background blur)


Foto bokeh tentunya mempunyai daya tarik tersediri di banding dengan jenis hasil foto atau tehnik foto lainya, Foto bokeh bisa kita dapatkan dengan mudah jika kita memakai lensa dengan bukaan F kecil  contohnya lensa fix yang bukaan F(apertur)  nya bisa mencapai 1.8, 1.4 yang tentunya dengan mudah bisa membuat hasil foto bokeh.

Namun bagai mana jika anda pemula dan hanya memiliki lensa standar (bawaaan kamera) ingin membuat foto bokeh. Mungkin terlihat susah karna memang lensa standar memiliki apertur (f) yang relatif besar, Namun anda tidak harus sedih ataupun pusing di buatnya karna saya akan membagi trik bagaimana caranya membuat hasil foto bokeh dengan lensa 18-55 atau lensa standar. Berikut triknya :
  • Gunakan mode M pada kamera anda ( terlebih dahulu sesuaikan setingan iso, shutter atau kecepatan rana yang sesuai)

  • AF ( auto fokus ) Pada lensa standar kamu di matikan, Jadi kamu cukup menggunakan MF (manual fokus)

  • Setting F (apertur kamu) sebesar mungkin biasanya jika di lenstandar paling besar adalah sekitar 4.0

  • Usahakan jarak objek dengan background jauh, semakin jauh semakin maksimal hasilnya

  • Usahakan mengambil objek di rentan fokal besar jika di lensa 18-55mm kamu bisa mengambil antara 30-55mm itu akan bisa memaksimalkan trik ini.
      Baca juga artikel lainya : Macam-macam jenis lensa untuk kamera dslr
  • Mulailah memotret, dengan cara manual yaitu memutar ujung lensa sampai mendapatkan objek yang kita inginkan fokus dengan sempurna maka langsung jepret dengan catatan Anda sudah menyeting lensa anda ke MF (manual fokus)

Banyaklah berlatih dan terus berlatih oke....

Demikian artikel tantang membuat foto bokeh dengan lensa standar, Semoga bermanfaat bagi pembaca orangbejo.com, Selamat berkarya :)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Membuat Foto Bokeh Dengan Lensa Standar atau Lensa Kit"

Post a Comment