30 Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan Tubuh



Di indonesia sebagai negara trofis tentunya sangat cocok untuk berbagai macam tumbuhan, Di antarnya adalah buah-buahan, Di indonesia sendiri terbapat sangat banyak jenis berbagai macam buah-buah, dari berbagai jenis sampai berbagai ukuran dapat dengan mudah di budidayakan di negara kita tercinta ini.

Di antara banyaknya jenis buah yang ada di indonesia, tentunya kita tidak asing lagi dengan buah yang bernama PISANG, Betapa tidak, buah yang satu ini memang tergolong jenis buah yang mudah untuk di budi dayakan, oleh sebab itu di manapun itu di daerah indonesia sering kita temui buah yang berwarna kuning ini.


Buah pisang memang terkenal dengan beberapa manfaat nya yang sudah teruji bagi kesehatan tubuh kita, Pisang juga mengandung banyak vitamin yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh kita, Berikut ini saya akan bahas tentang manfaat buah pisang secara lengkap, Berikut ini manfaat buah pisang di antaranya :



1. Dapat Mengobati Sembelit.

Buah Pisang dapat digunakan sebagai obat sembelit yang alami. Buah ini dapat berfungsi untuk membantu memperlancar buang air besar. Dengan mengkonsumsi pisang untuk menghindari 
mengerasnya feses yang merupakan gejala awal sembelit.

Baca juga artikel lainya : Manfaat buah naga

2. Mengurangi Rasa Sakit Ketika Haid.

Apabila sering merasa nyeri setiap kali haid, maka atasi masalah tersebut dengan menggunakan buah pisang. Perbanyak mengkonsumsi buah pisang maka rasa nyeri tersebut dapat mungkin berkurang.

3. Bisa Melancarkan Peredaran Darah.

Buah pisang memiliki kandungan kalium dan potasium yang bermanfaat untuk membantu sirkulasi tubuh. Pada akhirnya peredaran oksigen ke otak menjadi lebih lancar. Kalium juga dapat berfungsi untuk membantu melancarkan denyut jantung, mengurangi resiko terserang stroke, dan mengatur tekanan darah.

4. Khasiat Buah Pisang Mengatasi Gatal Akibat Gigitan Nyamuk.

Gigitan nyamuk yang menganggu dan rasa gatal yang diakibatkannya dapat dihilangkan dengan pisang. Ambil kulit pisang dan oleskan secara perlahan ke daerah yang terkena gigitan nyamuk.

5. Buah Pisang Bisa Meningkatkan Mood.

Buah pisang bermanfaat membantu meningatkan suasana hati sehingga mood menjadi stabil dan supaya tidak stres.


  Gambar buah pisang segar (sumbergambar : www.thestar.com)



6. Mengurangi Rasa Sakit Ketika Haid.

Apabila sering merasa nyeri setiap kali haid, maka atasi masalah tersebut dengan menggunakan buah pisang. Perbanyak mengkonsumsi buah pisang maka rasa nyeri tersebut dapat mungkin berkurang.


7. Pisang dapat Memperlancar Sistem Pencernaan

Mengkonsumsi buah pisang dengan rutin dapat membantu sistem kinerja pencernaan untuk dapat lebih baik lagi. Sehingga pada akhirnya berbagai nutrisi dari makanan yang dikonsumsi dapat diserap dan digunakan tubuh secara optimal.

8. Mencegah Penyakit Jantung.

Buah pisang ini dapat digunakan untuk mencegah penyakit jantung, hal ini karena buah pisang mengandung kandungan vitamin C dan flavonoid yang bersifat antioksidan serta dapat mencegah proses oksidasi lemak. Kalium yang terkandung dalam buah pisang merupakan suatu tonik yang baik bagi untuk kesehatan jantung. Serat pektin berpengaruh dalam membantu menurunkan kolesterol.

9. Menyehatkan Tulang

Mengkonsumsi buah pisang secara rutin dapat berfungsi untuk membantu menyehatkan tulang. Hal ini dikarenakan, buah pisang ini merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan mangan yang cukup tinggi.


10. Menyembuhkan Luka Bakar.

Anda dapat menggunakan salah satu bagian tanaman pisang untuk menyembuhkan luka bakar. Caranya, ambil abu daun pisang dan kemudian tambahkan minyak kelapa. Oleskan pada kulit yang terkena luka bakar.



11. Mengatasi Anemia.

Buah pisang memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi sehingga cocok untuk penderita anemia. Mengkonsumsi 2 buah pisang setiap harinya secara rutin. Manfaat buah pisang untuk mengatasi kekurangan sel darah merah atau anemia.

12. Buah Pisang dapat Mengobati Sakit Maag.

Buah pisang ini dijadikan sebuah solusi pada saat tubuh terserang maag. Hal ini karena buah pisang memiliki kandungan zat penangkal asam dalam tubuh dan sehingga dapat meredakan maag.

13.Rendah Kalori

Pisang yang manis ini ternyata jumlah kalorinya tidak setinggi seperti yang kita bayangkan. Jadi mengkonsumsi pisang akan memanjakan mulut, namun tanpa merusak diet Anda. Rata-rata dalam satu buah pisang hanya mengandung 110 kalori.

14.Bebas Lemak dan Kolesterol

Pisang secara alami bebas lemak dan kolesterol. Jadi jika Anda ingin bebas dari kolesterol tinggi, sebaiknya mengganti beberapa makanan atau kue yang diproses dengan banyak minyak maupun mentega.

15.Kalium

Pisang sangat dikenal akan kandungan kaliumnya yang tinggi, yaitu lebih dari 400 mg kalium perbuah pisang ukuran sedang. Menurut para ali gizi, kalium sangat diperlukan saraf, fungsi otot, serta untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh kita. Kalium dalam pisang bisa membantu mencegah kram otot setelah latihan. Elektrolit yang bernama kalium ini juga bagus untuk mengendalikan tekanan darah tinggi.

16.vitamin C

Seperti kebanyakan buah-buahan, pisang juga mengandung vitamin C cukup tinggi. Satu buah pisang ukuran sedang menyediakan sekitar 10 mg vitamin C, atau sekitar 15 persen dari kebutuhan harian yang disarankan. Vitamin C bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, kesehatan sel, dan meningkatkan penyerapan nutrisi lain seperti zat besi .

17.Vitamin B – 6

Pisang juga merupakan sumber yang sangat baik vitamin B – 6 , atau yang juga disebut dengan piridoksin. Satu buah pisang sedang memasok sekitar 35 persen dari kebutuhan harian B – 6 yang disarankan. Vitamin B – 6 diperlukan oleh tubuh, salah satunya adalah untuk pertumbuhan sel-sel baru.

18.Mangan

Pisang juga termasuk makanan sumber mangan yang baik, yaitu satu buah pisang berukuran sedang menyediakan sekitar 0,3 mg mangan. Orang dewasa membutuhkan mineral ini antara 1,8 dan 2,3 mg setiap hari. Mangan diperlukan tubuh untuk kesehatan tulang dan membantu proses metabolisme.

19.Mengandung Serat

Menurut USDA , satu buah pisang mengandung sekitar 3 gram serat. Serat makanan bisa membantu Anda merasa kenyang lebih lama, serta menjaga proses pencernaan agar berjalan lancar. Dengan demikian pisang sangat membantu utuk mengontrol berat badan dan mencegah sembelit.

20.Mengandung Karbohidrat

Tubuh menggunakan karbohidrat sebagai sumber utama energi. jadi Makan pisang setelah latihan akan bermanfaat untuk memulihkan energi kembali. Pisang untuk sarapan akan memberikan Anda energi cukup, yang berguna agar tubuh selalu fit dalam melalui hari-hari Anda.



21.Nutrisi lain dari buah pisang

Pisang juga mengandung vitamin dan mineral lainnya. Pisang menyediakan beberapa zat besi, magnesium, kalsium, fosfor , vitamin A , vitamin E, folat, karoten, dan kolin. Pisang juga mengandung jejak asam amino. Sementara Folat dan kolin yang juga ditemukan, sehingga pisang sangat baik dikonsumsi oleh wanita hamil.

22.Mudah dicerna

Pisang sangat mudah dicerna. Sehingga Ketika Anda sakit karena virus atau gangguan pencernaan, pisang bisa menjadi cara yang baik untuk mendapatkan beberapa nutrisi penting tanpa mengganggu perut. Pisang yang dihaluskan juga sering digunakan sebagai makanan pengantar padat yang baik untuk bayi. Jadi tidak salah jika orang jaman dulu memberikan makanan pisang untuk bayi, tak lain karena pisang padat gizi serta sifatnya yang lembut dan mudah dicerna.

23.Dapat Menghaluskan Kulit Wajah.

Bagi yang bermasalah dengan kulit kasar maupun kering, daging buah pisang menjadi solusinya. Seperti cara mengobati jerawat, pertama hancurkan pisang lalu tambahkan dengan satu sendok madu. Gunakan untuk dijadikan masker pada wajah. Lakukan secara rutin dan kulit wajah akan menjadi halus.

24. Mengatasi dan Mengobati Jerawat.

Cara menggunakan buah pisang untuk mengobati jerawat yaitu, pertama hancurkan daging buah pisang yang sudah matang. Lalu oleskan pada kulit wajah yang berjerawat. Diamkan selama beberapa menit dan lalu bersihkan menggunakan air. Ulangi cara ini selama beberapa hari sampai jerawat hilang dan kulit pun menjadi bersih.

25.. Buah Pisang Untuk Diet.

Manfaat buah pisang untuk menurunkan berat badan. Bagi yang bermasalah dengan kondisi berat badan, maka dengan rutin mengkonsumsi buah pisang untuk membantu menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan, buah pisang memiliki kandungan kalori yang relatif kecil.

26.. Berkhasiat untuk Mencerahkan Wajah

Mempunyai wajah yang cerah, bersih serta putih tentunya sangat dimimpikan para wanita. Dan hal demikian sekarang bisa anda wujudkan dengan menggunakan masker pisang. Tentunya dengan cara ini anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal serta kulit lebih aman.

Baca juga artikel lainya : Manfaat getah pepaya

27. Mampu Mengangkat Sel Kulit Mati.

Kulit tampak kotor dan berminyak salah satunya disebabkan sel kulit mati yang menumpuk pada wajah. Tetapi dengan buah pisang anda dapat dengan mudah untuk menghilangkan kulit mati tersebut. Caranya ambil pisang lalu hancurkan hingga halus. Dan oleskan pada wajah dan diamkan hingga mengering, baru bilang dengan air bersih.

28. Menghilangkan Bekas Luka.

Kulit yang hitam bekas luka tentunya sangat mengganggu penanmpilan apalagi anda seorang wanita yang berpenampilan menarik. Tetapi dengan menggunakan pisang anda dapat dengan mudah menghilangkan masalah demikian. Caranya cukup templekan dan sedikit gosokkan kulit pisang pada bagian bermasalah.

29. Mampu Mengurangi Pembengkakan.

Buah pisang digunakan untuk mengurangi pembengkakan, melindungi resiko diabetes tipe II, memperkuat sistem saraf tubuh, membantu menurunkan berat badan, serta membantu memproduksi sel darah putih. Hal ini dikarenakan tingginya kadar vitamin B-6 dalam buah pisang.

30.Mampu ngurangi ketergantungan merokok

Dari berbagai penelitian buah pisang dapat berfungsi menggurangi ketergantungan rokok, Namu dalam hal ini belum di lakukan penelitian lebih lanjut lagi.


Demikian artikel tentang 30 Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan Tubuh, Semoga bermanfaat :)


Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "30 Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan Tubuh"