Keindahan Air Terjun Curup Gangsa di Kabupaten Way kanan

Keindahan Air Terjun Curup Gangsa di Kabupaten Way kanan- Kali ini saya akan menulis artikel tentang wisata yang berada di kabupaten way kanan yang memang mempunyai keindahan maksimal, sebelum panjang lebar kita perlu tahu dimana itu way kanan dan ada apa saja di salah satu kabupaten di propinsi lampung ini.

Baca juga artikel lain
: Wisata Air Terjun Putri Malu, Sang Putri nan Cantik Dari Waykanan

Kabupaten Way Kanan adalah salah satu kabupaten di provinsi Lampung, Indonesia yang merupakan salah satu pemekaran dari Lampung Utara, Kabupaten Waykanan di bentuk berdasarkan Undang-undang No.12 tahun 1999 tanggal 20 April 1999 tentang Pembentukan Kabupaten Dati II Way Kanan, Kabupaten Dati II Lampung Timur dan Kotamadya Metro. Peresmian Kabupaten Way Kanan dilakukan pada tanggal 27 April 1999 ditandai dengan pelantikan Pejabat Bupati oleh Menteri Dalam Negeri di Jakarta.

Berkaitan dengan itu, maka pada Tanggal 27 April ditetapkan sebagai hari jadi Kabupaten Way Kanan. Waykanan merupakan salah satu kabupaten di wilayah Lampung. Kabupaten Way Kanan ini ibu kotanya adalah Blambangan Umpu. Pemilihan Blambangan Umpu sebagai ibu kota Kabupaten Way Kanan memang tepat. Beberapa alasan memperkuat pernyataan ini adalah : 

1. Tempatnya strategis karena berada di tengah-tengah wilayah Way Kanan, sehingga untuk melakukan pengawasan terhadap seluruh daerah di wilayah Way Kanan oleh pemerintah kabupaten akan lebih mudah 

2. Blambangan Umpu berada dijalur lalu lintas jalan darat dari berbagai arah yaitu Sumatra Selatan, Bengkulu, dan Lampung sendiri.

Gambar Gapura Kabupaten Waykanan

Di kabupaten waykanan sebenernya terdapat beberapa air terjun yang sangat indah selain curup gangsa ini, Oleh sebab itu waykanan mendapat julukan kabupaten seribu air terjun, Air terjun yang ada di waykanan antara lain, Curup gangsa, curup Pinang indah, Curup Putri malu dan masih banyak lagi curup-curup indah lainya.

Baca juga artikel lainya : Indahnya Bendungan Batutegi, Sang Raja Asia Tenggara dari Provinsi Lampung

Way kanan juga terkenal dengan hasil bumi yang melimpah, banyak produk pertanian/hasil bumi yang terdapat di waykanan di antaranya kopi, karet, kelapa sawit, lada, singkong dan masih banyak lagi hasil pertanian yang membuat waykanan di kenal dengan slogan "BUMI PETANI".

Kabupaten ini memang berjarak cukup jauh dari pusat kota bandar lampung kurang lebih sekitar 250 km, oleh karna itu biasanya dari kota bandar lampung ke way kanan memakan waktu hampir 5 jam menggunakan sepeda motor. Curup gansa sendiri terdapat pada dusun tanjung jaya yang bisa di tempuh dengan sepeda motor sekitar 30 menit dari blambangan umpu dimana pusat kabupaten waykanan berada, Kampung tanjung jaya sendiri berbatasan dengan kampung tanjung bulan, kota way, tanjung raya, kenapa saya paham karna memang kampung kelahiran saya terdapat di sekitar kampung tanjung jaya tersebut tepatnya di kampung tanjung kurung. 

Memang saya akui air terjun curup gangsa ini memiliki keindahan alam yang benar-benar maksimal hehe, Saya sendiri sudah puluhan kali mendatangi curup ini, dari saya kecil sampai sekarang sudah dewasa cie..cie dewasa jadi malu wkwkwk. Dari segi keindahan alam curup ini memang benar-benar masih perawan, dalam kata lain memang masih murni, Biasanya curup gangsa ini ramai di datangi pengunjung baik warga kabupaten waykanan atau dari luar waykanan, Biasanya pengunjung akan lebih banyak pada hari-hari tertentu, misalnya hari minggu, hari rabu, ataupun hari-hari besar seperti idul fitri, natal dll. Dan benar saja setiap orang yang datang ke curup ini terlebih yang masih pertama pasti akan terkagum-kagum di buat nya, saya jamin deh hehe. Masih belum percaya nih saya kasih hasil fotonya siap ya bro..1..2..3 taraaaaaaaa.


Keindahan Air Terjun Curup Gangsa di Kabupaten Way kanan
Gambar Air terjun curup gangsa
Indah bukan, yo pasti way kanan punya gitu lo hahaa, nih saya kasih lagi foto nya yang lain..

Keindahan Air Terjun Curup Gangsa di Kabupaten Way kanan
Gambar Air Terjun Curup gangsa tampak bawah

Masih kurang juga saya kasih lagi deh...


Keindahan Air Terjun Curup Gangsa di Kabupaten Way kanan


Ini foto saya dengan kawan-kawan saya udah mirip boy band kah ? wkwkwk..
Selain tampak bawah curup gangsa masih mempunyai pesona lain yaitu tampak atas alias motonya dari atas seperti foto ini.


Keindahan Air Terjun Curup Gangsa di Kabupaten Way kanan
Gambar Lokasi bagian atas air terjun curup gangsa



Curup gansa ini emang top markotop terbukti dari berbagai sudut memang sama indah nya, Sungai nya sendiri memiliki lebar sekitar 15-29 meter, Dulu di air terjun ini sempat di manfaatkan dengan di bangunya "PLTA", Namun sayang PLTA tersebut hanya bertahan beberapa waktu saja, ntah apa penyebabnya yang jelas jika PLTA tersebut di lanjutkan tentunya menjadi keindahan dan nilai plus tersendiri dari curup atau air terjun ini.


Keindahan Air Terjun Curup Gangsa di Kabupaten Way kanan
Gambar Air Terjun Curup Gangsa
Jika anda ingin mengunjungi air terjun yang indah ini anda hanya wajib membayar 5000 rupiah untuk satu kendaraan, itupun kalau di saat hari minggu atau hari-hari besar, jika di hari biasa biasanya anda bebas masuk alias gratis..tis..tis. ajiiiib gak tuh ? :D 

Keindahan Air Terjun Curup Gangsa di Kabupaten Way kanan
Gambar Tangga Menuju Lokasi AIr Terjun Curup Gangsa
Dari foto-foto di atas yang saya tampilkan tentu menjadi bukti bahwa di bumi waykanan menyimpan keindahan dan obyek wisata yang dapat bersaing dengan kabupaten-kabupaten lainnya.

Baca juga : Pantai Sari Ringgung Lampung, Objek Wisata Lampung Dengan Seribu Keindahan

Sayang di sayang memang ada beberapa yang perlu di perbaiki dari obyek wisata air terjun ini, yang paling terlihat kurang adalah perawatanya, sehingga masih sering di jumpai sampah ataupun bekas bungkus makanan pengunjung yang berkeliaran. Namun secara umum saya meyakini memang air terjun ini adalah salah satu air terjun ter indah yang ada di kabupaten waykanan bahkan di provinsi lampung.

Sehingga air terjun gansa ini layak masuk kedaftar tempat wisata yang wajib anda datangi. Demikian artikel saya Mengenai air terjun gangsa, semoga bisa memberi sedikit info kepada pembaca orangbejo.com, jangan lupa mampir ya ke curup gangsa oke bro, sis, mas, mba dan semuanya.

TERIMA KASIH :)

Subscribe to receive free email updates:

6 Responses to "Keindahan Air Terjun Curup Gangsa di Kabupaten Way kanan"

  1. Memang indah curup gansa ☺��

    ReplyDelete
  2. Go Explore Way Kanan 8-)
    biar dunia tahu kalau disana juga punya potensi wisata yang istimewa,.
    hihi

    ReplyDelete
  3. Artikel yang sangat bermanfaat Gan, lanjutkan explore Lampung Kita ... !!!

    ReplyDelete
  4. Mau dong kesitu, tapi arah2 nya blum tau,, yg mau jadi google map invit ya 5ADB5DB4 hehe,, salam dari negeri agung waykanan

    ReplyDelete
  5. Mau dong kesitu, tapi arah2 nya blum tau,, yg mau jadi google map invit ya 5ADB5DB4 hehe,, salam dari negeri agung waykanan

    ReplyDelete
  6. air umpu ternyata ada yang jatuh juga membentuk curup tanpa batuan dibawahnya, tetapi untuk lokasi hanya beberapa orang yeng mengetahuinya, bahkan penduduk sekitar pun kurang bahkan sangat sedikit yang tau.

    ReplyDelete