13 Pengertian HAM Menurut Para Ahli Luar Negri dan Indonesia Lengkap


13 Pengertian HAM Menurut Para Ahli Luar Negri dan Indonesia Lengkap- Sebagai manusia kita telah di anugrahi hak pada saat kita di lahirkan ke dunia ini, secara umum semua manusia mempunyai hak yang sama, Berikut ini saya akan membahas mengenai HAM yaitu hak asasi manusia, Jika kita teliti lebih dalam HAM terdiri dari tiga kata, yaitu  Hak yang diartikan sebagai kekuasaan untuk berbuat sesuatu (kebebasan berbuat). Asas yang berdefinisi pokok, dasar, atau utama. Asasi disini berarti dasar atau yang pokok. Manusia sebagai kita tau manusia adalah orang, atau makhluk yang mempunyai akal dan budi pekerti. Dengan penjabaran diatas HAM secara umum dapat diartikan sebagai milik atau kepunyaan yang bersifat mendasar atau pokok yang melekat pada seseorang (manusia) sebagai anugerah yang diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa.

13 Pengertian HAM menurut para ahli luar negri dan indonesia lengkap


Namun seperti kita tahu, Bahwa masih banyak di luarsana berbagai macam opini (pendapat) khususnya dari para ahli, yang benar-benar berkopeten di bidangnya, Berikut orangbejo.com telah merangkum beberapa pengertian HAM menurut para ahli :
  • Menurut kacamata David Beetham dan Kevin Boyle HAM dan segala kebebasan yang bersifat fundamental adalah setiap hak-hak yang individual yang memiliki asal dari segala kebutuhan dan segala kapasitas manusia.
  • Muladi Mengatakan HAM ialah segala hak pokok atau dasar yang telah melekat pada diri manusia dalam kehidupannya.
  • Pengertian HAM menurut UU. NO.39 Tahun 1999 menerangkan bahwa HAM adalah suatu perangkat hak yang telah melekat dalam diri manusia sebagai makhluk ciptaan Allah SWT. Dimana hak tersebut merupakan sebuah anugerah yang mesti dihargai dan dilindungi oleh setiap orang untuk melindungi martabat dan harkat pada setiap manusia.
  •  Menurut Austin dan Ranney  HAM adalah Suatu ruang kebebasan dari setiap individu yang telah dirumuskan dengan jelas dalam konstitusi dan dapat dijamin pelaksanaannya oleh pemerintah.
  • Menurut John Locke HAM atau hak asasi merupakan hak yang telah diberikan secara langsung oleh Tuhan sebagai sesuatu yang memiliki sifat secara kodrati. Yang berarti bahwa hak yang dipunyai manusia menurut kodratnya tidak bisa kita pisahkan dari apa yang menjadi hakikatnya, karena hak asasi manusia itu sifatnya suci.
  • Pengertian HAM menurut A.J.M Milne adalah HAM merupakan suatu hak yang telah dimiliki pada setiap orang atau umat manusia bertahan disetiap masa dan selalu hadir pada setia tempat karena memiliki keutamaan dalam keberadannya menjadi seorang manusia.
  • Franz Magniz- Sueno Menyataakn HAM merupakan suatu hak yang telah dimiliki oleh setiap manusia yang bukan disebabkan karenan pemberian kepadanya oleh masyarakat. Jadi, bukan dikarenakan adanya hukum positif yang telah berlaku, melainkan merupakan mengacu pada martabatnya sebagai seorang manusia. Manusia mempunyai tersebut karena ia adalah seorang manusia.
  • Miriam Budiarjo berpendapat bahwa HAM  adalah suatu hak-hak yang membatasi manusia sebagai hak yang telah dimiliki oleh setiap manusia dan yang telah diperoleh dan akan dibawanya bersamaan dengan pada saat kelahirannya atau kehadirannya dalam suatu masyarakat.
  • Menurut Haar Tilar HAM adalah segala hak yang telah melekat dalam diri setiap makhluk atau insan manusia dan tanpa mempunyai hak-hak itu maka setiap insan tidak dapat hidup sebagai seorang manusia. Hak tersebut ditemukan ada semenjak dia lahir ke dunia.
  • Pengertian HAM menurut Mahfudz M.D adalah suatu hak yang telah melekat pada martabat dari setiap manusia yang mana hak itu akan dibawa sejak dia lahir kedunia sehingga pada hakikatnya untuk hak tersebut bersifat kodrati.

  • HAM menurut kacamata Peter R. Baehr adalah suatu hak dasar yang bersifat mutlak dan mesti dimiliki pada setiap insan atas perkembangan dirinya.
  • Menurut Karel Vasak HAM adalah tiga generasi yang telah didapatkan dari revolusi Prancis. Ia memberikan arti bahwa generasi yang dimaksud tersebut merujuk pada inti dan ruang lingkup dari setiap hak yang mana untuk menjadi hak prioritas yang utama didalam kurun waktu tertentu.
  • Jack Donney Berpendapat bahwa HAM adalah hak-hak yang dimiliki oleh manusia semata-mata dikarenakan dia sebagai seorang manusia. Umat manusia memilikinya bukan karena yang diberikan kepadanya oleh masyarakat atau mengacu pada hukum positif, melainkan itu berdasar pada adanya martabat sebagai seorang manusia dan Hak tersebut merupakan suatu pemberian Tuhan yang maha esa.
Demikian artikel 13 Pengertian HAM menurut para ahli luar negri dan indonesia lengkap, Semoga bermanfaat bagi pembaca orangbejo.com. Terima kasih :)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "13 Pengertian HAM Menurut Para Ahli Luar Negri dan Indonesia Lengkap"

Post a Comment