7 Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli Terbaru



7 Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli Terbaru- Di jaman modern ini semua pihak di tuntut untuk selalu perfek dalam menyelesaikan berbagai macam transaksi, dan tidak dapat di pungkiri bahwa akuntansi mempunyai andil yang sangat penting dalam menyukseskan macam-macam kegiatan transaksi maupun kegiatan lain yang berhubungan dengan bisnis ataupun keuangan, Namun masih banyak yang belum mengerti akan arti atau definisi tentang akuntansi itu sendiri, Akuntansi adalah suatu system atau tehnik untuk mengukur dan mengelola transaksi keuangan dan menyajikan hasil pengelolaan tersebut dalam bentuk informasi kepada pihak-pihak intern dan ekstern perusahaan. Pihak ekstern disini terdiri dari investor, kreditur pemerintah, serikat buruh dan lain-lain (Suparwoto L).

 Gambar Ilustrasi akuntansi (Sumber : www.cliffsnotes.com)


Selain pengertian di atas, Ternyata masih banyak lagi pengertian-pengertian lain mengenai akuntansi yang di cetuskan  oleh para ahli, berikut orangbejo.com telah merangkumnya.
  • Menurut American Accounting Association mendefinisikan Akuntansi adalah suatu proses pengidentifikasian, pelaporan, dan pengukuran informasi ekonomi yang memungkinkan adanya pengambilan keputusan yang jelas oleh mereka yang menggunakan informasi keuangan tersebut.
  • Menurut Kieso mendifinisikan Akuntansi adalah pengindentifikasian, pengukuran, dan pengkomunikasian informasi keuangan tentang entitas ekonomi kepada pemakai yang berkepentingan.
  • Menurut kacamata Warren Akuntansi adalah sistem informasi yang menghasilkan laporan kepada pihak-pihak yang berkepentingan mengenai aktivitas ekonomi dan kondisi perusahaan”.
  • Halim dan Supomo ( 2000 : 3) mengatakan Akuntansi manajemen merupakan kegiatan atau proses yang menghasilkan informasi dalam bentuk keuangan bagi manajemen untuk pengambilan sebuah keputusan ekonomi dalam menjalankan fungsi manajemen.
  • Menurut Accounting Principle BoardAkuntansi adalah suatu kegiatan jasa yang berfungsi untuk memberikan informasi kuantitatif, umumnya dalam ukuran uang, mengenai suatu badan ekonomi yang dimaksudkan untuk digunakan dalam pengambilan keputusan ekonomi, yang digunakan dalam memilih di antara beberapa alternatif..
  • Suparwoto L mendefinisikan  Akuntansi adalah suatu system atau tehnik untuk mengukur dan mengelola transaksi keuangan dan menyajikan hasil pengelolaan tersebut dalam bentuk informasi kepada pihak-pihak intern dan ekstern perusahaan. Pihak ekstern disini terdiri dari investor, kreditur pemerintah, serikat buruh dan lain-lain.
  • Dalam kacamata Slamet Sugiri dan Bogat Agus Riyono (2008: 1) Akuntansi adalah suatu kegiatan jasa yang fungsinya adalah untuk menyediakan informasi kuantitatif, terutama yang bersifat keuangan, tentang entitas ekonomik yang dimaksud agar berguna dalam pengambilan keuputusan ekonomik dalam pengambilan pilihan-pilihan peralasan dari berbagai tindakan alternatif.
Demikian artikel mengenai 7 Pengertian akuntansi menurut para ahli terbaru, Semoga bermanfaat bagi pembaca orangbejo.com, Terima kasih :)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli Terbaru"

Post a Comment