Makalah TI Makul E-Bisnis Berjudul internet marketing





KATA PENGANTAR
Puji dan syukur kami panjatkan Yang Maha Esa atas rahmat-nya telah dilimpahkankepada kami sehingga dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “internet marketing”. Penulisan makalah adalah merupakan salah satu tugas membuat makalah mata kuliah Teori Bahasa dan Otomata.
Dalam Penulisan makalah ini penulis merasa masih banyak kekurangan-kekurangan baik pada teknis penulisan maupun materi, mengingat akan kemampuan yang dimiliki penulis. Untuk itu kritik dan saran dari semua pihak sangat penulis harapkan demi penyempurnaan pembuatan makalah ini.
Atas perhatiannya kami ucapkan terimakasih

                                                                                                   Ttd

Penulis.
  



A. LATAR BELAKANG

Sekarang ini kita hidup dan bekerja di dalam dunia yang dipenuhi dengan informasi. Peranan konsumen dan pemilik bisnis sangat ditantang agar tetap bertahan dalam berbisnis. Karena itu bagaimana agar kita tetap bertahan dalam situasi pasar yang sangat kompetitif, khususnya di Internet? Terlepas dari masih banyaknya bisnis yang menggunakan metode pemasaran tradisional, ada juga perusahaan yang sudah memiliki situs web yang ramai dikunjungi atau ada juga yang sedikit dikunjungi dan keduanya mendapatkan hasil yang sedikit. Online atau offline kuncinya adalah bukan untuk mengiklankan bisnis yang sedang tren namun seharusnya mengiklankan bisnis sesuai dengan kebutuhan.Sebaliknya daripada pertanyaan: Mengapa saya harus beli produk atau jasa ini? Harus diganti menjadi “Mengapa saya harus beli produk atau jasa ini dari perusahaan Anda?” Karena sekarang konsumen cenderung memilih perusahaan yang memiliki nilai tambah. Halnya demikian di Internet. Web memiliki banyak sekali informasi mentah dimana orang tidak lagi memiliki waktu untuk memilahnya. Cara mereka mengambil keputusan dari data informasi tersebut adalah berdasarkan jenis informasi yang langsung atau serta merta mengkonsumsikan manfaat khusus yang memang mereka butuhkan.

Halnya demikian di Internet. Web memiliki banyak sekali informasi mentah di mana orang tidak lagi memiliki waktu untuk memilahnya. Cara mereka mengambil keputusan dari data informasi tersebut adalah berdasarkan jenis informasi yang langsung atau serta merta mengkonsumsikan manfaat khusus yang memang mereka butuhkan. Menarik pengunjung ke situs Anda lebih mudah dibandingkan membuat pengunjung tersebut membeli. Maka bagaimana sebuah perusahaan mengkomunikasikan kepada pengunjung bahwa ini adalah bisnis yang dibutuhkan? Bagaimana ini memberikan jenis Informasi yang membuat orang membeli khususnya dalam dunia yang sangat kompetitif? Jawabanya melalui positioning. Pemasaran menjadi ujung tombak yang mempunyai peranan penting bagi suatu perusahaan atau organisasi baik komersial maupun non profit. Pemasaran telah dilakukan oleh semua perusahaan baik besar maupun kecil. Semakin berkembang teknologi informasi, maka strategi pemasaran pun mengalami perubahan-perubahan yang cukup dratis. Televisi telah membawa perubahan besar dalam upaya mengiklankan sebuah produk. 

Kini teknologi informasi yang dipadukan dengan teknologi komputer telah turut mengubah peta strategi pemasaran yang diterapkan oleh perusahaan. penggabungan teknologi informasi, teknologi komunikasi dan teknologi komputer telah melahirkan teknologi Internet. Teknologi internet ini telah menyadarkan banyak orang tentang adanya media atau sarana baru untuk merancang strategi pemasaran. Mengapa tidak? Bayangkan bahwa internet telah mampu memberikan kemungkinan orang untuk berpromosi kemungkinan orang untuk berpromosi dan melakukan transaksi langsung (online transaction) bahkan dapat dijadikan saluran distribusi. Promosi dapat dilakukan melalui Internet antara lain dengan pemasangan situs web atau home page di mana perusahaan dapat menyampaikan informasi tentang produk sampai pelayanan yang diberikan. Kemudian perusahaan juga bisa memasang iklan pada situs-situs yang banyak dikunjungi. Web merupakan sarana promosi di dunia cyberspace atau Internet. Perkembangan Internet dewasa ini begitu pesat. Hingga saat ini pengguna Internet di indonesia hampir 1 juta. Jumlah tersebut semakin lama akan semakin bertambah dengan semakin mengertinya orang akan manfaat Internet baik itu untuk informasi, hiburan maupun untuk tujuan bisnis, yang nantinya akan digunakan dalam menghadapi persaingan ekonomi dalam pasar bebas. Kondisi tersebut merupakan segmentasi baru yang potensinya akan sangat bermanfaat bagi perusahaan untuk memperluas pemasaran produknya.


B. PEMBAHASAN

Pengertian Pemasaran Internet atau Internet Marketing secara umum adalah segala usaha yang dilakukan untuk melakukan pemasaran suatu produk atau jasa melalui atau menggunakan media Internet atau jaringan www. Kata e dalam e-pemasaran ini berarti elektronik (electronic) yang artinya kegiatan pemasaran yang dimaksud dilaksanakan secara elektronik lewat Internet atau jaringan cyber. Dengan munculnya teknologi Internet dalam beberapa tahun ini, banyak istilah baru yang menggunakan awalan e-xxx, seperti halnya: e-mail, e-business, e-gov, e-society, e- commerce dll.
Kegiatan pemasaran Internet umumnya meliputi atau berkisar pada hal-hal yang berhubungan dengan pembuatan produk periklanan, pencarian prospek atau pembeli dan penulisan kalimat-kalimat pemasaran atau copywriting. Pemasaran internet atau e-pemasaran ini secara umum meliputi kegiatan pembuatan desain web (web design), periklanan dengan menggunakan baner, promosi perusahaan lewat mesin pencari informasi (mesin pencari), surat elektronik atau e-surat (e-mail), periklanan lewat e-surat (email advertising), pemasaran afiliasi (affiliate marketing), advertensi interaktif (interactive advertising), dll.

3 Langkah Memulai Internet Marketing
:
Kuatkan niat untuk memulai bisnis internet.
Bisnis internet adalah bisnis nyata yang benar-benar bisa menjadikan seseorang kaya. Internet marketing bukan bisnis murahan yang bisa dijalankan dengan niat “coba-coba”. Untuk sukses di bisnis apapun, niat anda harus kuat untuk memulainya agar bisa sukses. Bisnis internet sama dengan bisnis konvensional yang membutuhkan modal, usaha, dan kerja keras agar sukses. Jika anda hanya ingin “coba-coba” di bisnis internet, saya sarankan anda menunda dulu keinginan anda untuk berbisnis karena mustahil bagi anda untuk sukses jika niat anda hanya “coba-coba”.

• Tanamkan mental untuk mau bekerja keras dan cerdas.
Orang yang sudah sukses saja masih bekerja keras, maka kita juga harus lebih bekerja keras.
Selain bekerja keras, juga harus bekerja cerdas yaitu harus pandai membaca situasi dalam melakukan internet marketing. Sebab bisnis internet, dalam melakukan investasi saja sedikit uang kita dapat belajar mempercerdaskan diri kita dalam bisnis ini. Karena setiap uang, usaha, dan tenaga yang anda keluarkan untuk belajar pasti anda akan menuai hasilnya di kemudian hari.

• Buatlah blog.
Karena dengan membuat blog kita bisa mulai memperkenalkan diri kita kepada para netter lain yang ada di internet. Konsumen dari bisnis internet tentunya adalah para pengguna internet. Jika kita memiliki banyak teman dan relasi online, maka bisnis internet kita pun akan lancar dan memiliki bayak konsumen.




Kesuksesan sebuah dalam internet marketing tergantung dari berbagai faktor, yaitu
:
1. Promosi online: Sebelum melakukan promosi online, alangkah baiknya kita mengidentifikasi diri kita sendiri. Untuk mengetahui sampai dimana kelebihan dan kekurangan kita, supaya kita bisa memperbaiki kelemahan kita menjadi kelebihan agar nantinya pada saat kita masuk ke dunia internet marketing kita bisa berhasil. dan Promosi online merupakan kunci sebuah web yang akan banyak dikenal dan dikunjung oleh pengguna Internet.

2. Isi: Isi sebuah web juga harus bisa membawa pengunjung bisa menikmatinya. Berikan hal-hal yang membuat pengunjung sedikit pro aktif, misalnya berikan fasilitas forum, survei atau hal lain yang sifatnya menarik pengunjung. 

3.Desain web: Sebuah web harus kelihatan menarik. Selain itu harus sesuai dengan tujuan Web itu dibangun. Materi yang ada dalam web sebaiknya tidak membingungkan, navigasinya jelas dan prosedurnya tidak berbelit-berbelit. Di samping itu faktor loading juga harus diperhatikan, karena hal ini akan sangat berpengaruh. Jika sebuah web mempunyai waktu loading yang lama, maka bukan mustahil pengguna ataupun pengunjung internet akan meninggalkan web kita. Jelas kondisi semacam ini akan membuat rugi perusahaan yang webnya diakses. Namun sebaliknya, jika proses loading cepat, maka pengunjung akan merasa betah apalagi ditunjang dengan tampilan web yang menarik dan tidak membosankan.

 Menurut Bob Heyman dan Keith Schaefer mengatakan dalam beberapa hal keuntungan yang bisa diperoleh dari pemanfaatan Internet untuk program pemasaran yang diperlihatkan pada the six online ROI models yaitu sebagai berikut:
 
• Brand Building
Membangun citra merek di masyarakat membutuhkan biaya yang sangat tinggi. Kepedulian pelanggan terhadap suatu merek disebabkan oleh pengenalan yang mendalam tentang merek tersebut. Oleh karena itu, banyak perusahaan mengeluarkan dana promosinya untuk memasang iklan di surat kabar, majalah, radio,televisi, atau brosur. Web sangat membantu membangun citra merek dengan biaya yang sangat efisien. Efektivitas web untuk membangun kepedulian pelanggan terhadap merek sudah dibuktikan oleh banyak perusahaan. Bahkan banyak perusahaan besar besar dari Amerika Serikat seperti Federal Express,charles Schwab, Barnes&Nobel, Sears Roebuck, Tower Records, The New York Times, Nike, Levi Strauss, dan Harley-Davidson telah mendemonstrasikan bahwa mereka menjadi pemimpin besar pada abad 21 melalui penggunaan web secara efektif.
Membangun citra merek dengan biaya yang efisien sangat cocok untuk diadopsi oleh usaha kecil menengah. Banyak iklan melalui berbagai media, yang sesungguhnya kurang mengajak pelanggan untuk lebih aktif mengenal merek tersebut. Web dapat menjadi referensi yang baik bagi pelanggan karena tersedia informasi yang gamblang dan baik. Bahkan pelanggan merasa senang karena dapat memperoleh informasi tersebut dalam waktu yang singkat dan tidak harus menunggu brosur yang dikirim dari perusahaan.

• Direct Marketing
Web telah mampu mengingkatkan kepedulian pelanggan terhadap merek, namun demikian para marketing masih menginginkan lebih dari itu. Marketing menginginkan pelanggan harus cepat dapat melihat, mengenal dan peduli terhadap produk atau merek yang diperkenalkan oleh perusahaan. Web memberikan kemungkinan untuk melakukan hal tersebut, bahkan pemasar dapat menghemat biaya cetak brosur, katalog atau profil perusahaan dan ongkos kirim kepada pelanggan. Melalui Web, marketing dapat dengan mudah mendapatkan pengunjung atau kelompok masyarakat yang tertarik pada hal-hal khusus. 
Marketing dapat memasang iklan web (web advertising) melakukan pencarian ditampilkan banner iklan perusahaan yang memungkinkan pengunjung langsung mengklik (click through) pada banner tersebut. Kemudian pengunjung akan masuk ke situs perusahaan tersebut. Sekalipun memasang iklan di search engines masih relatif mahal bagi perusahaan kecil menengah namun banyak cara yang serupa dapat dilakukan di berbagai situs-situs yang banyak sikunjungi. Memasang iklan di web masih relatif lebih murah dibandingkan dengan memasang iklan pada media lainnya. Web akan sangat membantu bagi perusahaan yang ingin melakukan direct marketing.

• Online Sales
Transaksi melalui internet bukan lagi sesuatu yang mustahil dilakukan. Kenyataanya kita bisa melakukan kegiatan perdagangan atau bahkan distribusi melalui internet atau web. Penjualan secara online telah menjadi tren bagi banyak perusahaan. Sebagai contoh www.amazon.com merupakan toko buku online yang sangat terkenal di dunia. Amazon menjual buku-bukunya ke seluruh dunia melalui Internet. Demikian juga dengan toko buku Gramedia telah memelopori penjualan buku secara online di Indonesia.
Tentunya penjualan online ini dapat dilakukan untuk berbagai produk seperti software, usaha ritel, furniture, dan lainnya. Sekali lagi penjualan ini dapat menjangkau pasar ke seluruh dunia, perusahaan kecil menengah di Indonesia sangat tertolong dengan adanya web ini. Mereka tidak harus selalu mengikuti berbagai pameran ke luar negeri, namun web membantu menunjukkan berbagai produk dan langsung melakukan transaksi

• Customer Support
Web telah menjadi primadona yang diserbu oleh banyak perusahaan yang memberikan dukungan pelayanan kepada pelanggannya. Melalui web tersebut perusahaan dapat memberikan berbagai informasi tentang pemeliharaan atau petunjuk penggunaan dan bahkan informasi tentang perbaikan apabila produk tersebut bermasalah. Banyak perusahaan memberikan informasi melalui tanya jawab (FAQ). FAQ ini berisi berbagai tanya jawab yang paling sering diungkapkan oleh pelanggannya. Melalui FAQ ini pelanggan dapat langsung memperoleh jawaban yang dicarinya.
Kehadiran web ini mampu mengurangi biaya telepon khususnya perusahaan yang biasa menggunakan pelayanan telepon toll-free (0-800). Pelanggan dapat melihat berbagai pelayanan bantuan melalui web dan bahkan bisa menanyakan melalui e-mai, mailing list (milis), atau newsgroup. Internet telah mengubah metode-metode konvensional yang mengeluarkan dana yang lebih besar, pertanyaan dan bahkan dapat memberikan sumber-sumber informasi secara lengkap. Tambah lagi, hadirnya chatting di Internet telah semakin banyak membantu pelayanan kepada pelanggan.



• Market Research 
Web membantu perusahaan untuk lebih mengenal pasar dan pelanggannya. Banyak web yang digunakan oleh perusahaan untuk penelitian pasar dan pelanggan dengan penyebaran kuesioner lewat web, pengisian guest book, dan berbagai cara lainnya. Dari fasilitas itu perusahaan akan mudah memperoleh data demografi, geografi, atau data-data personal pengguna lainnya. Sebagai contoh INDOSAT melakukan market research dengan mengadakan kuis dalam rangka menyambut 31 tahun INDOSATnet.

• Content Publishing/Services
Content Publishing/Services merupakan situs web yang menyediakan pelayanan isi situs berupa search engines, berbagai informasi tentang daerah atau hiburan, atau membantu memberikan informasi tentang informasi saham, dan sebagainya Contoh content publishing/services ini adalah Yahoo!, Altavista,Excite, CNET, ESPN sprotszone, dan lainnya. Content Publishing ini tentu sangat mahal untuk dibangun oleh perusahaan kecil menengah. Namun demikian perusahaan kecil menengah dapat memanfaatkan dengan menempatkan situsnya di search engines tersebut sehingga pengguna internet dapat dengan mudah menemukan alamat perusahaan kita.

Tipe – Tipe Dalam Mempromosikan Internet Marketing yang bisa digunakan, Yaitu:
• Banner Advertisement (Iklan Melalui Banner). 
Merupakan file grafis (biasanya berukuran 468 x 60 pixels) yang dipasangkan pada website penyedia iklan. Iklan banner digunakan untuk mengarahkan pengunjung ke halaman website anda dan tentu saja harus disajikan semenarik mungkin untuk memancing calon pembeli membeli produk anda.

• Sponsorship. 
Kita bisa melakukan kegiatan tersebut untuk memancing calon pembeli, sama dengan tujuan poin sebelumnya.

• Classified Listings (Daftar Produk Terklasifikasi). 
Klasifikasi online merupakan cara yang sangat baik memasang bisnis anda di depan orang-orang yang siap untuk membeli produk anda. Kekuatan dari klasifikasi online daripada klasifikasi offline ialah, user dapat mencari produk dengan cepat melalui form pencarian yang sudah terindeks dalam basis data. Tidak hanya itu, ada juga fitur pelelangan online, seperti di
http://www.ebay.com.

• E-mail Marketing (Pemasaran Melalui E-mail).
E-mail marketing dapat dilakukan dengan 3 cara, yaitu: Cara pertama, dengan meletakkan iklan atau sebuah pesan di dalam email newsletter orang lain. Contoh, ketika anda menerima sebuah newsletter dari perusahaan online A, terdapat pesan pengiklan, semacam banner. Ini adalah cara dahsyat untuk mentarget calon pembeli anda. Cara kedua, dengan secara langsung mendistribusikan email anda kepada calon customer, yaitu berupa email penawaran biasa maupun dalam bentuk newsletter. Sampaikan informasi tentang produk yang ditawarkan tanpa kesan paksaan, sehingga calon konsumen dapat melakukan keputusan yang terbaik terhadap produk anda. Cara ketiga, yaitu dengan menyediakan fasilitas email subsriber pada situs anda. Jika pengunjung situs melakukan pendaftaran email subsriber melalui situs anda, maka setiap kali anda melakukan update atau posting artikel maupun produk di website tersebut, maka pendaftar tersebut akan mendapat email notifikasi dan isi dari apa yang anda update. Anda dapat menggunakan RSS feed burner.
• Partnership / Affiliate Marketing (Pemasaran Metode Afiliasi). 
Para pengiklan yang menjual produknya secara online dapat membangun jaringan afiliasi, yaitu melibatkan orang lain dalam penjualan produk. Contoh website yang menerapkan sistem afiliasi ini adalah
http://www.amazon.com.

• Search Engine Marketing (Pemasaran Menggunakan Mesin Pencari). 
Banyak pengguna internet mencari informasi melalui search engine seperti Google dan Yahoo. Oleh karena itu, jika perusahaan anda belum dikenali publik atau bahkan sudah dikenali banyak orang, cara paling dahsyat yang anda lakukan adalah mendapatkan situs anda terdaftar dan terlampir di mesin-mesin pencari tersebut. Sangat penting bagi anda untuk memastikan bahwa situs anda terdaftar dan terlampir dalam mesin pencari terkenal seperti yang tersebut di atas. Banyak cara yang dapat dilakukan agar website anda terindeks pada mesin pencari tersebut yang dikenal dengan Search Engine Optimization.

• Social Networking (Pemasaran Menggunakan Situs Jejaring Sosial). 
Beberapa situs social networking seperti Facebook, Friendster, Twitter, MySpace, Linkedln, Youtobe, dan MeetUp dapat anda gunakan sebagai senjata eMarketing anda. Menggunakan situs jejaring sosial merupakan cara efektif untuk mendemonstrasikan kemampuan pengetahuan dan komunikasi anda. Banyak sekali situs jejaring sosial yang menyediakan kesempatan untuk berkolaborasi dengan orang lain dan saling memberi komentar. Namun hati-hati, jangan menulis sesuatu yang tidak menyenangkan hati, karena hal tersebut dapat menjadi boomerang dan menjatuhkan reputasi anda.

C.Manfaat Dari Internet Marketing:
Memungkinkan seseorang untuk menampilkan jasa atau produk mereka kepada jutaan calon pembeli dan para pengambil keputusan di seluruh dunia. mencapai ini hanya mungkin melalui internet marketing. Akses ke pasar global adalah keuntungan besar bagi penjual. Orang-orang telah menjadi lebih cerdas, dan mereka menyadari manfaat dari kerumitan pengalaman belanja gratis. Ini ditawarkan oleh belanja online, sehingga membuat pilihan yang sempurna massa. Orang-orang lebih memilih internet marketing karena menawarkan barang-barang yang terbaik dengan biaya terendah. jasa pemasaran internet kaya untuk membayar dividen yang cerdas yang menyesuaikan strategi pemasaran internet yang masuk akal. Internet marketing adalah sarana relatif lebih murah untuk mempromosikan, sebagai mode cetak dan penerbitan yang lebih mahal.

D.Kelebihan Dan Kekurangan Internet Marketing
 Kelebihan
- Tempat kerja yang fleksibel. Kita dapat berbisnis dimana saja selama anda memiliki komputer yang terhubung internet.
- Waktu yang lebih fleksibel. Kita bebas menentukan sendiri jam kerja kita serta tidak lagi terikat dengan jadwal tertentu seperti jika kita bekerja di kantor.
- Penghasilan yang lebih besar. Jika kita adalah seorang pegawai, mungkin pada awalnya kita menjalankan bisnis ini penghasilannya lebih kecil dari gaji kita. Namun jika sudah mahir dan mengetahui cara bisnis internet marketing maka penghasilan kita dijamin lebih besar dari gaji sebagai pegawai.
- Kita hanya perlu modal yang sangat kecil untuk memulai bisnis internet marketing. Bahkan bisa juaga tidak.

 Kekurangan
- Mengharuskan pelanggan untuk menggunakan teknologi internet.
- Rendahnya kecepatan koneksi internet juga dapa menjadi hambatan.
- konsumen di internet tidak dapat berinteraksi secara langsung seperti mencoba barang secara nyata sebelum melakukan pembelian.


 E.PENUTUP


Pengertian Pemasaran Internet atau Internet Marketing secara umum adalah segala usaha yang dilakukan untuk melakukan pemasaran suatu produk atau jasa melalui atau menggunakan media Internet atau jaringan www. Kata e dalam e-pemasaran ini berarti elektronik (electronic) yang artinya kegiatan pemasaran yang dimaksud dilaksanakan secara elektronik lewat Internet atau jaringan cyber.


Demikian contoh makalah tugas kuliah E-bisnis semoga bisa menambah refrensi anda, terimakasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Makalah TI Makul E-Bisnis Berjudul internet marketing"

Post a Comment