Macam-macam Jenis dan Ukuran lensa DSLR beserta Fungsinya

         


Macam-macam Jenis dan Ukuran lensa DSLR beserta Fungsinya- Lensa dalam dunia fotografi adalah komponen yang teramat sangat penting, dengan kita mengetahui jenis dan ukuranya maka kita bisa menghasilkan sebuah karya yang indah. Lensa kamera datang baik tetap (prime) panjang fokus, atau zoom, yang mencakup berbagai focal length. Panjang fokus yang berbeda dikelompokkan ke dalam kategori untuk berbagai jenis lensa.


1. Lensa Wide Angle

Secara umuml, lensa super wide-angle diklasifikasikan di bawah 20mm. Wide-angle adalah 21-35mm. Dengan munculnya kamera digital, dan format APS-C, produsen kamera juga mulai memproduksi lensa khusus untuk format ini. Lensa wide-angle untuk DSLR bingkai pemangkasan berkisar dari 10-24mm, dengan beberapa turun ke 8mm yang super lebar.

Lensa wide-angle yang paling sering digunakan untuk memotret lanskap dan arsitektur, meskipun lensa ini sering juga digunakan untuk memotret kelompok orang.


2. Lensa Standar

Sebuah lensa standar memiliki rentang panjang fokus 35-70mm. Lensa standar yang paling umum adalah lensa 50mm.

Lensa standar yang paling sering digunakan untuk dokumenter dan street photography, di mana fotografer harus bergerak cepat dan menangkap titik yang menarik dari tindakan. Pelopor fotografi jalanan modern, seperti Henri Cartier-Bresson, selalu menggunakan lensa 50mm.


3. Medium Telephoto / Portrait Lens

Rentang fokal 80-135mm  hampir selalu digunakan oleh fotografer potret. Lensa panjang ini menghasilkan framing ideal untuk kepala dan bahu. Ini adalah lensa spesialis, tetapi dapat menghasilkan foto yang menawan.

4. tele

Setiap lensa dengan panjang fokus antara 135mm dan 300mm adalah lensa tele. Produsen membuat jumlah besar lensa dalam kisaran ini .Lensa tele secara umum digunakan untuk olahraga dan fotografi satwa liar, tetapi fungsi penting mereka adalah untuk membawa benda-benda yang jauh lebih dekat.

Salah satu contoh dari lensa tele adalah Canon EF 200mm f / 2L IS USM

5. Lensa Spesialis

Ada berbagai lensa spesialis yang tersedia. Beberapa yang lebih umum adalah:

  • Super tele. Ini memiliki panjang fokus lebih dari 300mm, dan digunakan oleh olahragadan fotografer satwa liar. Nikon AF-S Nikkor 400mm f / 2.8G lensa tele super (digambarkan di sini) adalah contoh.
  • Makro. Lensa ini mampu fokus lebih dekat ke objek daripada lensa normal, menawarkan rasio 1: 1. Mereka digunakan untuk fotografi benda-benda kecil.
  • Fisheye. Ini adalah lensa wide-angle,Tengah gambar yang diperbesar, dan benda-benda mengurangi ukuran ke segala arah di sekitarnya.
Demikian penjelasan tentang jenis-jenis lensa kamera DSLR semoga membantu Terimakasih :)

Baca juga artikel lainya :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Macam-macam Jenis dan Ukuran lensa DSLR beserta Fungsinya"

Post a Comment